Sponsors Link

2 Cara Ganti Oli Motor Secara Mandiri

Sponsors Link

Bagi sobat semua pecinta motor, tentunya dan sudah pasti melakukan perawatan dalam hal penggantian oli . Namun biasanya penggantian oli tersebut seyogianya anda lakukan di bengkel langganan anda biasa mengganti oli tersebut. Karena harus ke bengkel, tidak jarang anda merasa malas untuk berkunjung kesana karena harus antri belum lagi jaraknya dari tempat tinggal anda tidak mesti dekat. Hal – hal seperti inilah yang sering membuat para pengendara atau para pemilik kendaraan roda dua atau motor ini enggan untuk mengganti olinya, yang sering kali karena hal tersebut malah tidak mengganti oli kendaraan sama sekali.

ads

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, apabila anda mengganti oli motor anda secara tidak teratur, maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap performa motor anda tentunya, karena oli tersebut berfungsi untuk melumasi mesin dan komponen mesin yang lainnya agar tetap mempunyai performa yang “ oke “. ciri ciri motor harus ganti oli yang sering kali terjadi adalah knalpot nembak. Itu menandakan bahwa oli sudah kotor ya sobat. Segeralah lakukan penggantian.

Oleh karena hal tersebut, apda kesempatan kali ini penulis akan memberikan tips buat anda semua menenai cara ganti oli secara mandiri agar anda bisa melakukannya sendiri dirumah ya sobat. Karena selain hemat waktu anda juga tentunya akan hemat biaya. Berikut tips tentang cara ganti oli secara mandiri untuk anda. Check It Out!

1. Siapkan Peralatan yang Anda Butuhkan

Langkah pertama yang harus anda lakukan sebelum mengganti oli tersebut adalah dengan menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Adapun peralatan yang dimaksud adalah sebagai berikut :

  • Wadah penampung oli bekas.
  • Kunci pembuka baut.
  • Corong kecil.
  • Pembuka kaleng oli.
  • Kain lap.

2. Tahap Penggantian Oli

Tahap penggantian oli ini terdapat beberapa proses yang wajib anda perhatikan ya sobat. Simak penjelasan di bawah ini dengan baik, karena poin ini merupakan poin penting yang wajib anda perhatikan.

  • Letakkan wadah tepat di bawah sepeda motor anda, sebaiknya gunakan wadah yang agak besar agar semua sisa oli bisa ditampung.
  • Buka baut penutup lubang pengeluaran oli. Kendorkan baut penutup lubang pengeluaran oli yang ada dibawah bagian sepeda motor anda.
  • Tunggu hingga oli bekas menetes seluruhnya. Pastikan oli tersebut benar – benar habis dan bersih dari tangki oli tersebut ya sobat.
  • Tutup baut seperti keadaan semua. Setelah oli bekas yang atdi anda keluarkan sudah benar – benar habis semuanya, maka tutuplah kembali baut yang tadi anda buka pada keadaan semula. Pastikan anda menutupnya dengan sempurna agar oli yang baru yang akan anda tuang tidak akan bocor. Jika tidak benar dalam pemasangannya, nantinya bisa menjadi penyebab oli motor bocor dan tentu saja membahayakan anda sendiri.
  • Tuangkan oli yang baru dari lubang yang sudah disediakan. Setelah langkah pengeluaran oli bekas dan menutpu nya kembali telah selesai, kini saatnya anda menuangkan oli yang baru melaui lubang yang sudah disediakan tentunya.
  • Bukalah penutup oli yang ada di bagian samping dan tuangkan oli secara perlahan dengan menggunakan corong kecil yang tadi anda sudah sediakan. Lakukan secara perlahan ya sobat, agar oli tidak tumpah dan merembes ke bagian motor yang lainnya. Setelah itu tutup kembali lubang tersebut.
  • Gantilah oli secara rutin agar tidak menjadi penyebab oli keluar dari knalpot motor karena sudah tidak layak lagi untuk digunakan.
Sponsors Link

Oke sobat, itulah beberapa tips mengenai cara ganti oli secara mandiri yang bisa anda jadikan sebagai refrensi. Semoga bisa membawa manfaat bagi sobat semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya dan terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply