Sponsors Link

Cara Deteksi Sejak Dini Knalpot Agar Tidak Lepas, Yuk Simak

Sponsors Link

Knalpot merupakan salah satu komponen yang tergolong sangat penting keberdaanya dalam kendaraan anda. Entah itu kendaraan roda dua atau motor dan juga kendaraan roda empat atau  mobil tentunya sangat membutuhkan adanya knalpot tersebut untuk menunjang performa kendaraan tersebut.  

ads

Knalpot itu sendiri secara teknis merupakan saluran untuk pembuangan dari sisa hasil pembakaran yang tejadi pada setiap komponen mesin motor dalam kendaraan bermotor.

Oleh karena itulah, pada umumnya knalpot tersebut seringnya diletakkan pada bagian belakang kendaraan karena tentunya berisi dan juga akan membuang sisa sisa dari pembakaran dari mesin kendaraan anda. 

Memang terlihat agak sepele, namun jangan salah sobat komponen knalpot motor ini memiliki sejumlah fungsi penting dalam kendaraan anda, antara lain adalah sebagia berikut :

  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk meredam suara ledakan yang dihasilkan dalam ruang bakar.
  • Untuk meningkatkan tenaga dari kendaraan.
  • Untuk mengurangi polusi udara yang dihasilkan dari emisi ruang pembakaran.
  • Sebagai pelengkap dan menambah nilai estetika sebagai ornament pada kendaraan motor anda.

Itulah beberapa fungsi atau peranan penting dari knalpot pada motor tersebut, sehingga oleh karena pentingnya peranan dari knalpot tersebut maka anda sebagai pemilik motor harus melakukan pengecekan dan perawatan secara rutin agar tidak terjadi masalah pada knalpot motor anda.

Karena sering kali knalpot tersebut mengalami berbagai masalah, sebut saja seperi knalpot yang mudah lepas. Dan untuk menghindari hal ini, anda sebagai pemilik motor harus bisa mengetahui cara deteksi sejak dini knalpot agar tidak lepas. Untuk ulasan selanjutnya, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

  • Pada saat melewati jalanan yang tidak rata atau bergelombang, maka baiknya anda setelah menggunakan motor kesayangan anda, baiknya segera lakukan pengecekan untuk memastikan knalpot motor anda tidak longgar oleh karena adanya gelombang atau benturan yang diakibatkan oleh jalanan yang tidak rata tersebut. Pastikan komponen yang satu ini dalam keadaan terpasang dengan baik dan benar untuk menghindari kanlpot tersebut longgar atau bahkan akan lepas.
  • Knalpot yang tidak sesuai dengan tipe motor anda juga menjadi salah satu penyebab terjadinya knalpot yang akan lepas pada kendaraan anda. Sering kali seseorang memasang knalpot motornya yang tak sesuai dengan tipe kendaraannya sehingga akan menjadi potensi yang sangat mudah membuat knalpot tersebut menjadi lepas. Jadi cara yang bisa anda lakukan jika ingin  mengetahui atau mendeteksi knalpot motor anda akan lepas adalah dengan mengecek tipe atau jenis knalpot dengan motor anda.
  • Adanya suara yang tak biasa atau bisa dibilang suara yang meletup letup dari motor anda juga merupakan salah satu cara mendeteksi agar knalpot anda tidak lepas. Jika anda mendengar suara meletup letup tersebut dari knalpot anda, maka segeralah lakukan pengecekan pada knalpot motor anda.
Sponsors Link

Sekian sobat informasi yang bisa penulis sajikan untuk anda mengenai cara deteksi sejak dini knalpot agar tidak lepas tersebut. Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang sudah membacanya. Kenali masalah yang terjadi pada motor anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply