Sponsors Link

Cara Cegah Overheat dengan Kuras Air Radiator, Bagaimana Caranya?

Sponsors Link

Bagi sobat bikers apakah motor sobat pernah mengalami kehilangan tenaga secara tiba-tiba padahal mesin masih menyala? Bahkan, saat sobat mencoba menarik tuas gas dengan sekuat tenaga motor motor seolah loyo dan tak berdaya.

Terlebih bila sobat juga mencium aroma gosong alias sangit yang berasal dari area mesin. Maka, dapat di pastikan bahwa mesin motor sobat mengalami overheating atau panas berlebih.

Tahukah sobat bahwa dengan menguras air radiator dapat mencegah hal ini terjadi pada motor sobat. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai cara cegah overheat dengan kuras air radiator, bagaimana caranya?

Perlu sobat ketahui bahwa overheat dapat terjadi karena oli yang tidak terdistribusikan atau tidak mengalir dengan baik. Selain itu, overheat juga bisa di sebabkan oleh piston yang berada di liner silinder terlalu rapat sehingga mengakibatkan piston motor tidak bisa bergerak dengan leluasa alias macet.

Apabila hal ini terjadi, maka sobat harus tenang dan jangan panik. Jika motor sobat mengalami overheat segeralah matikan motor sobat dan bawalah motor ke tempat yang aman dan gunakan standar tengah. Biarkan sampai mesin dingin dengan sendirinya.

Jangan gunakan cairan apapun untuk mendinginkan mesin. Setelah mesin dingin, lepaskan busi kemudian masukkan oli baru sebanyak sepuluh tetes melaui lubang busi. penyebab overheat pada motor bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Setelah itu, baru sobat melakukan pemanasan mesin dengan hati-hati. Jika informasi tadi adalah cara mengatasi gejala overheat, maka berikut adalah cara cegah overheat dengan kuras air radiator, bagaimana caranya :

Buka baut pembuangan, siapkan wadah, dan pasang kembali tutup pembuangan

Cara cegah overheat dengan kuras air radiator, caranya yaitu pertama sobat buka dulu buat pembuangan air radiator yang ada di motor sobat. Untuk motor matik biasanya baut pembuangan berada di bagian bawah. Dan untuk motor sport, kebanyakan baut pembuangan berada di balik knalpot.

Langkah selanjutnya yaitu sobat bisa menyiapkan wadah untuk menampung air radiator bekas dengan membuka tutup radiator terlebih dahulu maka air akan otomatis keluar.

Setelah semua air keluar, maka sobat bisa memasukkan air mineral kemudian panaskan mesin dan buang kembali air mineral yang di gunakan tadi. Lakukan hal ini sampai air benar-benar bersih.

Apabila masih keruh maka sobat dapat mengulanginya. Setelah radiator benar-benar bersih, maka masukkan air radiator yang baru dan terakhir jangan lupa sobat menutupnya kembali dengan tutup radiator.

Nah, demikianlah beberapa ulasan mengenai cara cegah overheat dengan kuras air radiator yang dapat saya sampaikan dalam artikel yang berhasil saya buat pada kesempatan kali ini.

Terima kasih, karena sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel saya ini. Semoga dengan adanya artikel ini, saya dapat memberikan sedikit manfaat bagi sobat. Dan semoga melalui artikel ini, juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan sobat.

Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati sobat dalam penulisan artikel ini. Kenali masalah yang terjadi pada motor anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan, tentunya pada artikel-artikel saya berikutnya. Sekian dan Terima kasih.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply