Sponsors Link

4 Cara Bersihkan Blok Moge yang Baik dan Benar

Sponsors Link


ads

Apa kabar sobat? kali ini penulis akan memberikan sebuah informasimengenaibagaimanacara bersihkan blok mesin moge yang baik dan benar.

Di zaman yang modern kini, telah banyak jenis kendaraan transportasi yang telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Salah satunya adalah motor. Namun kali ini penulis hanya akan membahas mengenai Motor gede atau yang lebih dikenal dengan sebutan MOGE. Jika sobat merupakan penggemar moge sejati, maka sobat harus tahu bagaimana cara merawat moge  agar tetap bersih dan keren.

Ada beberapa bagian dari rangkaian motor yang menurut sebagian orang sulit di bersihkan, salah satunya yaitu blok mesin. Kadang blok mesin akan berubah warna menjadi menguning karena disebabkan oleh noda yang menempel pada blok mesin (kecuali blok mesin yang berwarna hitam).

Noda ini jugadisebabkan karena seringnya kita menggunakan moge untuk bepergian ke berbagai tempat danmenghadapi cuaca yang tak menentu misalnya saat hujan ataupun saat matahari bersinar terik dengan debu-debu yang beterbangankesana-kemari.

Selain beberapa hal itu, noda tersebutjuga disebabkan karena kebocoran oli dari pemakaian sparepart imitasi yang bercampur dengan pasir atau debu sehingga membuat blok mesin seperti berkerak.

Hal ini pastinya akan membuat sobat kesal sekaligus jengkel namuntenang,karena dalam artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara bersihkan blok mesin moge yang baik dan benar. Baik langsung saja berikut adalah cara-caranya :

1.Siapkan peralatan yang dibutuhkan

Cara bersihkan blok komponen mesin motor moge yang pertama yaitu dengan menyiapkan peralatan-peralatan yang di perlukan untuk membersihkan blok mesin moge seperti kuas, sikat, sikat gigi, sunlight (sabun cuci piring), autosol, pembersih karat serta air secukupnya.

2. Buka body penutup mesin dan lepas kop busi

Cara bersihkan blok mesin moge yang kedua yaitu dengan membuka terlebih dahulu semua komponen body motor yang dapat menutupi mesin sehingga sobat dapat membersihkan semua sisi blok mesin sampai ke bagian yang sulit terjangkau sekalipun.

Jangan sampai lupa pula untuk melepas kop komponen busi motor. Kemudian cucilah blok mesin moge dengan sunlight setelah itu bilaslah dengan air bersih hingga sabun benar-benar hilang (bersih) dari blok mesin moge.

3. Semprotkan pembersih karat dan ratakan dengan kuas

Cara bersihkan blok mesin moge yang ketiga yaitu dengan menyemprotkan pembersih karat kemudian meratakannya dengan kuas sampai ke bagian-bagian yang sulit dijangkau. Namun ingat jangan menggosok terlalu lamasegeralah membilasnya dengan air bersih kembali.

Lakukan hal ini sampai noda kuning hilang atau sampai permukaan blok mesin seperti apa yang sobatinginkan. Tunggu sampai air sisa bilasan yang membasahi blok mesin kering kemudian lanjutkan ke langkah atau cara berikutnya.

4. Gosokkan autosol ke semua sisi blok mesin

Cara bersihkan blok mesin moge yang keempat yaitu dengan menggosokkan autosol ke semua sisi atau permukaan blok mesin dengan cara tuangkan autosol secukupnya pada sikat gigi yang telah disiapkan tadi. Setelah itu gosokkan ke semua sisi blok mesin sampai ke bagian yang sulit dijangkau sekalipun.

Lakukan hal ini secara berulang-ulanghingga mendapatkan warna yang diinginkan. Tunggu sampai permukaan yang terkena autosol kering, baru kemudian sobat cuci lagi menggunakan sabun agar sisa autosol hilang. Setelah itu tunggu sampai kering dan coba lihat hasilnya, maka blok mesin moge sobat terlihat seperti baru lagi.

Sponsors Link

Nah itulah beberapacara bersihkan blok mesin moge yang baik dan benar. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi sobat. Terima kasih telah meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel ini. Sampai jumpa di lain kesempatan. Kenali kerusakan yang terjadi pada motor anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengikuti cara yang penulis berikan. Sekian dan terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply