Sponsors Link

4 Cara Aman Menyeberang Rel Kereta Agar Motor Tidak Tergelincir

Sponsors Link


ads

Halo sobat bikers? pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan sebuah informasi tentang bagaimana cara aman menyeberang rel kereta agar motor tidak tergelincir.

Bagi sebagian besar bikers yang belum mengetahui caraamanmenyeberangi perlintasan rel kereta api mungkin merasa kesulitan saat melakukannya. Hal ini karena rel kereta api tersebut terbuat dari besi yang kerap kali membuat sebagian pengendara motor tergelincir ketika mencoba menyeberanginya sehingga sobat perlu ekstra hati-hati.

Berbeda dengan pengendara yang telah mengetahui bagaimana cara aman untuk menyeberangi rel kereta, maka kemungkinan pengendara motor tersebut akan berhasil menyeberanginya tanpa kesulitan.Apabila sobat termasuk pengendara dengan tipe ini, maka sobat akan lebih percaya diri ketika menyeberangi rel kereta.

Namun, sebaliknya jika sobat belum mengetahui bagaimana cara menyeberangi rel kereta dengan aman, maka sobatharus ekstra hati-hati saat menyeberanginya karena sangatlah berbahaya apabila sobat ceroboh dalam hal ini.

Karena keselamatan sobat sendiri yang menjadi taruhannya. Bahkan bisa jadi keselamatan orang lain di sekitar sobat menjadi terancam. Oleh karena itu, berikut adalah cara aman menyeberang rel kereta agar motor tidak tergelincir :

1.Kurangi kecepatan motor terlebih dahulu

Cara aman menyeberang rel kereta agar motor tidak tergelincir yang pertama adalah dengan mengurangi kecepatan motor sobat terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar sobat bisa mengetahui situasi di sekitar perlintasan kereta dengan seksama. Sebaiknya kurangi kecepatan motor saat 50 m sebelumsampai di jalur rel.

2. Jangan menyeberangi rel kereta dengan kondisi ban miring

Cara aman menyeberang rel kereta agar motor tidak tergelincir yang kedua adalah jangan sampai sobat menyeberangi rel kereta dalam keadaan atau kondisi ban miring. Karena hal tersebut dapat mengakibatkan ban selip dan akhirnya tergelincir. penyebab ban motor habis sebelah juga bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

3. Jangan memaksa menyeberang jika posisi motor sejajar dengan rel.

Cara aman menyeberang rel kereta agar motor tidak tergelincir yang ketiga adalah jangan menyeberangi rel jika posisi motor masih sejajar dengan rel. Buatlah terlebih dahulu sudut putar 70-90° agar posisi ban tidak miring.

4. Jangan panik apabila terlanjur jatuh di tengah rel

Cara aman menyeberangi rel kereta yang terakhir yaitu apabila sobat terlanjur jatuh di tengah-tengah rel, maka sobat harus mengendalikan diri sobat agar tidak panik. Maka hal yang harus sobat lakukan adalah mendirikan motor sobat perlahan kemudian nyalakan komponen mesin motor terlebih dahulu apabila mesin mati.

Tetapi jika mesin tidak segera hidup atau sulit menyala, maka dorong terlebih dahulu motor sobat hingga benar-benar melewati rel, baru kemudian sobat coba nyalakan kembali mesinnya.

Itulah beberapa cara aman menyebrang rel kereta agar motor tidak tergelincir yangdapat sobat praktikkan jika akan menyeberangirel kereta api. Selalu utamakan keselamatan ya sobat, jangan terburu-buru dan taatilah rambu-rambu lalu lintas maupun rambu-rambu yang ada di perlintasan kereta api.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, semoga dapat menambah wawasan dan memberikanmanfaat. Sampai jumpa lagi dilain kesempatan. Kenali kerusakan pada motor anda sebelum memutuskan untuk mengikuti cara yang penulis berikan. Sekian dan terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply