Sponsors Link

10 Cara Agar Motor Irit Bensin dan Performanya Handal

Sponsors Link

Berbagai jenis sepeda motor di seluruh dunia, pasti anda selalu memilih motor yang irit bahan bakar. Salah satu hal yang terpenting pada semua jenis kendaraan, baik itu roda dua maupun yang beroda empat tetap saja menggunakan bahan bakar. Bagi anda yang akan bepergian dengan menggunakan kendaraan pribadi, maka anda harus menyiapkan beberapa lembar rupiah untuk membeli bensin.

Mungkin anda yang selalu makan angin setiap hari, ini akan membuat isi dompetmu lebih boros, karena dipakai untuk keperluan bahan bakar motor anda. Memang pada umumnya ada berbagai jenis sepeda motor paling irit bbm di Indonesia, tapi tetap saja anda akan mengeluarkan uang dalam perjalanan. Bahkan anda yang sering berkegiatan touring memang sangat diperhatikan untuk isi dompet anda.

Oleh karena itu, anda juga harus pandai memilih motor yang cocok untuk touring dengan keiritan bahan bakar. Memiliki motor dengan bahan bakar yang selalu irit adalah hal yang paling menyenangkan dimana isi dompet kita tidak akan cepat berkurang. Cara agar motor irit bensin, anda bisa mengikuti cara-cara di ulasan kami yang ada dibawah ini.

1. Memeriksa Tekanan Pada Ban

Hal yang pertama untuk motor irit bensin perhatikan kondisi pada ban, mungkin ban motor anda kekurangan tekanan angin. Ban motor yang kekurangan angin akan membuat motor kita terasa berat dan memerlukan tenaga yang lebih ekstra pada motor. Bisa saja motor anda akan lebih boros dengan bahan bakar. Maka dari itu anda harus memperhatikan ban motor sebelum melakukan perjalanan atau sebelum bepergian.

2. Perhatikan Cara Memanaskan Mesin Motor

Memang memanaskan mesin motor hal yang diutamakan sebelum kita berangkat untuk pergi, namun ketika kita memanaskan motor dengan keadaan yang lama. Dengan demikian motor kita akan lebih cepat boros atau baru setengah perjalanan bensin sudah habis. Ini dikarenakan memanaskan motor yang kelamaan, maka dari itu cara memanaskan motor harus diperhatikan. Anda bisa memanaskan mesin motor, asalkan jangan terlalu lam cukup beberapa menit saja. Karena motor pada jaman sekarang telah menggunakan fitur-fitur yang canggih dan keren.

3. Memilih Oli yang Berkualitas dan Cocok

Pelumas pada setiap motor memiliki perbedaan masing-masing, yang terpenting anda harus memilih oli yang berkualitas dan cocok untuk motor anda. Pemilihan oli yang tidak sesuai dengan motor kita, ini akan membuat mesin pada motor tidak awet untuk digunakan.

Ketika anda menggunakan oli yang sudah sesuai atau cocok dan berkualitas, tentu saja ini akan membuat suatu gesekan lebih halus didalam mesin motor. Selain itu, menggunakan oli mesin pada motor yang berkualitas dapat mengurangi suhu yang panas di mesin dan dapur pacu akan lebih ringan. Dengan demikian bahan bakar yang digunakan pada motor akan menjadi lebih irit dan hemat.

4. Mengatur Jarak Rem

Ketika kampas rem sudah menempel pada bagian tromol atau bisa disebut dengan piringan cakram, yang pastinya ini akan membuat motor kita terasa berat sehingga bahan bakar akan menjadi lebih boros. Ini dikarenakan kondisi motor yang berat untuk digunakan akan membuat motor kita membutuh tenaga yang lebih ekstra, maka dari itu motor kita akan lebih boros bensin. Mengatur jarak pada rem, baik rem depan dan rem belakang harus diperhatikan usahakan jangan terlalu rapat atau mungkin jangan sampai menempel pada cakram rem.

5. Menyetel Pelampung Karburator

Pada saat bensin akan masuk di ruang pembakaran motor, biasanya bensin akan ditampung oleh salah satu komponen, yaitu karburator. Anda bisa memanfaatkan karburator agar motor anda lebih irit bensin, dengan cara anda harus menyetel pelampung karburator. Untuk cara menyetel pelampung karburator anda dapat menurunkan ketinggiannya dengan jarak yang kurang lebih 1-2 mm. Dari sumber rpmsuper.com yang saya kutip mereka mengatakan bahwa dengan penyetelan yang seperti ini akan lebih hemat mengkonsumsi bahan bakar.

6. Busi

Komponen busi motor yang harus anda perhatikan agar lebih irit pemakaian bahan bakar adalah pengecekan pada busi. Ini dikarenakan busi sangat berpengaruh pada motor, kondisi busi yang terdapat jarak tempuh sekitar 6000 hingga 7000 km ini akan membuat busi lebih menurun.

Dengan demikian ini akan membuat motor lebih boros bahan bakar, disebabkan campuran gas tidak terbakar sempurna dan membuat mesin menjadi loyo atau tidak bertenaga. Bahkan anda juga harus mengetahui tanda dan ciri fisik busi harus diganti, agar tidak terjadi kerusakan pada komponen motor lainnya.

Selain itu anda juga harus rajin untuk membersihkan busi, apabila busi terdapat kerak yang dapat menurunkan kualitas dari percikan busi. Memang cara membersihkan busi motor sangat mudah, kalau anda mengikuti langkah-langkahnya. Anda juga harus mengatur keregangan elektroda pada busi dengan jarak yang sudah ditentukan oleh pabrik.

7. Menyetel Klep Motor

Penyetelan pada klep motor maksudnya disini anda harus menyetel kalau terdapat celah klep yang terlalu longgar dan terlalu rapat. Ketika hal ini terjadi, maka motor kita akan kekurangan tenaga dan membuat bensin pada motor lebih cepat boros. Anda dapat menyetel klep motor dengan cara menyesuaikan spesifikasi pada motor yang anda gunakan.

8. Tingkatkan Kompresi Ruang Bakar

Pada dasarnya kompresi sepeda motor yang lebih tinggi akan membuat bahan bakar yang masuk pada silinder motor lebih terbakar dengan sempurna (terkompresi). Seperti yang sudah diketahui bersama, kalau pembakaran pada kompresi tidak tinggi mungkin akan membuat kebocoran bahan bakar yang terbuang dengan sia-sia dan bisa saja ini akan mendapatkan kerak pada saluran pembuangan. Maka dari itu anda harus meningkatkan kompresi ruang bakar.

9. Perhatikan Saringan Udara

Pada saringan udara anda harus perhatikan kalau sudah kotor dan sudah rusak, misalnya ini terjadi sebaiknya anda menggantikan saringan yang baru. Mungkin bagi anda yang memiliki saringan berbahan busa, anda perlu dicuci saja hingga bersih. Dengan saringan yang sudah bersih atau sudah digantikan dengan yang baru, tentu saja motor anda akan lebih hemat bahan bakar.

10. Saat Berkendara

Saat berkendara salah satu poin yang harus diperhatikan oleh kita semua, mungkin anda yang selalu membawa motor ugal-ugalan dengan cara memainkan gasnya. Motor yang selalu digas atau memainkan gasnya, ini akan membuat bahan bakar yang dimiliki oleh motor kita lebih mudah untuk kehabisan bahan bakar. Jadi pastikan anda selalu menggunakan motor dengan cara yang baik dan benar.

Itulah pembahasan kita mengenai cara agar motor irit bensin. Ketika anda melakukan cara-cara yang ada diatas dijamin anda akan lebih irit bahan bakar. Yang terpenting anda juga harus menjaga keselamatan anda dalam perjalanan yang ingin anda tempuh.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply