Sponsors Link

3 Cara Mencegah Stang Motor Bengkok Paling Lengkap

Sponsors Link

Bagi sobat semua pecinta otomotif dan sobat yang khususnya memiliki kendaraan roda dua tentunya komponen “ stang “ sudah bukan hal baru bagi anda ya sobat. Adapun stang pada motor berfungsi sebagai pengarah jalannya kendaraan anda, misalnya seperti ingin membelokkan roda depan ke kiri dan kanan, dengan cara menggunakan tenaga tangan melalui stang yang diteruskan ke garpu depan atau sok ( front frok ).

ads

Jari – jari lingkaran perputaran dari suatu sepeda motor ditentukan oleh besar atau kecilnya sudut sewaktu stang kemudi dibelokkan, dan juga ditentukan oleh besarnya atau kecilnya sudut kemiringan dari sepeda motornya sewaktu menikung. Selain penampilan,  panjang pendeknya stang kemudi merupakan unsur lain yang harus diperhitungkan. Nah sobat semua, kira – kira begitulah fungsi dan peranan komponen stang ini dalam kendaraan anda yang tidak kalah penting seperti halnya fungsi lampu tembak jarak dekat dan jarak jauh yang wajib anda perhatikan kondisinya.

Namun pada kenyataanya, ada begitu banyak masalah yang terdapat pada stang yang membuat anda harus membawanya ke bengkel dan tentunya akan menghambat aktifitas anda. Salah satu masalah yang terjadi pada stang motor adalah stang motor yang bengkok.  Apakah sobat semua pernah mengalami hal tersebut sobat?  Jika pernah ada baiknya anda menyimak ulasan berikut ini sobat agar sobat semua mengetahui tips atau cara mencegah stang motor bengkok. Berikut ini ulasannya untuk sobat semua.

1. Poros Kemudi ( Steering Steam ) Jangan Diikat Terlalu Kencang

Salah satu penyebab stang motor anda bengkok adalah karena poros kemudinya diikat terlalu kencang. Hal ini dapat mengakibatkan stang motor anda bisa bengkok ke kanan atau ke kiri tergantung stang tersebut diikatnya terlalu kencang ke arah mana. Untuk itu, ikatlah stang kendaraan anda sesuai dengan standarnya ya sobat.

2. Pastikan Kompstir Sepeda Motor Anda Tidak Rusak

Penyebab yang kedua yang menyebabkan stang motor anda bengkok adalah karena kompstir yang sudah rusak. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, kompstir atau bearing setir adalah komponen apda motor yang berfungsi untuk mengendalikan arah kendaraan anda.

Apabila komponen yang satu ini bermasalah, maka dapat dipastikan stang kendaraan anda juga akan mengalami gangguan seperti stang yanag bengkok, yang tentunya juga mempengaruhi performa dari stang kendaraan anda tersebut pada saat digunakan. Untuk mencegah hal tersebut pastikan kompstir motor anda dalam keadaan baik ya sobat. Mengingat fungsi kompstir sangat penting layaknya fungsi flasher motor atau pun fungsi relay pada motor, maka anda wajib merawatnya ya sobat.

3. Pastikan Segitiga Kedudukan Stang Posisinya Sejajar

Penyebab yang lainnya dari stang motor yang bengkok adalah posisi segitiga dudukan stang tidak sejajar. Anda wajib mengetahui ciri ciri segitiga motor bermasalah paling umum terjadi. Hal ini terjadi karena segitiga dudukan stang tidak sejajar antara suspensi kiri dan suspensi kanan, sehingga mengakibatkan posisi stang anda akan bengkok. Jika terjadi hal tersebut pada kendaraan anda, cara mengatasinya cukup dengan meluruskan kembali kedua garpu kiri dan garpu kanan agar sejajar dengan meratakannya sejajar dan rata dengan mengguankan fuller.

Sponsors Link

Sekian informasi mengenai cara mencegah stang motor bengkok yang penulis share pada kesempatan kali ini ya sobat. Penulis berharap artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya dan terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips

Leave a Reply