Sponsors Link

5 Efek Samping Motor Pake Pertamax yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Sepeda motor masih menjadi salah satu sarana transportasi populer yang banyak dimiliki serta digunakan oleh masyarakat. Popularitas sepeda motor bukan hanya sebagai kendaraan pribadi namun mulai dipandang sebagai salah satu kendaraan umum dengan berkembangnya sarana transportasi ojek yang berbasis online. Dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan sepeda motor tersebut menjadikan pabrikan otomotif mengeluarkan berbagai jenis sepeda motor di seluruh dunia untuk memenuhi keinginan konsumen yang berbeda beda.

ads

Melakukan proses perawatan pada sepeda motor merupakan sebuah keharusan untuk menjaga kondisi motor agar tidak mengalami masalah teknis dan dapat berkerja secara optimal. Melakukan perawatan terhadap motor harus disesuaikan dengan jenis motornya karena cara merawat motor matic akan berbeda dengan cara merawat motor manual yang baik dan benar. Dalam proses perawatan tersebut, pemilik kendaraan sebaiknya mempercayakannya kepada bengkel resmi jika dirinya tidak mengerti mengenai mesin pada sepeda motor.

Selain melakukan perawatan, motor juga membutuhkan pengantian beberapa sparepart sepeda motor yang sering rusak dan harus diganti secara rutin untuk menjaga agar semua kondisi dan komponen motor selalu dalam keadaan yanb baik serta normal. Selain memperhatikan beberapa hal tersebut, ada kondisi lain yang juga sangat penting diperhatikan oleh para pemilik sepeda motor yakni berkaitan dengan bahan bakar yang digunakan. Di Indonesia, ada beberapa jenis bahan bakar yang berbeda satu sama lain dan dapat digunakan pada sepeda motor yang diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Premium, jenis bahan bakar paling murah yang digunakan untuk kendaraan bermotor dengan kelebihan tidak membuat tangki bahan bakar menipis namun dapat menyebabkan panas pada tangki dan kualitas pembakaran yang paling buruk diantara bahan bakar lainnya dikarenan jumlah Research Octane Number (RON) yang hanya 88. Premium dipasaran dikenal dengan warna cairan kuning.
  • Pertalite, jenis bahan bakar paling baru diantara semua varian bahan bakar pertamina yang dijual di pasaran. Bahan bakar ini merupakan bahan bakar non subsidi yang memiliki nilai RON sebesar 90. Pertalite memiliki keunggulan dengan kondisi yang lebih bersih sehingga tidak
  • Pertamax, jenis bahan bakar dengan ron 92 yang dibuat dari minyak bumi dengan penambahan zat aditif dalam proses pengolahannya. Bahan bakar ini cocok untuk kendaraan yang memiliki teknologi Electronic Fuel Injection (EFI) dan catalytic converters (pengubah katalitik) dengan beberapa kelebihan seperti ramah lingkungan dan lebih irit.
  • Pertamax Plus, jenis bahan bakar dengan ron 95 yang telah memenuhi standar performa International World Wide Fuel Charter (IWWFC). Bahan bakar ini cocok untuk kendaraan yang memiliki teknologi Electronic Fuel Injection (EFI), Variable Valve Timing Intelligent (VVTI), (VTI), Turbochargers, dan catalytic converters.
  • Pertamax Turbo, jenis bahan bakar dengan nilai ron terbesar diantara jenis lainnya dengan nilai 98. Bahan bakar pertamina racing digunakan khusus untuk kendaraan balap yang dapat menghasilkan pembakaran yang lebi baik dan cocok digunakan untuk jenis motor sport dengan kapasitas mesin besar.

Dalam kaitannya dengan penggunaan bahan bakar, hargamotor.co.id kali ini akan mengulas dan membahas mengenai efek samping salah satu bahan bakar yakni pertamax yang digunakan pada sepeda motor. Berikut ini beberapa efek samping motor pake pertamax tersebut yang dijelaskan dalam uraian dibawah ini.

Sponsors Link

  1. Pembakaran motor lebih sempurna

Ron pada bahan bakar jenis pertamax lebih tinggi dibandingkan dengan premium sehingga menjadikan proses pembakaran bahan bakar pada sepeda motor menjadi lebih sempurna dan tidak akan menyebabkan motor kurang tenaga karena dengan pembakaran yang lebih sempurna maka tenaga yang dihasilkan jauh lebih baik dari sebelumnya.

  1. Performa motor menjadi lebih baik

Dengan proses pembakaran yang lebih sempurna dari sepeda motor dapat menyebabkan tenaga yang dihasilkan menjadi lebih baik sehingga performa motor juga dapat lebih tinggi lagi dari sebelumnya. Motor dengan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI) dan catalytic converters (pengubah katalitik) sangat cocok mengunakan bahan bakar pertamax.

  1. Motor menjadi ramah lingkungan

Proses pembakaran yang terjadi pada sepeda motor yang menggunakan bahan bakar pertamax akan lebih bersih sehingga zat buah yang dihasilkan juga akan lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan bakar premium maupun pertalite. Dengan pembakaran yang bersih maka busi pada mesin motor juga tidak akan cepat rusak atau membutuhkan pengantian. Ramah lingkungan merupakan satu diantara 11 kelebihan pertamax untuk sepeda motor.

Sponsors Link

  1. Pengeluaran untuk bahan bakar lebih besar

Pengeluaran bahan bakar pertamax yang lebih besar karena harganya lebih tinggi dari premium maupun pertalite memang akan menjadi salah satu efek samping motor pake pertamax. Namun jika tidak dinilai dari jumlah uang yang dikeluarkan saja, dengan uang yang lebih banyak motor yang menggunakan pertamax memiliki performa dan pembakaran yang lebih efektif serta dapat membantu menjaga komponen mesin agar tidak mudah rusak jauh lebih baik dibandingkan dengan mengunakan bahan bakar seperti premium.

  1. Membuat tangki bahan bakar menipis

Efek samping pertamax yang dapat menyebabkan tangki bahan bakar menipis ini dikarenakan beberapa zat aditif yang lebih banyak serta nilai ron yang lebih besar dibandingkan dengan bahan bakar dibawah pertamax. Kondisi yang disebutkan tersebut merupakan salah satu kelemahan dari pertamax dibandingkan dengan bahan bakar lainnya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai efek samping motor pake pertamax yang beberapa merupakan bentuk efek buruk dan beberapa merupakan efek yang positif terhadap sepeda motor. Keputusan penggunaan bahan bakar menjadi hak penuh pemilik kendaraan disesuaikan dengan berbagai macam pertimbangan yang ada.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Teknologi

Leave a Reply