Categories
Teknologi

5 Efek Samping Motor Pake Pertamax yang Wajib Diketahui

Sepeda motor masih menjadi salah satu sarana transportasi populer yang banyak dimiliki serta digunakan oleh masyarakat. Popularitas sepeda motor bukan hanya sebagai kendaraan pribadi namun mulai dipandang sebagai salah satu kendaraan umum dengan berkembangnya sarana transportasi ojek yang berbasis online. Dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan sepeda motor tersebut menjadikan pabrikan otomotif mengeluarkan berbagai jenis sepeda motor di seluruh dunia untuk memenuhi keinginan konsumen yang berbeda beda.

Melakukan proses perawatan pada sepeda motor merupakan sebuah keharusan untuk menjaga kondisi motor agar tidak mengalami masalah teknis dan dapat berkerja secara optimal. Melakukan perawatan terhadap motor harus disesuaikan dengan jenis motornya karena cara merawat motor matic akan berbeda dengan cara merawat motor manual yang baik dan benar. Dalam proses perawatan tersebut, pemilik kendaraan sebaiknya mempercayakannya kepada bengkel resmi jika dirinya tidak mengerti mengenai mesin pada sepeda motor.

Selain melakukan perawatan, motor juga membutuhkan pengantian beberapa sparepart sepeda motor yang sering rusak dan harus diganti secara rutin untuk menjaga agar semua kondisi dan komponen motor selalu dalam keadaan yanb baik serta normal. Selain memperhatikan beberapa hal tersebut, ada kondisi lain yang juga sangat penting diperhatikan oleh para pemilik sepeda motor yakni berkaitan dengan bahan bakar yang digunakan. Di Indonesia, ada beberapa jenis bahan bakar yang berbeda satu sama lain dan dapat digunakan pada sepeda motor yang diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Premium, jenis bahan bakar paling murah yang digunakan untuk kendaraan bermotor dengan kelebihan tidak membuat tangki bahan bakar menipis namun dapat menyebabkan panas pada tangki dan kualitas pembakaran yang paling buruk diantara bahan bakar lainnya dikarenan jumlah Research Octane Number (RON) yang hanya 88. Premium dipasaran dikenal dengan warna cairan kuning.
  • Pertalite, jenis bahan bakar paling baru diantara semua varian bahan bakar pertamina yang dijual di pasaran. Bahan bakar ini merupakan bahan bakar non subsidi yang memiliki nilai RON sebesar 90. Pertalite memiliki keunggulan dengan kondisi yang lebih bersih sehingga tidak
  • Pertamax, jenis bahan bakar dengan ron 92 yang dibuat dari minyak bumi dengan penambahan zat aditif dalam proses pengolahannya. Bahan bakar ini cocok untuk kendaraan yang memiliki teknologi Electronic Fuel Injection (EFI) dan catalytic converters (pengubah katalitik) dengan beberapa kelebihan seperti ramah lingkungan dan lebih irit.
  • Pertamax Plus, jenis bahan bakar dengan ron 95 yang telah memenuhi standar performa International World Wide Fuel Charter (IWWFC). Bahan bakar ini cocok untuk kendaraan yang memiliki teknologi Electronic Fuel Injection (EFI), Variable Valve Timing Intelligent (VVTI), (VTI), Turbochargers, dan catalytic converters.
  • Pertamax Turbo, jenis bahan bakar dengan nilai ron terbesar diantara jenis lainnya dengan nilai 98. Bahan bakar pertamina racing digunakan khusus untuk kendaraan balap yang dapat menghasilkan pembakaran yang lebi baik dan cocok digunakan untuk jenis motor sport dengan kapasitas mesin besar.

Dalam kaitannya dengan penggunaan bahan bakar, hargamotor.co.id kali ini akan mengulas dan membahas mengenai efek samping salah satu bahan bakar yakni pertamax yang digunakan pada sepeda motor. Berikut ini beberapa efek samping motor pake pertamax tersebut yang dijelaskan dalam uraian dibawah ini.

  1. Pembakaran motor lebih sempurna

Ron pada bahan bakar jenis pertamax lebih tinggi dibandingkan dengan premium sehingga menjadikan proses pembakaran bahan bakar pada sepeda motor menjadi lebih sempurna dan tidak akan menyebabkan motor kurang tenaga karena dengan pembakaran yang lebih sempurna maka tenaga yang dihasilkan jauh lebih baik dari sebelumnya.

  1. Performa motor menjadi lebih baik

Dengan proses pembakaran yang lebih sempurna dari sepeda motor dapat menyebabkan tenaga yang dihasilkan menjadi lebih baik sehingga performa motor juga dapat lebih tinggi lagi dari sebelumnya. Motor dengan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI) dan catalytic converters (pengubah katalitik) sangat cocok mengunakan bahan bakar pertamax.

  1. Motor menjadi ramah lingkungan

Proses pembakaran yang terjadi pada sepeda motor yang menggunakan bahan bakar pertamax akan lebih bersih sehingga zat buah yang dihasilkan juga akan lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan bakar premium maupun pertalite. Dengan pembakaran yang bersih maka busi pada mesin motor juga tidak akan cepat rusak atau membutuhkan pengantian. Ramah lingkungan merupakan satu diantara 11 kelebihan pertamax untuk sepeda motor.

  1. Pengeluaran untuk bahan bakar lebih besar

Pengeluaran bahan bakar pertamax yang lebih besar karena harganya lebih tinggi dari premium maupun pertalite memang akan menjadi salah satu efek samping motor pake pertamax. Namun jika tidak dinilai dari jumlah uang yang dikeluarkan saja, dengan uang yang lebih banyak motor yang menggunakan pertamax memiliki performa dan pembakaran yang lebih efektif serta dapat membantu menjaga komponen mesin agar tidak mudah rusak jauh lebih baik dibandingkan dengan mengunakan bahan bakar seperti premium.

  1. Membuat tangki bahan bakar menipis

Efek samping pertamax yang dapat menyebabkan tangki bahan bakar menipis ini dikarenakan beberapa zat aditif yang lebih banyak serta nilai ron yang lebih besar dibandingkan dengan bahan bakar dibawah pertamax. Kondisi yang disebutkan tersebut merupakan salah satu kelemahan dari pertamax dibandingkan dengan bahan bakar lainnya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai efek samping motor pake pertamax yang beberapa merupakan bentuk efek buruk dan beberapa merupakan efek yang positif terhadap sepeda motor. Keputusan penggunaan bahan bakar menjadi hak penuh pemilik kendaraan disesuaikan dengan berbagai macam pertimbangan yang ada.

Categories
Teknologi

4 Efek Samping Alarm Motor yang Harus Diketahui Sebelum Memasangnya

Sepeda motor merupakan salah satu kendaraan pribadi yang banyak dimiliki dan populer di masyarakat karena berbagai kelebihannya. Bahkan sepeda motor saat ini bukan populer sebagai kendaraan pribadi saja namun juga sebagai kendaraan umum melalui beberapa aplikasi pemesanan kendaraan dengan basis internet. Dengan minat masyarakat yang cukup tinggi, banyak pabirkan otomotif berlomba lomba untuk menghadirkan semua jenis sepeda motor di seluruh dunia ke Indonesia untuk memenuhi keinginan semua lapisan masyarakat.

Banyaknya pencurian kendaraan bermotor terutama di kota kota besar menjadikan keamanan dari sepeda motor menjadi sangat lemah. Kondisi tersebut menjadikan beberapa pemiliki kendaraan bermotor memasang alarm pada sepeda motornya sebagai bentuk tambahan keamanan pada sepeda motor yang tidak cukup ditunjang dengan hanya sebatas kunci saja. Adanya alarm pada sepeda motor ini sudah mulai muncul dan diterapkan untuk varian sepeda motor baru namun hanya beberapa dengan harga yang relatif mahal dan sifatnya bukan sebagai alarm keamanan sepenuhnya.

Untuk varian sepeda motor yang tidak memiliki alarm maka terkadang beberapa pemilik kendaraan sepeda motor tersebut akan menambahkan atau memodifikasi motornya sehingga memiliki alarm tersendiri. Karena alarm tersebut bukanlah komponen atau sparepart sepeda motor yang sesunguhnya dapat minimbulkan beberapa kondisi yang riskan terjadi sebagai efek samping program tersebut. Namun sebelumnya, sebaiknya kita mengenali lebih dalam mengenai alarm tersebut.

Apakah Alarm pada Sepeda Motor Tersebut ?

Alarm merupakan salah satu komponen yang ditambahkan pada sepeda motor dan bersifat sebagai komponen after market. Alarm merupakan sebuah perangkat tambahan yang disematkan pada sepeda motor untuk menghasilkan peringatan yang muncul ketika sepeda motor dinyalakan tanpa mematikan alarm tersebut terlebih dahulu. Bentuk peringatan yang diberikan bisa berupa bunyi klakson berkali kali dengan tambahan lampu yang berkedip kedip. Secara jenisnya ada beberapa bentuk alarm yang dapat disematkan pada sepeda motor mulai dari yang menggunakan remote, skalar tersembunyi, bahkan menggunakan kode pembuka tersebut. Fungsi utama dari pemasangan alarm tersebut adalah untuk menghindarkan motor dari niat jahat seperti pencurian.

Efek Samping Alarm pada Motor

Memasang komponen yang tidak semestinya pada sepeda motor dapat menimbulkan efek samping secara teknis karena dapat menganggu kinerja dan kestabilan yang sudah terjaga pada seluruh komponen yang disetting sedemikian rupa oleh pabrik pembuatnya. Memasang komponen yang tidak semestinya ini berlaku juga untuk alarm sepeda motor. Beberapa efek samping alaram pada motor diantaranya seperti dijelaskan dibawah ini.

  • Memperbesar Kebutuhan Daya Listrik pada Sepeda Motor

Alarm motor pastinya merupakan komponen yang membutuhkan kelistrikan untuk bisa beroperasi dengan baik. Karena kebutuhan kelistrikannya tersebut menjadikan beban daya yang diterima oleh sepeda motor menjadi lebih besar sehingga dapat menyebabkan kebutuhan supply aki juga harus lebih besar. Jika aki tidak dapat memberikan daya yang lebih besar maka dengan adanya penambahan alarm pada sepeda motor tersebut maka pemilik kendaraan harus menganti aki lama dengan aki baru yang lebih besar kapasitasnya. Tingginya daya listrik juga dapat menjadi penyebab motor boros terutama pada mesin injeksi.

  • Meningkatkan Resiko Konsleting 

Dengan adanya penambahan alarm motor yang merupakan komponen listrik pada sepeda motor menjadikan resiko terjadinya konsleting semakin besar karena adanya sparepart asing atau bukan standart yang ditambahkan ke dalam motor. Resiko terjadinya konsleting tersebut akan lebih tinggi jika proses pemasangan alarm tidak dilakukan dengan benar dab rapi.

  • Menimbulkan Kondisi Kerusakan pada Motor 

Resiko terganggunya sistem kelistrikan pada sepeda motor akibat adanya pemasangan alarm dapat menimbulkan resiko juga terhadap kerusakan mesin. Kondisi tersebut diperparah pada motor injeksi yang dipasang alarm motor karena motor injeksi merupakan salah satu jenis motor yang sangat bergantung pada sistem kelistrikan dalam performa dan operationalnya.

  • Membutuhkan Pengecekan dan Perawatan yang Benar

Dengan adanya penambahan komponen pada sepeda motor tentu menjadikan proses pengecekan dan perawatan harus dilakukan dengan benar dan rutin untuk menghindari efek samping atau resiko teknis yang berbahaya. Oleh sebab itu dengan penambahan alarm pada motor maka cara mengecek mesin motor dan komponen lain menjadi tambahan tanggung jawab bagi pemilik kendaraan.

Perlukah Alarm Dipasang pada Sepeda Motor?

Melihat dari perkembangan teknologi keamanan terutama pada sepeda motor, tidak banyak pilihan dan varian produk untuk mencegah hilangnya sepeda motor karena di curi. Jika melihat dari beberapa efek samping yang dapat ditimbulakan oleh pemasangan alarm tersebut maka sebaiknya memilikirkan dua kali sebelum memasangnya karena selain membutuhkan nilai harga awal yang cukup tinggi serta proses maintanace.  Selain karena mahal, secara umum beberapa fitur seperti magnet kunci dan bentuk rumah kunci yang lebih aman juga lebih baik dibandingkan dengan alarm.

Namun jika pemilik kendaraan tidak menjadi masalah dalam hal kekurangan yang dimiliki oleh alarm motor dan dapat mencari solusi atau pencegahan dari kekurangan tersebut maka pemasangan alarm motor dapat dilakukan untuk meningkatkan keamanan dari sepeda motor tersebut. Namun jika pemilik kendaraan masih ragu sebaiknya tidak tergesa gesa untuk melakukan pemasangan alarm motor tersebut dan mungkin bisa melakukan cara membuat alarm motor sendiri yang lebih tidak beresiko.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan efek samping alarm motor yang ditambahkan oleh pemilik kendaraan sepeda motor sebagai upaya memperketat tingkat keamanan dari sepeda motor tersebut. Proses perawatan dan pengecekan alarm harus selalu diperhatikan dan masuk dalam cara merawat motor matic maupun manual yang baik dan benar untuk menghindari terjadinya resiko atau efek samping yang tidak diinginkan.

Categories
Teknologi

6 Kelebihan Ban yang Diisi dengan Nitrogen

Nitrogen merupakan jenis zat lemas yang memiliki unsur kimia N dalam tabel periodic unsur. Nitrogen memiliki nomor atom 7, dan merupakan zat kimia yang memiliki wujud gas, yang tidak berbau, tidak berwarna, dan merupakan gas diatomic yang bukan merupakan jenis logam, namun tetap stabil, dan sangat sulit untk bereaksi dengan senyawa kimia lainnya.

Nitrogen biasanya digunakan untuk kepentingan tertentu, salah satunya adalah untuk pengisian angin di ban. Saat ini teknologi ini sudah sangat umum diterapkan, dimana nitrogen digunakan sebagai pengganti angin compressor dalam mengisi tekanan angin.

Ada beberapa alasan yang membuat nitrogen saat ini merupakan salah satu senyawa yang digunakan untuk mengisi tekanan angin di dalam ban kendaraan, yaitu :

  1. Tekanan ban lebih stabil

Kelebihan ban diisi nitrogen yang pertama adalah tekanan ban yang menjadi lebih stabil. Dengan diisi nitrogen, maka tekanan ban pada kendaraan anda akan menjadi jauh lebih stabil. Hal ini berhubungan dengan keseluruhan tekanan ban, dimana pada suhu tertentu apabila menggunakan oksigen biasa, tekanan ban bisa saja berubah ubah, sehingga ban menjadi kempes.

Ketika anda menggunakan nitrogen untuk mengisi angin di dalam bahan anda, maka hal ini tentu saja tidak akan terjadi, karena nitrogen merupakan jenis unsur yang tidak mudah terkontaminasi dan dipengaruhi oleh unsur lainnya, sehingga hal ini akan menjaga tekanan ban anda tetap stabil.

  1. Lebih tahan lama

Ya, sebagai dampak positif dari tekanan ban yang menjadi lebih stabil, maka hal ini kemudian mengindikasikan bahwa nitrogen yang ada di dalam ban kendaraan anda juga akan bertahan lebih lama dibandingkan dengan menggunakan angin oksigen biasa. Hal ini tentunya memiliki banyak keuntungan bagi anda, antara lain anda tidak perlu repot mengisi ulang angin di ban kendaraan anda dalam waktu yang singkat dan juga cepat. Apalagi suhu tropis di Indonesia, yang bisa mempermudah tekanan ban menjadi menurun ketika hanya diisi oleh angin oksigen biasa saja.

  1. Handling lebih mantap

Beberapa riders, baik mobil maupun motor sudah banyak mengklaim bahwa penggunaan nitrogen pada ban di dalam kendaraan mereka sangat menguntungkan, karena membuat kendaraan mereka menjadi lebih stabil, terutama dalam hal handling. Hal ini dikarenakan oleh sifat nitrogen yang lebih tahan lama dan juga menyebabkan tekanan ban menjadi jauh lebih stabil. Dengan lebih stabilnya tekanan ban, maka hal ini tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap kondisi handling dari setiap kendaraan yang menggunakan nitrogen, terutama untuk kendaraan roda dua alias kendaraan motor.

  1. Tidak menimbulkan embun dan menimbulkan unsur air di dalam ban atau velg

Nitrogen merupakan unsur yang memiliki kandungan N, dan tidak memiliki kandungan air. Berbeda dengan angin biasa pada umumnya, yang ketika mengalami reaksi tertentu bisa memunculkan embun dan juga air. Air ini apabila terlalu lama berada di dalam velg, bisa menimbulkan korosi. Hal ini akan sangat mengganggu, terutama apabila anda menggunakan velg yang terbuat dari bahan besi, yang rentan terhadap karat. Selain itu, kandungan air di dalam ban akibat reaksi kimia ini bisa menyebabkan ban menjadi lebih berat dan tentu saja akan mempengarhi kondisi berkendara anda sehari-hari.

  1. Karena lebih tahan lama, maka bentuk dan ukuran ban menjadi lebih terjaga

Ukuran ban juga dapat dipengaruhi oleh kondisi nitrogen di dalamnya. Ya, nitrogen merupakan unsur yang lebih stabil, sehingg seperti pada poin nomor satu menyebabkan tekanan ban menjadi lebih stabil. Tekanan ban yang lebih stabil ini kemudian akan menyebabkan pola ukuran dan juga bentuk ban menjadi lebih terjaga. Bandingkan ketika anda menggunaan angin biasa untuk mengisi tekanan angin pada ban anda. Tekanan yang tidak stabiil akan menyababkan ban menjadi mudah kempis dan hal ini akan merusak bentuk ban apabila dibiarkan terus menerus.

  1. Grip pada ban menjadi lebih baik

Masih berdasarkan fakta bahwa penggunaan nitrogen jauh lebih stabil apabila dibandingkan dengan isi angin biasa. Hal ini membaut grip atau daya cengkram ban dengan aspal dan juga jalanan menjadi jauh lebih mantap dan juga jauh lebih optimal. Cegkraman atau grip ban yang menjadi lebih optimal ini tentu saja sangat membantu anda dalam berkendara.

Ada banyak sekali dampak positif dari cengkraman alias grip ban yang lebih baik, antara lain :

  • Akselarasi dan topspeed kendaraan menjadi lebih baik
  • Penggunaan bahan bakar menjadi lebih optimal
  • Ban lebih tahan lama, karena gaya gesek yang dihasilkan lebih baik
  • Handling menjadi jauh lebih optimal
  • Berkendara akan menjadi lebih nyaman

Meskipun memiliki banyak sekali kelebihan dalam menggunakan nitrogen untuk ban, namun demikian nitrogen masih tergolong cukup mahal, dan cukup sulit untuk ditemukan. Kita hanya bisa mengisi nitrogen di pom bensin tertentu, ataupun bengkel tertentu saja. Bahkan tukang tambal ban pinggir jalan pun tidak memiliki pengisian nitrogen.

Jadi, cukup sulit bagi kita,dan juga nitrogen masih tergolong mahal. Kita bisa mengeluarkan uang hanya 2 ribu rupiah untuk memompa ban kita dengan angin compressor, namun bisa mengeluarkan lebih dari 10 ribu rupiah untuk mengisi angin di ban kita dengan menggunakan nitrogen.

Selalu isi tekanan ban anda sesuai dengan anjuran pabrik, beban, dan spesifikasi lainnya

Ada beberapa ketentuan dalam mengisi tekanan ban kendaraan anda. meskipun menggunakan nitrogen sebagai media pengisi tekanan ban, namun demikian perlu diperhatikan ketentuan khusus yang dapat mempengaruhi performa ban dan juga kendaraan anda.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk mengisi nitrogen di dalam ban anda, untuk memperoleh manfaat optimal dari penggunaan nitrogen di dalam ban anda :

  1. Sesuaikan tekanan ban anda dengan spesifikasi ban dan juga beban maksmum yang dianjurkan. Anda dapat melihatnya pada buku petunjuk penggunaan kendaraan, ataupun kode-kode pada ban kendaraan anda
  2. Apabila menggunakan ukuran ban yang sama pada bagian depan dan juga belakang kendaraan, maka anda dapat membuat tekanan ban pada bagian depan lebih rendah dibandingkan dengan ban belakang.
  3. Sebaiknya, tekanan ban, pada tiap tiap ban diusahakan seimbang, sehingga setiap ban memiliki tekanan yang sama, atau paling tidak memiliki rasio tekanan ban yang sama.

artikel terkait lainnya:

Categories
Teknologi

11 Kelebihan Pertamax Untuk Sepeda Motor

Jenis bahan bakar apa yang digunakan pada sepeda motor pada umumnya? Premium, Pertamax atau Pertamax Plus? Mungkin pengendara juga masih bingung di antara ketiganya, dan lebih memlih Premium karena faktor harga yang relatif lebih murah dari bahan bakar lainnya, tanpa memperhatikan kondisi mesin dan kebutuhan dari mesin pada motor.

pertamaxSecara teknis, pilihan akan menggunakan bahan bakar jenis apa tergantung dari pada rasio kompresi yang dimiliki pada motor. Rasio kompresi ini merupakan rasio atau perbandingan kompresi atau tekanan yang akan terjadi ketika piston naik dan piston turun ( TMA dan TMB ). Rasio kompresi ini tidak perlu di hitung sendiri, karena pabrikan – pabrikan motor pasti sudah pasti merilis rasio kompresi dari motor – motor yang dijual di dalam brosur. Dan biasanya pula, pabrikan akan memberikan rekomendasi jenis bahan bakar yang wajib diisikan ke dalam tanki bahan bakar.

Mesin – mesin motor modern yang diproduksi kisaran tahun 2004 hingga saat ini biasanya memiliki rasio kompresi diata 8 : 1 sampai 12 : 1. Secara teknis dan teoritis, mesin dengan rasio kompresi 8 : 1 hingga 12 : 1 membutuhkan asupan bahan bakar yang bernilai RON atau Research Octane Number alias kadar oktan senilai 92. Bahan bakar dengan nilai oktan 92 ini salah satunya adalah Pertamax.

Pertamax merupakan produk buatan Pertamina yang sudah tak asing lagi di kalangan masyarakat. Sudah banyak sekali masyarakat yang mengakui keunggulan dari bahan bakar non – subsidi ini. Dilihat dari kacamata penggunaan motor dengan nilai kompresi di atas 8 : 1 hingga 10 : 1.

Kelebihan dari Pertamax Untuk Motor

1. Pembakaran Yang Lebih Baik

Salah satu keunggulan dari bahan bakar jenis Pertamax ini adalah lebih sempurna dalam proses pembakaran yang terjadi pada mesin motor. Dengan sifatnya yang lebih sulit terbakar dibandingkan premium, Pertamax mampu membuat proses pembakaran yang terjadi di dalam ruang bakar menjadi lebih efisien. Dengan efisiensi ini, maka proses pembakaran yang terjadi pun akan menjadi lebih baik.

2. Emisi Gas Buang yang Baik

Penggunaan bahan bakar jenis pertamax terbukti menghasilkan emisi gas buang yang lebih baik. Emisi gas buang yang lebih baik ini, alias renda ini bisa diperoleh berkat penyempurnaan proses pembakaran yang terjadi. Sifat bahan bakar Pertamax yang lebih sulit untuk terbakar membuat penggunaaannya di dalam ruang bakar menjadi lebih efisien, hingga berdampak pada emisi gas buang yang lebih rendah.

3. Ramah Lingkungan

pertamax-ramah-lingkunganDengan pembakaran yang lebih efisien dan sempurna, serta rendahnya emisi gas buang yang dihasilkan oleh bahan bakar jenis Pertamax ini, maka otomatis bahan bakar ini masuk ke dalam kategori bahan bakar yang Eco Friendly atau ramah lingkungan.

Terlepas dari kondisi mesin motor, Pertamax mampu membuat terobosan baru dalam penggunaan bahan bakar minyak yang berkualitas dan ramah terhadap lingkungan.

 

4. Bebas Timbal

Eco friendly atau bahan bakar yang ramah lingkungan semakin melekat pada bahan bakar pertamax ini. Dengan tidak adanya kandungan timbal dan logam lain, membuat Pertamax menjadi bahan bakar yang benar – benar ramah terhadap lingkungan.

Selain itu Pertamax ini juga membuat ruang bakar, klep, busi, serta piston dari motor terhindar dari deposit atau pengendapan yang diakibatkan oleh timbal, sehingga bisa dibilang bahan bakar Pertamax bisa membuat mesin menjadi lebih bersih.

5. Penambahan zat Aditif

Dalam meningkatkan RON atau Research Octane Number menjadi 92, Pertamax menggunakan tambahan zat – zat aditif yang berguna selain untuk menambah nilai RON, juga dapat menambah performa dari mesin motor. Zat – zat aditif ini ditambahkan sesuai dengan hasil riset dari Pertamina, dan tentunya memiliki kualitas bahan bakar yang tidak diragukan lagi.

6. Kualitas yang baik

Dengan tidak mengandung kadar timbal, serta logam – logam lain dalam Pertamax, membuat bahan bakar ini memiliki kualitas yang tinggi. Selain itu, seperti yang sudah disebutkan penambahan zat – zat aditif dalam mendongkrak nilai RON hingga menjadi 92 juga menambah kualitas dari bahan bakar produksi Pertamina ini.

7. Lebih Irit

Untuk masalah keiritan, sudah banyak testimony dan pengakuan dari para konsumen bahan bakar Pertamax ini yang mengklaim bahwa motor mereka menjadi lebih irit dibandingkan menggunakan bahan bakar jenis Premium. Hal ini disebabkan oleh sifat dari Pertamax yang sulit untuk terbakar, yang membuat proses pembakaran pada ruang pembakaran lebih sempurna sehingga mengurangi kemungkinan bahan bakar yang mudah habis terbakar sebelum kembali pada posisi TMA, yang berujung pada detonasi atau dikenal dengan istilah ngelitik.

8. Perawatan yang lebih mudah

Dengan berbagai keunggulannya tersebut, membuat bahan bakar Pertamax menjadi banyak pilihan di kalangan pengguna motor di Indonesia. Keunggulan lain dari bahan bakar Pertamax ini adalah membuat perawatan motor akan menjadi lebih mudah.

Karena tidak mengandung timbal, serta proses pembakaran yang lebih sempurna akan membuat bagian dalam ruang pembakaran seperti head, klep, busi, serta piston memiliki kadar deposit atau kerak yang minim. Dan tidak perlu sering – sering untuk melakukan servis pada bagian hanya untuk membersihkan kerak – kerak atau deposit yang menempel.

9. Performa yang Lebih Baik dan Responsif

Dengan pembakaran yang lebih sempurna, penambahan zat aditif serta kualitas pada bahan bakar yang baik dan terjamin akan membuat motor memiliki performa yang lebih baik dan lebih responsive. Sehingga putaran gas pada motor akan terasa lebih enteng dan beban kerja mesin juga akan dirasakan menjadi lebih ringan.

Selain itu, karena minimnya kandungan deposit dan kerak – kerak yang menempel pada ruang pembakaran juga akan menambah performa motor menjadi lebih baik dan lebih responsive.

10. Sangat Cocok Untuk Motor Injeksi

Saat ini, motor – motor baik bebek, matic, maupun sport sudah mengaplikasikan teknologi injeksi, yaitu bahan bakar yang proses pencampuran dan proses pembakarannya menggunakan bantuan injector. Dengan menggunakan bahan bakar Pertamax maka bahan bakar ini akan menjaga bagian injector yang bertugas untuk menyemprotkan bahan bakar, yaitu nozzle menjadi tetap bersih dan tidak akan tersumbat.

11. Hemat Biaya

Penggunaan bahan bakar jenis Pertamax yang memiliki banyak keunggulan akan membantu pengendara dalam menghemat biaya, terutama biaya perawatan spare part pada mesin motor. Dengan kondisi ruang bakar yang lebih bersih serta injector yang juga bersih maka part – part tersebut dapat bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama, terlepas dari bagaimana pengendara mengendarai motor, atau kualitas dari spare part yang tertanam pada motor. Apabila spare part tersebut bisa bertahan lebih lama, maka sudah pasti pengendara bisa menghemat biaya bongkar – bongkar mesin yang diakibatkan penggunaan bahan bakar yang salah.

Itulah 11 kelebihan dan keunggulan Pertamax bagi motor. Semoga artikel ini bermanfaat dalam memilih Pertamax sebagai bahan bakar yang tepat bagi kendaraan.

Categories
Teknologi

Motor Injeksi : Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangan

Teknologi pada saat ini sudah sangat berkembang, terutama teknologi pada kendaraan bermotor. Saat ini teknologi pada kendaraan bermotor sudah beragam. Banyak sekali tambahan teknologi – teknologi baru yang disematkan pada sepeda motor saat ini. Salah satu teknologi sepeda motor yang terbaru saat ini adalah teknologi injeksi. Teknologi injeksi ini masih terbilang baru disematkan di dalam motor anda. Mobil dan kendaraan roda 4 lainnya sudah terlebih dahulu menyematkan teknologi injeksi. Sebenarnya teknologi macam apa sih injeksi itu? apa keuntungan dan kekurangannya? Mari kita coba lihat satu per satu.

Pengertian Motor Injeksi

Injeksi, merupakan suatu metode pencampuran bahan bakar dengan udara pada kendaraan bermotor untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna. Injeksi membutuhkan perangkat bernama injector, yang bertugas me-nyuplai campuran bahan bakar dengan udara. Sistem injeksi merupakan teknologi penerus sistem karburator pada kendaraan bermotor.

Cara Kerja Motor Injeksi

motor injeksiApabila pada sistem karburator, kendaraan membutuhkan penyetelan yang tepat agar bisa mendapatkan campuran bahan bakar dan udara atau AFR (Air–fuel ratio)yang optimal, sistem injeksi sudah terprogram secara komputer untuk mendapatkan rasio AFR yang optimal.

AFR

Supaya bisa mendapatkan AFR yang optimal, injektor mengandalkan program komputer untuk mengontrol AFR nya. Perangkat elektronik yang bertugas untuk mengontrol kerja injektor ini bernama ECM atau Electronic Control Module.

Electronic Control Module

Electronic Control Module memiliki settingan dan kontrol yang sudah terstandar dari pabriknya. ECM ini dapat secara otomatis mengontrol besaran bahan bakar dan udara yang pas pada kondisi – kondisi cuaca tertentu. Pada motor injeksi terdapat sensor udara, sensor inilah yang nantinya membantu ECM dalam mengkalkulasi AFR yang tepat sesuai dengan kebutuhan mesin dan udara sekitar mesin. Kurang lebih seperti inilah gambaran mengenai sistem injeksi pada motor. Konsepnya sama seperti sistem karburator, karena injeksi merupakan penyempurnaan dari sistem karburator.

Kelebihan Motor Injeksi

Nah, setelah mengetahui secara singkat mengenai teknologi injeksi pada motor, maka sekarang kita lihat satu per satu keunggulan dan kelemahan dari sistem ini.

1. Pembakaran Menjadi Lebih Sempurna

Dengan perbandingan AFR yang lebih baik dan dikontrol oleh perangkat elektronik, maka motor yang menggunakan teknologi injeksi akan menghasilkan pembakaran yang jauh lebih baik daripada motor yang menggunakan sistem karburator. Hal ini disebabkan oleh AFR yang dihasilkan sudah sesuai dengan kebutuhan motor anda, dan dapat berubah ketika terjadi perubahana suhu udara sekitar karena terdapat sensor udara yang akan menganalisa suhu dan kondisi udara yang akan dicampur dengan bahan bakar.

2. Konsumsi BBM Lebih Irit

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, motor yang menggunakan teknologi injeksi memiliki pembakaran yang lebih sempurna. Pembakaran yang lebih sempurna ini akan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar dari kendaraan anda. Karena lebih sempurnanya pembakaran, maka proses pembakaran pun akan menjadi lebih optimal. Pembakaran optimal ini juga akan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar kendaraan anda.

Selain itu, injector biasanya memiliki setelan pemrograman yang sesuai dengan standar pabrik. Pabrik biasanya akan menyetel ECM pada motor anda hingga akan dicapai konsumsi bahan bakar yang paling optimal bagi motor anda.

3. Tidak Perlu Repot Melakukan Penyetelan

Apabila sistem pembakaran masih menggunakan sistem karburator, maka sering terjadi perubahan setelan AFR yang terjadi pada karburator motor anda. Biasanya berubahnya setelan ini diakibatkan oleh getaran – getaran yang dihasilkan oleh mesin, atau kualitas karburator yang semakin menurun.

Nah, hal ini tidak akan terjadi pada sistem pembakaran pada motor injeksi. Pengolahan AFR yang terjadi pada motor injeksi dikontrol dan diperintahkan oleh sistem komputer yang bernama Electronic Control Module. Electronic Control Module atau ECM ini sudah memiliki setelan dan konfigurasi yang fix, yang hanya akan dapat diubah apabila anda menggunakan software tertentu dengan menggunakan komputer. Hal ini dapat mengurangi kerepotan anda dalam menghadapi setelan konfigurasi karbutor yang sering berubah – ubah.

4. tidak perlu susah dalam melakukan servis

Apa saja hal yang anda lakukan ketika melakukan servis rutin pada motor anda? Salah satunya adalah membersihkan karburator. Pernahkah anda memperhatikan ribetnya montir dalam membongkar karburator? Nah, apabila motor anda menggunakan sistem injeksi, anda dapat melewati hal ini. Cukup menyemprotkan injector cleaner ke dalam lubang busi dan beres.

Kekurangan Motor Injeksi

1. Masih Sedikit Bengkel Umum yang Menerima Servis Injeksi

Namun demikian, walaupun memiliki banyak kelebihan, motor dengan teknologi injeksi memiliki beberapa kekurangan. Antara lain masih sedikit bengkel umum yang berani melakukan servis terhadap perangka injector. Biasanya, selain menggunakan injector cleaner, injector juga sebaiknya di diagnose dengan alat khusus untuk mengetahui apakah injector berfungsi normal atau tidak. Tidak semua bengkel umum mempunyai alat seperti ini, membuat servis terhadap motor injeksi cukup berjalan maksimal apabila dilakkan di bengkel umum.

2. Harga yang Mahal

Selain itu harga perangkat injector dan alat pendukung mesin injeksi masih tergolong mahal. Apabila perangkat ini mengalami kerusakan, maka biaya perbaikan atau penggantiannya pun lumayan menguras kantong. Tidak sema montir dan mekanik mengerti tentang cara memperbaiki atau menyelel ulang ECM. Dan apabila ada yang mengerti, pasti dia mematok biaya yang cukup tinggi.

3. Sulit Untuk Modifikasi

Sebenarnya bagi anda yang gemar melakukan modifikasi, motor injeksi sepertinya cukup cocok. Karena ketika anda ingin memodifikasi performa dari tunggangan anda, ada banyak variabel yang harus anda rubah, salah satunya adalah proses pencampuran bahan bakar dan udara. Apabila pada motor dengan sistem karburator, cara untuk merubah pencampuran bahan bekar bakar dengan udara sangat mudah, hanya dengan mengganti ukuran pilot jet, main jer, atau dapat juga dengan mengganti karburator dengan venture lebih besar, maka pada mesin injeksi, hal ini agak sulit dilakukan. Hal ini membuat proses modifikasi anda cukup maksimal. Sebenarnya anda bisa menyetel ulang ECM, atau mengganti ECM dengan modul baru yang lebih cocok untuk mesin hasil modifikasi, namun sekali lagi, biaya yang dikeluarkan jauh lebih mahal.

4. Sensitif Terhadap Perangkat Kelistrikan

Dan yang kelemahan dari motor dengan sistem injeksi adalah sangat sensitive terhadap perangkat kelistrikan. Perlu diingat, sistem injeksi memerlukan ECM untuk bekerja secara optimal, dan ECM dikendalikan oleh komputer yang membutuhkan kelistrikan yang stabil dan baik. Apabila kelistrikan motor anda bermasalah, seperti aki soak, atau terjadi korsleting, maka kemungkinan akan terjadi kerusakan terhadap piranti tersebut.

Itulah sedikit pengenalan terhadap teknologi motor injeksi, kelebihan serta kekurangannya. Walaupun kelihatannya sistem injeksi memiliki keunggulan, namun ternyata faktanya, masih banyak produsen motor yang memproduksi motor dengan menggunakan teknologi karburator. Hal ini menunjukkan bahwa teknologi injeksi pada motor masih belum sempurna, dan masih perlu pengembangan lebih lanjut dari segi harga, dan kemampuan kerja dari mesin injeksi itu sendiri.