Sponsors Link

8 Penyebab Permukaan Ban Motor Bergelombang

Sponsors Link
penyebab ban motor bergelombang

Ban motor adalah salah satu terpenting untuk kendaraan bermotor dan memiliki tugas yang berat. Karena tugas ban motor itu berat kita harus melakukan perawatan pada ban motor tersebut. Dikarenakan ban motor yang mengalami masalah maka ini akan membuat perjalanan kita menjadi tidak nyaman lagi. Selain itu, motor yang bermasalah kemungkinan besar ini akan membuat keselamatan kita berbahaya.

Berbicara masalah pada ban motor, maka kesempatan kali ini kita akan membahas penyebab dari ban motor yang bergelombang, dimana ban yang bergelombang membuat kita merasa tidak nyaman pada saat dalam perjalanan. Nah bagi anda yang sedang mencari tahu penyebab permukaan ban motor bergelombang, anda bisa menyimak ulasannya yang sudah kami uraikan dibawah ini.

1. Tekanan Angin Tidak Sesuai

Salah satu penyebab ban motor anda bergelombang adalah tekanan angin pada ban motor tidak sesuai. Tekanan angin yang tidak sesuai akan menjadi salah satu penyebab ban motor benjol samping, masih ada banyak lagi kerusakan-kerusakan pada ban motor. Tekanan angin yang berlebihan akan membuat motor anda menjadi bergelombang begitu juga dengan kekurangan tekanan angin pada ban motor dapat membuat ban anda bergelombang. Maka dari itu anda harus mengisi angin pada ban motor yang sesuai. Anda juga dapat mengisi dengan nitrogen pada ban motor, ada beberapa kelebihan ban diisi nitrogen yang harus dan wajib diketahui oleh anda.

2. Velg Tidak Sesuai

Ada berbagai jenis-jenis velg motor yang bisa digunakan oleh motor anda. Tapi perlu diperhatikan kalau memakai velg yang tidak sesuai dengan ban motor anda, maka ini akan menjadi salah satu penyebab dari ban yang bergelombang. Selain itu velg yang tidak sesuai ini juga akan menjadi salah satu bagian dari penyebab ban motor habis sebelah. Mungkin penyebab lainnya seperti velg sudah tak balance, velg tak balance bisa terjadi karena menggunakan velg spoke atau velg jari-jari.

Maka dari itu sebagai pengguna motor yang baik kita harus dan wajib untuk memilih velg berdasarkan kondisi ukuran pada ban motornya. Jangan anda memilih velg yang membuat ban motor anda bergelombang. Apabila sudah begini sebaiknya anda harus mengganti velg motor tersebut.

3. Ban Dalam Yang Tidak Sesuai

Selain velg yang tidak sesuai, ban dalam yang tidak sesuai salah satu penyebab dari ban motor yang bergelombang. Ini dikarenakan terjadi pada saat ban dalam motor yang sudah ditentukan oleh anda, terkadang kebesaran dan juga terlalu kekecilan.

Dengan begitu kita juga harus benar-benar memilih ban dalam motor yang sesuai dengan ban yang digunakan pada motor anda. Perlu diperhatikan kalau jenis apapun ban motor anda dan ban dalam tidak sesuai dengan ban luar, maka anda harus menggantinya dengan ban yang sesuai.

5. Leher Roda Bermasalah

Untuk penyebab yang berikutnya karena terjadinya leher roda yang bermasalah. Leher roda yang sudah rusak atau mungkin sudah bergoyang dengan demikian ini akan membuat ban menjadi botak sehingga mengakibatkan ban motor yang bergelombang. Leher roda yang bermasalah sangat berbahaya bagi keselamatan kita, untuk itu ketika leher roda motor anda bermasalah. Maka kami sarankan jangan memakai motor terlebih dahulu, alangkah baiknya langsung dibawah ke bengkel maupun dealer terdekat atau sebelum membawa ke bengkel/dealer sebaiknya anda cek terlebih dahulu pada roda yang bermasalah, bisa saja anda memperbaiki dengan cara sendiri.

6. Cara Duduk Tidak Sempurna

Penyebab dari ban motor anda bergelombang terjadi karena cara duduk anda tidak sempurna, seperti anda duduk miring ke kiri atau ke kanan sehingga ban motor anda bergelombang. Duduk yang tak memusat atau cara duduk tidak seimbang akan membuat ban motor anda botak sebelah atau habis sebelah. Hal ini juga terjadi karena pemboncengnya sering kali cara duduknya selalu ke kiri atau mungkin terlalu ke kanan.

Memang pada umumnya penyebab yang satu ini selalu disepelekan, namun ada pepatah mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati. Mungkin ada yang bertanya “kok saya memuat penumpang dan penumpang saya duduknya seringkali ke kiri atau ke kanan, kenapa tidak terjadi demikian?”. Namun seiring berjalannya waktu tetap saja penyebab yang satu ini ada kemungkinan akan terjadi ban motor bergelombang.

7. Cara Pengereman Tidak Stabil

Cara pengereman dengan kondisi apapun yang baik dan benar harus diperhatikan misalnya jarak pengereman yang aman bagi para pengguna motor. Jika anda salah menggunakan cara pengereman tentu saja ini akan menyebabkan atau menimbulkan ketidak aman bagi keselamatan kita, bisa saja terjadi kecelakaan terbesar atau mungkin kecelakaan yang terkecil.

Lalu apa hubungannya dengan ban motor yang bergelombang? Pada penyebab ini berkesinambungan dengan poin yang pertama dimana tekanan angin yang tidak sesuai. Apabila angin pada ban motor berlebihan atau kekurangan dan anda melakukan pengereman secara tiba-tiba, maka ini akan membuat ban motor menjadi bergelombang.

Hal ini terjadi dimana pengereman secara mendadak ban akan tergores dengan aspal sehingga ban motor menjadi bergelombang. Karena hal yang seperti ini anda harus melakukan pengerukan yang baik dan benar agar tidak membuat kecelakaan pada kita. Sebenarnya cara rem dadakan yang benar untuk antisipasi dari kecelakaan sangat mudah untuk dilakukan asalkan anda harus mengikuti cara-caranya dengan benar sehingga bisa bermanfaat bagi anda.

8. Melewati Jalan Yang Tidak Mulus dan Tidak Sesuai

Untuk penyebab permukaan ban motor bergelombang yang terakhir bisa saja terjadi ketika anda melewati jalan yang tidak mulus dan tidak sesuai, seperti jalan yang berlubang atau jalan yang berbatu dan berpasir. Jadi apa yang membuat ban kita bergelombang dengan hubungan dari penyebab yang satu ini. Pada penyebab yang satu ini sama seperti dengan penyebab yang ketujuh (cara pengereman yang tidak stabil). Dimana penyebab yang satu ini berhubungan dengan tekanan angin yang tidak sesuai.

Pada saat anda melewati jalanan yang tidak sesuai seperti jalan yang berlubang, berbatu dan berpasir ini kemungkinan besar ban motor anda akan bergelombang. Ini disebabkan karena tekanan angin motor yang berlebihan dan ketika anda melewati jalan tersebut sehingga ini menjadi salah satu penyebab dari ban motor yang bergelombang.

Itulah yang bisa kami sampaikan, semoga dengan pembahasan kali ini anda bisa mendapatkan pencerahan pada saat ban motor anda menjadi bergelombang. Ketika ban pada motor anda menjadi bergelombang, alangkah baiknya anda langsung menggantikan dengan ban yang baru. Ini untuk jaga-jaga agar tidak terjadi kerugian bagi keselamatan kita.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Sparepart

Leave a Reply