Categories
Sparepart

Macam-Macam Kerusakan Pada Ban Motor yang Perlu Diwaspadai

Dari setiap produk motor pasti memiliki jenis-jenis ban motor yang berbeda-beda. Mungkin anda sudah tidak asing lagi kalau ban kendaraan menjadi komponen yang paling penting, karena kalau kita tidak memiliki ban pada kendaraan roda dua anda maka motor tersebut tidak akan berjalan. Maksudnya tak hanya roda dua saja atau motor bahkan kendaraan yang lainnya, ban telah menjadi hal yang paling penting bagi kendaraan tersebut (apapun jenis kendaraan itu).

Setiap kendaraan baik itu motor maupun mobil tentu saja memiliki komponen yang paling penting untuk mendukung sebuah performa pada motor anda. Nah ketika anda sedang mengalami masalah pada ban motor yang dimiliki oleh anda maka ini akan membuat bahaya bagi keselamatan kita. Ban biasanya rusak karena salah memilih velg, maka dari itu anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis velg motor sehingga anda tidak akan salah memilihnya dan akan membuat ban motor anda tak lagi menjadi kerusakan.

Pada umumnya hal yang paling penting adalah ban dibandingkan dengan velg motor. Namun walaupun ban yang paling penting tetap saja velg juga menjadi hal yang paling penting pada setiap komponen motor. Nah maka dari itu anda harus merawat ban motor serta velg motor anda agar tidak terjadi kerusakan dan tidak akan mengalami kecelakaan. Cara merawat ban motor cukup mudah dilakukan, seperti anda sedang melakukan cara merawat motor matic.

Mungkin anda bertanya kenapa ban motor itu penting? Hal yang seperti ini anda harus perhatikan kalau ban motor itu berperan sangat penting bagi anda yang sedang melakukan perjalanan apalagi anda sedang melakukan perjalanan yang jauh. Terus kenapa ban motor itu kami katakan sangat penting, mungkin beberapa fungsi yang ada dibawah ini akan menjadi jawabannya ketika kami katakan kalau ban motor itu sangat penting;

  • Hal yang paling pertama fungsi dari ban motor itu sebagai penahan berat beban pada kendaraan roda dua anda.
  • Membuat anda merasa tenang ketika melewati jalan yang berlubang atau mungkin rusak.
  • Berfungsi sebagai penambahan tenaga pada komponen mesin motor.
  • Ban berfungsi untuk membantu seorang kemudi agar lebih mudah ketika mengontrol kendaraan motor tersebut.

Nah dari beberapa fungsi yang ada diatas ini akan mengingatkan bahwa ban motor itu sangat penting bagi motor anda. Walaupun berbagai jenis sepeda motor di seluruh dunia terdapat ban motor baik itu ban luar maupun dalam tetap saja ada kerusakan yang membuat kita merasa kesal ketika membawa motor. Sebenarnya ada berbagai macam kerusakan pada ban motor yang wajib diketahui oleh anda. Nah berikut dibawah ini merupakan kerusakan yang sering terjadi pada ban motor kita.

1. Ban Retak

Hal yang paling pertama dari berbagai macam jenis kerusakan ban motor adalah ban motor yang sudah retak. Sebenarnya ban yang sudah retak menandakan kalau ban motor anda sudah lama dan harus diganti. Nah bagi anda yang sudah membeli ban motor yang baru terus terjadi kerusakan bahwa ban motor anda retak, hal tersebut karena bukan hanya ban motor itu terlihat baru. Memang yang anda beli itu ban motor baru, tapi ban motor yang baru bisa retak ketika sudah lama disimpan oleh dealer sehingga anda menggunakan motor tersebut terdapat ban motor yang retak.

Membeli ban motor yang baru anda harus melihat pada angka produksinya dimana terdiri dari 4 angka, untuk awal 2 angkanya menandakan bahwa minggu produksinya dan untuk 2 angka terakhir merupakan tanda produksinya. Perlu diingatkan bagi anda semua bahwa anda jangan membeli ban motor yang sudah diatas 5 tahun. Ban motor yang sudah lama diproduksinya ini akan mengakibatkan ban motor tersebut lebih cepat dan mudah retak pada ban motor.

2. Ban Kurang Angin

Kerusakan yang seperti ini sudah tidak diragukan lagi, karena dari setiap jenis ban motor yang paling sering dialami pasti kerusakan yang satu ini. Ban motor yang kekurangan angin maka ini akan membuat ban motor menjadi sobek bahkan kurang angin bisa menyebabkan ban motor cepat bocor.

Ketika kita memakai logikanya bahwa ban kurang angin atau kempes maka ini dapat menimbulkan tapak ban motor akan lebih menempel pada aspal dan hal ini akan membuat ban motor menjadi lebih mudah untuk menyentuh jalan yang berkerikil atau benda-benda tajam lainnya. Dengan begitu ini akan membuat ban motor menjadi cepat bocor akibatnya ban motor yang sudah sobek.

3. Ban Habis Sebelah

Untuk kerusakan yang seperti ini biasanya terjadi karena adanya sebuah velg yang sudah tidak balance lagi atau mungkin karena shockbreaker yang sudah rusak. Dengan begitu ini akan membuat ban motor anda habis sebelah sehingga ini dapat mempengaruhi performa ban motor apabila ban sudah tak bisa menapak lagi dengan sempurna.

Pada umumnya ada beberapa penyebab ban motor habis sebelah, sehingga ini akan membuat kita merasa lebih terganggu lagi pada saat didalam perjalanan. Nah ketika masalah ini terjadi, kami sarankan anda harus menggantikan ban motor yang baru. Perlu diperhatikan menggantikan ban motor dengan yang baru anda harus memperhatikan lama produksi ban moto tersebut, sehingga tidak terjadi kerusakan ban motor menjadi retak seperti yang sudah saya jelaskan tadi diatas.

4. Ban Benjol

Kerusakan yang terakhir ini juga sering dialami oleh pengendara motor. Biasanya ban motor yang benjol terjadi karena adanya melewati jalan yang sudah rusak atau berbatu-batu. Hal ini akan membuat lebih cepat benjol ketika melewati jalan yang tidak sesuai dengan kondisi ban motor yang sedang kekurangan angin maupun berlebihan. Maka dari itu kami sarankan anda harus memastikan kalau ban motor anda sudah pas dengan tekanan anginnya.

Benjolan pada ban motor ini bukan anda berpikir bahwa ban motor tersebut sudah salah diproduksi, melainkan ini adalah cara pemakaiannya sehingga ban motor menjadi benjol. Mungkin anda sedang mengalami benturan pada trotoar sehingga ini akan membuat ban motor anda menjadi benjol. Ini bisa saja menjadi salah satu penyebab ban motor benjol samping. Maka dari itu hal yang seperti ini anda harus memperhatikannya.

Itulah macam-macam kerusakan pada ban motor, dengan adanya pembahasan yang seperti ini kami berharap anda bisa mendapatkan manfaat melalui pembahasan kita kali ini.

Leave a Reply