Sponsors Link

Cara Mencegah dan Mengatasi Knalpot Motor Kemasukan Air

Sponsors Link

Memang cara perawatan pada motor harus dilakukan, sehingga motor kita tidak terjadi kerusakan. Setiap komponen mesin motor kita harus mempelajari terlebih dahulu, agar pada saat mesin motor mengalami kerusakan kita sudah mengetahui dan bisa memperbaikinya kembali. Langkah yang paling pertama kita pasti melakukan pengecekan pada mesin motor yang mengalami kerusakan dan cara mengecek mesin motor sangat mudah untuk dilakukan. Mungkin anda bisa memperbaiki sendiri ketika mesin motor mengalami kerusakan, karena anda sudah mengetahui cara pengecekan mesin pada motor.

Walaupun banyak motor dengan mesin motor paling awet hingga kini, tetap saja ada komponen mesin motor yang akan rusak ketika kita tidak merawat motor kita yang baik dan benar. Ada berbagai jenis sepeda motor di seluruh dunia dengan performa mesin yang keren, tapi tetap saja motor akan mengalami kerusakan kalau tidak memberikan perawatan secara khusus pada motor. Dengan adanya perawatan pada motor ini akan membuat performa mesin motor kelihatan awet dan nyaman ketika kita menggunakan motornya, bahkan kita juga tidak akan mendapatkan bahaya bagi keselamatan kita.

Memang kerusakan pada komponen-komponen motor sangat berbahaya dengan keselamatan kita pada saat melakukan aktivitas dijalan. Begitu juga dengan knalpot yang mengalami kerusakan atau hal sepele yang tidak dianggap penting bagi anda, seperti knalpot motor kita mengalami kemasukan air. Walaupun ini merupakan hal sepele, tetapi motor dengan knalpot yang kemasukan air ini akan terdapat dampak buruk knalpot yang sering terendam air. Hal-hal yang seperti ini kita harus perhatikan dan ini juga merupakan salah satu perawatan yang akan membuat motor kita tetap aman dalam perjalanan.

Memang kita harus melakukan perawatan khusus terhadap motor kita, salah satunya dengan perawatan knalpot pada motor. Mungkin anda jarang melakukan perawatan yang seperti ini, mulai sekarang anda bisa melakukan perawatan dengan cara merawat knalpot motor. Sehingga tidak merusakan komponen motor lainnya. Nah bagi anda yang ingin mengatasi dengan cara sendiri, kali ini kami akan membagikan cara mengatasi agar knalpot tidak kemasukan air dan sangat mudah untuk dilakukan oleh kita semua, cukup kita perlu menerapkan cara-cara yang ada dibawah ini.

1. Selalu Perhatikan Kondisi Cuaca

Memang hal ini kita sering lalai dan selalu memperkirakan saja, kondisi cuaca yang buruk dan kondisi cuaca yang hujan. Kemungkinan besar ini akan membuat knalpot pada motor anda kemasukan air. Kenapa? Ini dikarenakan pemakaian dengan kondisi cuaca yang dalam keadaan hujan, besar kemungkinannya knalpot akan kemasukan air. Dengan begitu sebelum anda bepergian, alangkah baiknya anda harus memperhatikan kondisi pada cuaca.

2. Jangan Melintasi Jalan yang Berair (Banjir)

Untuk cara mengatasi berikutnya, pastikan anda tidak melintasi jalan yang berair atau mungkin pada kondisi yang sedang kebanjiran. Mustahil kalau knalpot motor tidak kemasukan air, ketika melintasi jalan yang sedang kebanjiran. Karena ini sudah sering terjadi oleh semua pengendara motor yang sedang melakukan perjalanan dalam kondisi yang kebanjiran.

3. Hati-hati Saat Mencuci Motor

Memang pencucian motor sangat perlu diperhatikan dan pastinya semua orang ingin melihat motornya terlihat bersih dan kinclong. Apalagi anda yang sedang membersihkan motor tepat dibagian-bagian knalpot atau sekitaran knalpot. Namun ketika kita tidak berhati-hati saat melakukan pembersihan dibagian atau sekitar knalpot, secara tidak sengaja knalpot akan terkena air dari proses penyiraman yang anda lakukan pada sekitaran knalpot. Dengan demikian knalpot pada motor kita akan kemasukan air.

4. Memakai Knalpot yang Tinggi

Nah salah satu cara agar motor kita tidak kemasukan air pada knalpot adalah dengan cara memilih knalpot yang tinggi. Dengan cara memilih knalpot yang tinggi, pasti knalpot yang ada pada motor kita tidak akan kena air walaupun kondisi dalam kehujanan. Memang pada umumnya berbagai komponen knalpot motor memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda. Tapi jika kemasukan air pada knalpot komponen ini, sama-sama akan mengalami kerusakan atau melemah.

Setelah anda sudah mengetahui tentang cara mengatasi agar knalpot tidak kemasukan air, kita akan membahas cara mengatasi agar tidak terjadi kerusakan pada motor kita yang disebabkan oleh knalpot motor terjadi kemasukan air. Karena kemasukan air pada knalpot motor, ini sangat berpengaruh pada komponen-komponen lainnya. Sehingga dapat mengakibatkan motor kita seringkali cepat mengalami kerusakan, baik kerusakan yang kecil maupun kerusakan pada komponen motor yang besar. Agar tidak terjadi hal yang seperti ini anda perlu mengatasinya dengan cara mengatasi knalpot agar tidak kemasukan air, sehingga tidak berdampak kerusakan pada komponen lainnya. Dibawah ini merupakan cara mengatasinya.

  • Cepat Mengeluarkan Air yang Ada di Knalpot

Nah ketika kita tidak mengeluarkan air secepatnya pada knalpot motor, ini ada kemungkinan kalau komponen mesin motor akan mengalami kerusakan. Sehingga motor kita tidak bisa berjalan dengan nyaman. Maka dari itu ketika air telah masuk kedalam knalpot langsung cepat mengeluarkan air yang telah masuk. Jangan anda menundakan waktunya, karena kalau ini terjadi dan anda membiarkan knalpot terendam air, ini akan membuat komponen lainnya mengalami kerusakan.

  • Lakukan Starter Kaki

Ketika anda telah melakukan cara diatas dan air tidak keluar, anda harus mengikuti langkah ini dimana kita harus melakukan starter dengan cara menggunakan starter non elektrik. Ini juga sangat efektif untuk mengeluarkan air yang ada didalam knalpot, usahakan lakukan dengan cara cepat kalau motor sudah kemasukan air pada knalpot. Sehingga ini tidak akan mengalami kerusakan pada bahan bakar, anda juga bisa melakukan cara ini ketika air akan masuk pada bahan bakar.

Nah memang perawatan yang kita lakukan pada motor wajib untuk dilakukan. Mungkin anda bertanya kenapa kita harus melakukan perawatan khusus selain mencuci motor. Ini dikarenakan perawatan secara khusus atau mungkin juga perawatan pada knalpot harus diperhatikan atau wajib untuk dilakukan. Sehingga ini akan menjaga keselamatan kita pada saat mengendarai motor. Sampai disini dulu pembahasan kita kali ini yang mengenai knalpot motor kemasukan air dan cara-cara untuk mengatasinya, semoga anda bisa mendapatkan manfaatnya melalui pembahasan kita kali ini.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Sparepart

Leave a Reply