Sponsors Link

Fungsi Pulser Pada Motor – Cara Kerja dan Jenis nya

Sponsors Link

Mempunyai kendaraan adalah suatu keharusan di jaman sekarang , minimal setiap orang sudah memiliki kendaraan bermotor meski itu masih kredit atau cicil dengan jenis motor matic ataupun bebek.  Akan tetapi pengetahuan akan sparepart motor seperti mengetahui fungsi pulser pada motor ,Cara Merawat Motor Injeksi dan motor non injeksi  dengan baik masih minim di setiap pemilik kendaraan bermotor .  Salah satu part yang masih minim di ketahui pemilik motor adalah yang akan kita bahas kali ini , yaitu pulser motor. Para rider yang sudah mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic dan Bebek akan lebih memilih motor matic , karena motor ini memiliki kelebihna kemudahan dalamberkendara

ads

Fungsi Pulser Pada Motor

Pulser motor adalah sebuah perangkat penting yang ada di mesin kendaraan bermotor  berbahan bakar bensin yang berfungsi sebagai penentu waktu kepada CDI (Capasitor Discharge Ignition) maupun TCI (Transistor Control Ignition) untuk memantikan listrik yang akan di teruskan ke proses pengapian oleh busi. Atau dalam bahasa mudahnya yaitu untuk membaca atau mendeteksi posisi piston motor berdasarkan posisi Pick Up pada magnet yang selanjutnya akan dikirim ke CDI  maupun TCI ( dan digunakan untuk menentukan Timing pengapian.

Bentuk pulser itu sendiri berupa besi  yang memiliki magnit kemudian di lilit kawat tembaga halus.bila ada benda seperti besi di dekatkan atau di tempelkan pada ujung pulser itu sendiri kemudian ditarik secara berulang-ulang maka ujung-ujung dari pulser tersebut mengalir listrik. Aliran listriknya itu sendiri dapat kita lihat menggunakan alat seperti  avo meter dengan jarum penunjuk pemakaianya mengarah pada ohm meter skala  x10 atau x100.

Dengan cara begitu maka jarum penunjuknya akan menunjukkan nilai dari lilitan pulser itu sendiri. kemudian kita coba tempelkan besi pada ujung pulser beberapa kali maka akan terlihat jarum ohm meter akan bergetar yang menunjukan tanda adanya aliran listrik yang mengalir dari pulser.

Pulser di motor itu sendiri di dalam pemasanganya ada beberapa jenis seperti bawaan pabrik atau stelan yang memang di rubah oleh si pemilik . tapi , terkadang seringkali  ada pulser yang satu ujungnya di keluarkan menuju cdi kemudian yang satunya lagi langsung ke bodi mesin dan ada juga yang langsung keluar dua ujung dan masuk ke cdi juga . Disamping itu ada cdi yang hanya bisa bekerja apabila di beri ujung pulser salah satu dari pulser  tersebut atau biasanya lebih gampang kalau kedua ujung pulser tersebut keluar listrik negativ dan positif maka kita cari dari ujung tersebut untuk cdi kita.

Jenis Pulser

Banyak orang yang belum tau bahwa ada 2 jenis pulser di dalam mesin motor meskipun fungsi pulser pada motor sama saja akan tetapi  beberapa pabrik otomotif bawaan seperti yamaha, honda , suzuki atau kawasaki memilih jenis jenis pulser tertentu. Bukan karena bagus atau murah , penentuan pulser pada espeda motor berpengaruh pada daya tenaga dan juga effisiensi bahan bakar motor itu sendiri.

  • Pulser Positif

Adalah pulser yang apabila ujung paling depan dari tonjolan magnet melewati Pulser, maka Pulser itu sendiri akan menghasilkan Pulsa Positif.  Dan sebaliknya apabila ujung paling belakang tonjolan magnet melewati pulser maka pulser akan menghasilkan pulsa negatif. pulsa postif B digunakan untuk Advance timing saat RPM menengan ke Atas dan Pulsa Negatif A digunakan saat Idle atau RPM menengah ke bawah.

Sponsors Link

Beberapa contoh yang menggunakan pulser positif 2 kabel yaitu : yamaha Mio ,  Yamaha jupiter Z ,yamaha Jupiter MX ,yamaha Scorpio dll . Sedangkan contoh motor yang menggunakan pulser positif dengan 1 kabel yaitu : Honda Blade , Honda Beat , Honda Karisma , Honda Supra x 125 dll.

  • Pulser Negatif

Adalah pulser dari kebalikan pulser postif  yang apabila Ujung paling depan dari tonjolan magnet melewati Pulser maka Pulser akan Menghasilkan Pulsa Negatif, dan apabila Ujung paling belakang dari tonjolan magnet melewati Pulser maka Pulser akan menghasilkan Pulsa Positif.

ads

Beberapa contoh yang menggunakan pulser negatif 2 kabel yaitu : Suzuki old Satria FU , Yamaha Bison dll . Sedangkan contoh motor yang menggunakan pulser negatif dengan 1 kabel yaitu : New Satria FU , Suzuki Smash titan , Suzuki spin , Honda cbr dll.

Cara Cek Pulser Motor

Meski kita mengetahui penyebab Motor Kurang Tenaga akan tetapi, hampir semua sparepart pada motor ada masa ausnya atau lebih ringannya ada masa expirenya jadi tiap part yang menempel pada motor akan mati atau rusak pada waktunya baik karena pemakaian ataupun masalah teknis lainnya . kerusakan atau ke ausan itu sendiri tidak terkecuali pada pulser motor kita  , fungsi pulser pada motor sangat lah wajib kita cek apakah masih layak atau mesti kita ganti dengan part yang baru. Berikut Cara cek pulser motor kita.

Sebelum cek pulser alangkah baiknya perlu kita ketahui bahwa lilitan kawat tembaga yang berada didalam pulser adalah kawat tembaga yang berbentuk kecil dan sangat halus. Dalam mekanismenya Jika kita tempelkan pada ujung komponen pulser secara beberapa kali nantinya otomatis diujung lilitan pulser akan mengalirkan arus listrik namun sangat kecil. Jika anda menggunakan volt meter dan lihat pada volt meter jarum bergerak pada skala 0,5 sampe dengan 1 volt.

selanjutnya anda coba hubungkan dengan besi pada pulser berulang-ulang,  nantinya apabila jarum avo meter bergerak-gerak berarti terdapat arus listrik didalam  pulser dan menandakan bahwa pulser motor kita dalam kondisi baik. Namun apa bila sebaliknya tidak ada pergerakan sama sekali atau pergerakan nya berbeda maka pulser bisa di katakan rusak. sebetulnya jika kita tidak mempunyai alat seperti avo meter bisa dengan cara mencopot kumparan pada pulser motor dan mencoba pulser dari motor lain . Jika bisa nyala atau tidak ada masalah lagi sudah di pastikan pulser motor kita bermasalah.

Ciri-Ciri Pulser Lemah Atau Rusak

Cara cek di atas merupakan cara cek bila kita memahami mesin dan juga terbiasa bongkar part mesin motor kita sendiri , tapi bagaimana bagi orang awam akan otomotif ingin mengetahui pulser kita lemah atau rusak ? tentunya kita terlalu was was jika harus membongkar mesin motor untuk mengetes dengan alat tes seperti avo meter. Tidak usah khawatir , biasanya motor akan mengeluaran gejala gejala apabila ada part di dalam mesin yang bermasalah. setidaknya ada beberapa ciri bahwa pulser kita rusak atau lemah.

Sponsors Link

Ciri pulser sudah lemah , rusak atau tidak berjalannya fungsi pulser pada motor terdapat pada sepeda motor yang mempunyai gejala atau problem hampir sama dengan apabila part CDI kita rusak. Contoh pulser yang mengalami lemah atau rusak sedang  biasanya mesin sepeda motor masih bisa kita hidupkan dan di ajak jalan jalan ,  namun pada beberapa saat jalan sepeda motor tersendat-sendat seperti kehabisan bensin.

Biasanya problem tersebut pada umumnya terjadi ketika kondisi motor pelan atau pada saat melaju kencang. Namun berbeda jika kasusnya lilitan yang berada didalam pulser motor itu sendiri putus maka sepeda motor tidak bisa hidup sama sekali, hal ini disebabkan dikarnakan fungsi pulser pada motor tidak maksimal dan tidak menyalurkan tegangan ke unit CDI.

Perlu di ketahui juga pulser sendiri merupakan part yang sangat vital di mesin motor , meskipun kita memiliki merk Motor Bebek Terbaik dan Tercepat akan tetapi apabila tanpa ada pulser ataupun rusaknya fungsi pulser pada motor kita bagaikan tanpa mesin yaitu tidak bisa jalan. Alangkah baiknya memeriksaka motor secara rutin setidaknya 2 bulan sekali demi menjaga kebugaran mesin motor kita sendiri atau setidaknya kita tahu  Cara Merawat Motor Matic  ataupun motor bebek. Karena jika kita sedang enak enak jalan tapi kumparan pada pulser putus , akan membuat kita repot harus mendorong motor karena motor tidak bisa hidup.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Sparepart

Leave a Reply