Sponsors Link

Fungsi oli samping motor 2 tak yang Jarang Diketahui

Sponsors Link

Oli samping adalah sebuah cairan pelumas yang diberikan dengan cara memasukannya kedalam tanki bahan bakar bersamaan dengan bensin yang di mana Fungsi Oli Samping Pada Engine 2 Tak yaitu untuk membantu kinerja pembakaran di ruang bakar dan juga sebagai pelumas atau pelindung bagi bagian-bagian dalam mesin motor.

Tahun ini kebanyak orang malah memilih motor matic di bandingkan motor manual yang di mana Cara Merawat Motor Injeksi bisa di katakan cukup mudah . Meski motor 2 tak sudah dilarang pada 2 tahun terakhir terutama indonesia yang membuat  stok oli samping mengalami trend yang menurun dari tahun ke tahun , bukan karena kualitas si oli samping yang menurun.

Akan tetapi keberadaan motor 2 tak yang pernah booming di tahun 90an sampai 2000an ini sudah tidak di produksi lagi. Selain tidak di produksinya motor 2 tak , standart emisi jalan raya indonesia yang menerapkan euro 3 yang membuat si motor yang terkenal dengan asap putihnya ini di larang di jalanan indonesia.

Akan tetapi dengan regulasi itupun tidak membuat motor 2 tak redup. Beberapa rider ataupu kolektor motor-motor 2 tak masih terbilang banyak memburu motor bertipe 2 langkah ini. Jadi stok di bengkel-bengkel pun masih ada demi menyediakan para pecinta motor 2 tak di indonesia.

Cara kerja oli samping

Fungsi oli samping motor 2 tak ini merupakan salah satu bahan yang penting  karena oli samping memiliki cara kerja yang berbeda yaitu oli ini melumasi hanya beberapa bagian mesin seperti cylinder, piston, bearing pin piston, crankshaft dan bearing crank pin. Oli samping akan masuk bersama dengan bahan bakar  ke dalam ruang engkol dan cylinder. Setelah oli samping  melumasi beberapa bagian mesin yang di lewatinya , oli samping kemudian akan bercampur di ruang bakar untuk ikut di bakar dan kemudian di buang melalui lubang buang.

Sebelum diketemukannya pompa oli, oli mesin ini dicampur langsung dengan bensin dalam tangki bensin dengan perbandingan tertentu, pada saat itu orang mencampur 15-25 liter bensin dengan 1 liter oli mesin jadi perbandingan ini akan selalu tetap untuk segala tingkat putaran mesin meskipun dari jaman dahulu Fungsi oli samping motor 2 tak tetap sama.

Fungsi oli samping

Seperti yag sudah di bahas di atas , oli samping memiliki peranan yang vital pada sebuah sepeda motor 2 tak yang memerlukan oli samping.  peranan vital itupun tidak hanya sekedar ucapan saja  , karena pada sepeda motor 2 tak yang memakai oli samping akan membuat motor tetap dalam keadaan prima.

Berikut adalah beberapa fungsi oli samping :

1. Sebagai Pelumas

Fungsi oli samping motor 2 tak yang pertama ini adalah sebagai pelumas , tidak untuk pelumas semua mesin akan tetapi sebagai pelumas part-part motor yang di laluinya seperti contoh adalah  bagian head dan cylinder. Sebelum masuk ke ruang bakar dan dibakar bercampur dengan bahan bakar . Oli samping di fungsikan terlebih dahulu untuk melumasi cylinder dan head motor agar motor tetap awet terhadap gesekan sehingga motor kita akan terasa halus pada putaran bawahnya.

Meski memiliki fungsi sebagai pelumas , oli samping tidak bisa melumasi semua bagian mesin diluar dari jalur yang dilalui oleh bahan bakar, Jadi untuk transmisi dan mesin akan ada oli khusus untuk  mesin ini.

2.Sebagai Penambah performa motor

Fungsi oli samping motor 2 tak yang ke ini merupakan fungsi yang bisa di bilang adalah kelebihan dari motor 2 tak. Jumlah banyaknya takaran oli samping dan pemakaian merk tertentu dari oli samping mempengaruhi akan hasil performa motor itu sendiri.

Jadi bisa di bilang oli samping bisa di gunakan sebagai media tuning motor 2 tak yang sangat bagus karena dari takarannya saja kita bisa menghasilkan performa motor terbaik dan mungkin bisa di kategorikan Motor Bebek Terbaik dan Tercepat apabila sebuah motor bebek memiliki mesin bertipe 2 tak. Tapi tidak hanya performa baik saja. Bagi rider yang baru memakai motor 2 tak dan belum terbiasa dalam setting oli samping akan membuat performa si motor kurang maximal.

3. Sebagai media perawatan dan juga  pencegah keausan

Fungsi oli samping motor 2 tak yang selanjutnya adalah fungsi perawatan , karena oli samping bersifat melindungi dan juga melumasi beberapa spare part yang ada di dalam motor . Salah satu contoh adalah cylinder dan juga head yang di jaga oleh oli samping dari gesekan yang berlebihan sehingga lebih awet dan juga yang pasti mencegah keausan yang membuat si mesin akan macet.

Dalam kasus ini juga perawatan mesin juga di barengei oleh perawatan service yang berkala tidak lantas karena oli bisa menjaga mesin lalu kita tidak merawat mesin dengan service secara berkala.

Cara pakai oli samping

Cara memakai oli samping ini sebetulnya mudah sekali , hampir semua orang yang awam pun bisa memakainya.  Akan tetapi kembali kepada pembahasan pertama yang sudah di bahas berulang-ulang yaitu soal takaran dan tipe mesin yang berbeda beda akan membuat performa yang berbeda beda dan satu lagi biasanya beberapa rider ataupun pabrikan motor 2 tak terbaru mereka memakai tanki oli samping sendiri yang membuat kita lebih praktis tak perlu repot mencampur oli samping kedalam  tanki. Tapi yang namanya teknologi ada plus ada minus  . tapi kali ini kita akan bahas terlebih dahui cara pemakaian oli samping , Caranya :

  • Siapkan oli samping
  • Isikan bensin ke dalam tanki bensin sesuai keinginan ( usahakan pas takaran seperti 1 liter , 2 liter ataupun kelipatannya )
  • Takar oli samping ( biasanya tutup oli samping bisa jadi takaran ) perbandingannya sebetulnya tiap motor punya takaran masing-masing  yang berbeda , akan tetapi jika mengambil rata-rata  tiap 2-3 liter bensin motor 2 tak cukup memasukan 1 tutup botol .
  • Biarkan oli bercampur dulu dalam bensin dan turun ke dalam mesin
  • Jika memungkinkan selah terlebih dahulu motor agar memancing oli dan bensin baru masuk
  • Motor siap untuk di pakai

Tips Mencampur Oli Samping

Tips mencampur oli samping ini bersifat sharing antara penulis yang mendapat dari beberapa referensi dan juga pengalaman yang sudah di alami. Tips ini juga bukan berarti acuan yang terbaik karena tiap motor memiliki takaran masing-masing seperti yamaha rx king akan berbeda takaran oli sampingnya dengan suzuki satria yang dimana biasanya lebih membutuhkan campuran sedikit lebih banyak .

Sebelum masuk ke dalam tips mencampur oli samping , tadi di atas kita bahas sedikit soal tanki oli samping. Tanki ini adalah teknologi pembantu untuk para owner sepeda motor 2 tak untuk membantu agar tidak usah ribet mencampur oli samping ke dalam tanki . Akan tetapi dengan hadirnya tanki oli samping terutama tanki oli yang bertutup alias tidak berlihat berapa jumlah oli samping di tanki  lebih banyak membuat rugi para rider , kenapa ? karena rata-rata orang lupa mengecek berapa banyak oli samping yang tersisa sehingga otomatis ketika kita mengisi bensin dan oli di tanki habis akan membuat mesin kekurangan oli yang dimana pada berita buruknya mesin kita macet dan mogok. Atau juga beberapa orang berpendapat bisa juga jadi salah Penyebab Motor Kurang Tenaga dan Cara Mengatasinya yaitu mencampur oli samping dengan takaran manual.

Jadi akan lebih baik ketika mencampur oli lakukan dengan cara manual yaitu memasukan ke dalam tanki dengan takaran tertentu. Dan apabila memang menginginkan memakai tanki oli samping usahaka pakai tanki transparant atau mudah dilihat volume oli yang ada di tanki agar kita mudah untuk cek oli. Ataupun pakai tanki yang tidak transparant usahakan cek oli samping setiap motor akan di isi atau di nyalakan di pagi hari. Beberapa cara di atas tidak akan mengurangi Fungsi oli samping motor 2 tak yang memang untuk membantu melumuri beberapa part mesin motor 2 tak kita.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa di implementasikan :

  1. Campurlah secara manual oli samping kedalam tanki
  2. Gunakan oli samping yang ada kodenya JASO FC.
  3. Gunakan perbandingan oli 1:60 yaitu 1 liter oli untuk 60 liter bensin atau 1 liter bensin menggunakan 16,6cc perbandingan ini meruapakan perbandingan rekomendasi standart pabrikan motor 2 tak yang bisa juga jadi salah satu Tips Membuat Motor Kencang Dengan Biaya Murah Super Ampuh

Kesimpulan nya adalah motor 2 tak adalah motor yang mudah dan murah dalam perawatannya , yaitu cukup menjaga asupan oli samping kedalam motor dan juga lakukanlah service berkala setidaknya 2 bulan sekali untuk mengecek performa motor kita masih bagus atau tidak .

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Sparepart

Leave a Reply