Sponsors Link

6 Cara Membuat Knalpot F1ZR Suara Ninja Dengan Mudah

Sponsors Link

Perkembangan sepeda motor yang sangat pesat terkait teknologi dan fiturnya merupakan salah satu bentuk respon dari tingginya minat masyarakat terhadap sepeda motor. Kondisi perkembangan yang pesat tersebut memunculkan banyak sepeda motor yang paling diminati di mayarakat dengan kelebihannya masing masing. Meskipun ada perkembangan teknologi yang tinggi pada sepeda motor, beberapa motor lawas yang cukup legendaris sampai sekarang masih diminati meskipun sudah tidak lagi diproduksi barunya oleh parbikan pabrikan besar otomotif di Indonesia.

Salah satu motor legendaris yang sampai saat ini masih diminati beberapa orang karena kondisinya adalah Yamaha FIZ R. Motor Yamaha FIZ R merupakan jenis motor dua tak berbentuk bebek yang sangat legendari sebagai salah satu motor kencang di jamannya. Kelebihan performa dari motor tersebutlah yang menjadikannya salah satu pilihan sepeda motor untuk mereka yang membutuhkan kecepatan dan kebanyakan FIZ R dimodifikasi untuk itu. Motor Yamaha FIZ R bahkan menjadi pilihan motor untuk balapan baik drag maupun lintasan dan termasuk dalam daftar  motor klasik di Indonesia yang sudah tidak diproduksi.

Selain melakukan proses modifikasi pada bagian mesin motor, knalpot juga ikut dimodifikasi untuk mendapatkan suara yang lebih garang mendukung performa mesin yang sudah lebih baik. Knalpot menjadi bagian pembuangan gas sisa pembakaran di dalam mesin yang kerap dimodifikasi untuk menghasilkan suara tertentu. Fungsi knalpot pada kendaraan bermotor sangat lah penting. Suara motor ninja menjadi jenis suara yang ingin dimunculkan pada knalpot motor Yamaha FIZ R. Berikut beberapa penjelasan mengenai cara membuat knalpot FIZ R suara ninja dalam ulasan di bawah ini.

  1. Bersihkan bagian dalam knalpot

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk membuat knalpot FIZ R suara ninja adalah dengan membersihkan bagian dalam dari knalpot tersebut dan komponen knalpot motor lainnya. Kotoran dan oli yang terdapat di dalam knalpot dapat menyebabkan suara motor FIZ R menjadi tidak garing dan tidak seperti suara motor ninja. Masalah kotornya bagian dalam dari knalpot motor FIZ R tersebut dapat terjadi secara normal akibat pemakaian dari sepeda motor. Untuk dapat secara efektif membersihkan bagian dalam dari knalpot tersebut maka gunakannya sikat kawat.

  1. Keluarkan oli yang menumpuk di bagian dalam knalpot

Bentuk unik dari knalpot sepeda motor Yamaha FIZ R memang menjadi daya tarik bagi sebagian orang yang memiliki minat pada motor tersebut. Bentuk dari knalpot sepeda motor Yamaha Fiz R tersebut dapat menjadikannya memiliki suara seperti motor ninja. Namun ada juga resiko yang menjadikan suara dari knalpot motor tersebut yang dapat menimbulkan masalah. Resiko penumpukan oli pada knalpot motor Yamah Fiz R dapat terjadi karena bentuknya yang ada bagian seperti perut ikan. Cara membuat knalpot F1Z R suara ninja kembali adalah dengan mengeluarkan bagian oli yang menumpuk di dalam knalpot tersebut hingga benar benar bersih.

  1. Masukan carbon cleaner atau bensin ke dalam knalpot

Selain dengan membongkar dan mengeluarkan oli secara langsung yang menumpuk di bagian dalam knalpot, cara selanjutnya yang juga dapat membantu membersihkan penumpukan oli sebagai penyebab suara motor Yamaha F1Z R tidak lain bersuara seperti ninja adalah dengan memasukan carbon cleaner ke dalam knalpot lalu mengeluarkannya kembali bersama dengan oli yang menumpuk. Selain carbon cleaner, bahan yang lebih murah dan lebih mudah di dapat untuk membersihkan oli adalah bensin.

  1. Ganti bahan knalpot yang digunakan

Langkah selanjutnya yang dapat diambil dalam upaya dan cara membuat knalpot F 1Z R suara Ninja adalah dengan mengganti bahan dari knalpot tersebut. Bahan yang berbeda dapat memberikan hasil suara yang berbeda pada knalpot. Ada dua bahan knalpot yang biasa digunakan pada motor Yamaha F1R Z diantaranya bahan stainless steel dan bahan galvanis. Bahan stainless stel akan menjadikan suara dari knalpot lebih kering dan garing, sementara bahan knalpot galvanis akan menjadikan suara dari knalpot agak tebal dan sedikit ngebas.

  1. Setting ukuran dari knalpot

Langkah ekstrim yang biasanya dilakukan untuk merubah suara motor yamah F1Z R standar menjadi mirip dengan suara motor ninja adalah dengan melakukan setting ukuran dari knalpot tersebut. Dalam pengaturan setting ukuran pipa penghubung antara knalpot dan saluran pembuangan mesin maka langkah yang dilakukan adalah menambah dan menguranginya secara manual karena tidak ada patokan yang jelas. Agar langkahnya tepat maka konsultasikan terlebih dahulu proses ini dengan montir yang lebih berpengalaman.

  1. Ganti knalpot motor

Jika cara cara yang dilakukan diatas tidak menyebabkan perubahan yang singnifikan untuk menjadikan motor yamaha F1Z R suara knalpotnya menjadi suara ninja maka ganti knalpot tersebut dengan yang baru. Penggantian dengan knalpot yang sudah terseting bersuara ninja dapat dilakukan dengan mudah namun tentunya membutuhkan biaya yang bisa dibilang cuku mahal karena harus membeli knalpot baru. Meskipun dapat membantu terkadang langkah ini tidak memberika hasil ketika dalam membeli knalpot baru tidak disertai dengan pengetahuan jenis knalpot motor Yamaha F1Z R yang benar bersuara ninja. Dalam pergantian knalpot perhatikan beberapa alasan knalpot motor nembak setelah ganti baru.

Itulah beberapa proses dan langkah yang perlu dilakukan dalam cara membuat knalpot F1Z R suara ninja. Langkah langkah diatas dapat diambil bagi mereka yang menginginkan motor Yamaha F1Z Rnya bersuara ninja atau bagi yang sudah memilikinya namun tiba tiba suara knalpot berubah dan tidak lagi seperti suara knalpot pada motor ninja. Untuk merubah suara knalpot pada sepeda motor maka sebaiknya lakukan dengan orang yang memang lebih berpengalaman dengan perubahan suara knalpot tersebut. Tanpa pengetahuan mekanik maka motor malah dapat menjadi rusak.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Sparepart

Leave a Reply