Categories
Sparepart

Penyebab dan Bahaya Velg Motor Peyang

Setiap motor terdapat jenis-jenis velg motor yang dapat digunakan pada motor anda. Dari setiap velg sepeda motor anda juga dapat mengkombinasikan dengan gaya dari penampilan motor anda. Tapi perlu diingatkan ketika anda mengganti-ganti velg motor, kemungkinan besar ini akan membuat motor anda lebih terlihat jelek atau mungkin pada saat anda salah memasang velg ini juga akan terjadi kerusakan pada motor anda. Nah apalagi anda menggunakan motor matic, dimana ada berbagai komponen motor matic yang paling mudah rusak.

Velg motor merupakan komponen yang paling penting, tak hanya di kendaraan roda dua saja bahkan pada setiap kendaraan velg menjadi komponen yang terpenting. Dikarenakan kalau kendaraan tersebut tidak ada velg, bagaimana kendaraan anda bisa berjalan apalagi pada kendaraan beroda dua. Nah jika terjadi kerusakan pada velg atau mungkin berkarat pada velg motor anda, maka anda juga harus cari tahu cara menghilangkan karat pada vleg motor. Ketika anda sudah mengetahui cara dan melakukannya, maka velg pada motor anda akan terlihat kinclong dan sedap dilihat.

Velg motor harus kita rawat sebaik mungkin, usahakan velg pada motor tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan oleh kita semua. Pada saat anda salah merawat velg motor anda maka ini akan membuat velg motor anda cepat jebol. Sebenarnya ada berbagai kebiasaan buruk yang bikin velg motor cepat jebol dan wajib diketahui oleh anda sehingga terhindar dari velg motor yang cepat jebol. Seperti judul yang diatas dimana kami akan membahas tentang “bahaya velg motor peyang”. Mungkin anda bertanya-tanya apakah bahaya velg motor peyang? Dibawah ini merupakan sumber dari jawaban tersebut.

Penyebab Velg Motor Peyang

velg motor peyang

Pada umumnya kerusakan pada velg motor biasa terjadi ketika anda menggunakan velg yang berjenis cast wheel (CW), namun banyak pengguna motor menggunakan velg jenis cast wheel. Ini dikarenkan velg cast wheel akan membuat penampilan pada motor lebih kece. Walaupun demikian velg yang berjenis bisa dibilang cukup mudah rusak ketika dibandingkan dengan jenis velg lainnya.

Kerusakan yang sering terjadi pada velg yang satu ini biasanya adalah velg peyang dan penyok hingga terjadi keretakan dan patah. Penyebab dari kerusakan seperti ini karena membawa motor dengan kecepatan tinggi pada saat melintasi jalan yang berlubang. Bahkan velg cast wheel ini juga bisa rusak ketika melintasi jalan keriting, walaupun ini tidak seperti ketika melintasi jalan yang berlubang dan langsung ketahuan, tapi efeknya tetap saja sama.

Kini banyak pengguna motor tidak sadar kalau velg motornya sudah peyang atau mungkin kerusakan lainnya pada saat melewati jalan yang sedang bermasalah seperti diatas. Ketika sudah terjadi seperti ini kami sarankan anda harus menggantikan velg motor dengan yang baru atau kalau bisa diperbaiki, langsung saja diperbaiki terlebih dahulu.

Maka dari itu cara sederhana merawat motor harus diperhatikan oleh anda sehingga tidak terjadi hal-hal yang membuat motor tersebut tidak bisa betahan lama. Perlu diingatkan kalau velg motor yang seperti ini sangat berbahaya bagi keselamatan kita ketika mengendarai motor dengan kondisi velg yang sudah peyang.

Meman pada umumnya hal yang seperti ini dianggap oleh pengguna motor hanya sepele sehingga mereka tidak memperbaiki atau menggantikan dan membiarkan saja kalau velg motor peyang. Hal ini anda harus hindari sehingga anda tidak akan mengalami kecelakaan ketika mengendarai motor. Usahakan anda harus cepat memperbaiki atau menggantikan velg yang baru apabila velg motor anda sudah peyang. Walaupun hanya sepele tapi resiko terhadap kecelakaan sangat besar bagi kita semua.

Bahaya Velg Motor Peyang

Dilihat dari pembahasan yangg ada diatas ketika anda menggunakan motor dengan velg yang peyang ini sudah tidak ragu lagi kalau keselamatan anda sedang danger atau berbahaya. Mungkin anda bertanya, “apakah bahaya velg motor sudah peyang”? Kembali kepembahasan yang ada diatas dimana seringkali terjadi velg cast wheel (biasanya velg yang berjenis seperti dipakai oleh motor balap) kalau sudah peyang ini akan membuat handling motor menjadi buruk.

Memang penyebabnya yang sering terjadi seperti sudah saya jelaskan diatas kalau velg peyang bisa terjadi karena melewati jalan yang berlubang dengan kecepatan tinggi. Dari kerusakan yang seperti ini banyak pengguna motor merekomendasikan kalau kita harus memperbaikinya dengan cara menggunakan jasa dari press velg motor yang sudah peyang dikembalikan hingga menjadi seperti yang semula. Nah apakah dengan cara memperbaiki demikian tidak membuat bahaya? Memang ini ada resikonya.

Terus apa resikonya? Resiko serta bahayanya ketika anda sedang menggunakan velg yang akan diperbaiki hingga menjadi semula dengan bantuan dari mesin press, ini akan menimbulkan tingkat kekuatan dari mikrostruktur dengan bahan velg motor tadi akan melemah. Hal ini berkaitan dengan benturan yang sangat kuat pada velg hingga peyang, maka ketika dilakukan dengan pengepressan akan mendapatkan tekanan yang berlebihan sehingga molekul pada bahan velg tersebut menjadi lemah.

Kinerja yang dimanfaatkan oleh alat press adalah tidak ada penambahan komponen yang baru, maka ini akan membuat tingkat kekuatannya menjadi melemah. Nah maka dari itu hasil pada saat proses pengepressan tidak akan memulihkan velg motor tersebut menjadi semula, apalagi dilihat dari sisi kekuatannya. Penjelasan yang dimaksud, velg yang sudah peyang akan mengalami tekanan diluar batas dari toleransi, begitupun dengan memperbaikinya atau melakukan pengepressan velgpun akan mengalami sebuah tekanan yang bisa dibilang sama pada kedua kalinya.

Maksudnya disini velg motor akan ringkih ketika mengalami benturan yang sangat kuat pada velg motor anda dan membuat bahaya bagi para pengendara motor. Kenapa bisa terjadi? Hal ini disebabkan karena adanya bahan dasar dengan pembuatan velg yang menggunakan press ulang pada velg motor peyang. Nah dengan begitu ini sangat berbahaya bagi anda yang sedang mengendarai motor dengan velg motor yang sudah peyang dan diperbaiki dengan cara pengepressan.

Bahkan selain itu proses press membuat kerataan velg tidak sesuai atau tidak bagus, ini biasanya anda bisa merasakan pada saat mengendarai motor tersebut. Mungkin anda bisa rasakan ketika handling tidak terasa nyaman ketika mengendarainya dengan kondisi jalanan yang sudah rata atau jalan baik serta bagus dilintasinya.

Itulah yang bisa kami sampaikan kepada anda semua, dengan adanya pembahasan yang seperti anda bisa mendapatkan pencerahan bagi anda yang sedang menyepelekan kondisi velg yang sudah peyang. Perlu diingatkan velg motor yang sudah peyang itu sangat berbahaya bagi keselamatan ketika mengendarai motor tersebut.

Leave a Reply