Categories
Sparepart

8 Penyebab Permukaan Ban Motor Bergelombang

penyebab ban motor bergelombang

Ban motor adalah salah satu terpenting untuk kendaraan bermotor dan memiliki tugas yang berat. Karena tugas ban motor itu berat kita harus melakukan perawatan pada ban motor tersebut. Dikarenakan ban motor yang mengalami masalah maka ini akan membuat perjalanan kita menjadi tidak nyaman lagi. Selain itu, motor yang bermasalah kemungkinan besar ini akan membuat keselamatan kita berbahaya.

Berbicara masalah pada ban motor, maka kesempatan kali ini kita akan membahas penyebab dari ban motor yang bergelombang, dimana ban yang bergelombang membuat kita merasa tidak nyaman pada saat dalam perjalanan. Nah bagi anda yang sedang mencari tahu penyebab permukaan ban motor bergelombang, anda bisa menyimak ulasannya yang sudah kami uraikan dibawah ini.

1. Tekanan Angin Tidak Sesuai

Salah satu penyebab ban motor anda bergelombang adalah tekanan angin pada ban motor tidak sesuai. Tekanan angin yang tidak sesuai akan menjadi salah satu penyebab ban motor benjol samping, masih ada banyak lagi kerusakan-kerusakan pada ban motor. Tekanan angin yang berlebihan akan membuat motor anda menjadi bergelombang begitu juga dengan kekurangan tekanan angin pada ban motor dapat membuat ban anda bergelombang. Maka dari itu anda harus mengisi angin pada ban motor yang sesuai. Anda juga dapat mengisi dengan nitrogen pada ban motor, ada beberapa kelebihan ban diisi nitrogen yang harus dan wajib diketahui oleh anda.

2. Velg Tidak Sesuai

Ada berbagai jenis-jenis velg motor yang bisa digunakan oleh motor anda. Tapi perlu diperhatikan kalau memakai velg yang tidak sesuai dengan ban motor anda, maka ini akan menjadi salah satu penyebab dari ban yang bergelombang. Selain itu velg yang tidak sesuai ini juga akan menjadi salah satu bagian dari penyebab ban motor habis sebelah. Mungkin penyebab lainnya seperti velg sudah tak balance, velg tak balance bisa terjadi karena menggunakan velg spoke atau velg jari-jari.

Maka dari itu sebagai pengguna motor yang baik kita harus dan wajib untuk memilih velg berdasarkan kondisi ukuran pada ban motornya. Jangan anda memilih velg yang membuat ban motor anda bergelombang. Apabila sudah begini sebaiknya anda harus mengganti velg motor tersebut.

3. Ban Dalam Yang Tidak Sesuai

Selain velg yang tidak sesuai, ban dalam yang tidak sesuai salah satu penyebab dari ban motor yang bergelombang. Ini dikarenakan terjadi pada saat ban dalam motor yang sudah ditentukan oleh anda, terkadang kebesaran dan juga terlalu kekecilan.

Dengan begitu kita juga harus benar-benar memilih ban dalam motor yang sesuai dengan ban yang digunakan pada motor anda. Perlu diperhatikan kalau jenis apapun ban motor anda dan ban dalam tidak sesuai dengan ban luar, maka anda harus menggantinya dengan ban yang sesuai.

5. Leher Roda Bermasalah

Untuk penyebab yang berikutnya karena terjadinya leher roda yang bermasalah. Leher roda yang sudah rusak atau mungkin sudah bergoyang dengan demikian ini akan membuat ban menjadi botak sehingga mengakibatkan ban motor yang bergelombang. Leher roda yang bermasalah sangat berbahaya bagi keselamatan kita, untuk itu ketika leher roda motor anda bermasalah. Maka kami sarankan jangan memakai motor terlebih dahulu, alangkah baiknya langsung dibawah ke bengkel maupun dealer terdekat atau sebelum membawa ke bengkel/dealer sebaiknya anda cek terlebih dahulu pada roda yang bermasalah, bisa saja anda memperbaiki dengan cara sendiri.

6. Cara Duduk Tidak Sempurna

Penyebab dari ban motor anda bergelombang terjadi karena cara duduk anda tidak sempurna, seperti anda duduk miring ke kiri atau ke kanan sehingga ban motor anda bergelombang. Duduk yang tak memusat atau cara duduk tidak seimbang akan membuat ban motor anda botak sebelah atau habis sebelah. Hal ini juga terjadi karena pemboncengnya sering kali cara duduknya selalu ke kiri atau mungkin terlalu ke kanan.

Memang pada umumnya penyebab yang satu ini selalu disepelekan, namun ada pepatah mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati. Mungkin ada yang bertanya “kok saya memuat penumpang dan penumpang saya duduknya seringkali ke kiri atau ke kanan, kenapa tidak terjadi demikian?”. Namun seiring berjalannya waktu tetap saja penyebab yang satu ini ada kemungkinan akan terjadi ban motor bergelombang.

7. Cara Pengereman Tidak Stabil

Cara pengereman dengan kondisi apapun yang baik dan benar harus diperhatikan misalnya jarak pengereman yang aman bagi para pengguna motor. Jika anda salah menggunakan cara pengereman tentu saja ini akan menyebabkan atau menimbulkan ketidak aman bagi keselamatan kita, bisa saja terjadi kecelakaan terbesar atau mungkin kecelakaan yang terkecil.

Lalu apa hubungannya dengan ban motor yang bergelombang? Pada penyebab ini berkesinambungan dengan poin yang pertama dimana tekanan angin yang tidak sesuai. Apabila angin pada ban motor berlebihan atau kekurangan dan anda melakukan pengereman secara tiba-tiba, maka ini akan membuat ban motor menjadi bergelombang.

Hal ini terjadi dimana pengereman secara mendadak ban akan tergores dengan aspal sehingga ban motor menjadi bergelombang. Karena hal yang seperti ini anda harus melakukan pengerukan yang baik dan benar agar tidak membuat kecelakaan pada kita. Sebenarnya cara rem dadakan yang benar untuk antisipasi dari kecelakaan sangat mudah untuk dilakukan asalkan anda harus mengikuti cara-caranya dengan benar sehingga bisa bermanfaat bagi anda.

8. Melewati Jalan Yang Tidak Mulus dan Tidak Sesuai

Untuk penyebab permukaan ban motor bergelombang yang terakhir bisa saja terjadi ketika anda melewati jalan yang tidak mulus dan tidak sesuai, seperti jalan yang berlubang atau jalan yang berbatu dan berpasir. Jadi apa yang membuat ban kita bergelombang dengan hubungan dari penyebab yang satu ini. Pada penyebab yang satu ini sama seperti dengan penyebab yang ketujuh (cara pengereman yang tidak stabil). Dimana penyebab yang satu ini berhubungan dengan tekanan angin yang tidak sesuai.

Pada saat anda melewati jalanan yang tidak sesuai seperti jalan yang berlubang, berbatu dan berpasir ini kemungkinan besar ban motor anda akan bergelombang. Ini disebabkan karena tekanan angin motor yang berlebihan dan ketika anda melewati jalan tersebut sehingga ini menjadi salah satu penyebab dari ban motor yang bergelombang.

Itulah yang bisa kami sampaikan, semoga dengan pembahasan kali ini anda bisa mendapatkan pencerahan pada saat ban motor anda menjadi bergelombang. Ketika ban pada motor anda menjadi bergelombang, alangkah baiknya anda langsung menggantikan dengan ban yang baru. Ini untuk jaga-jaga agar tidak terjadi kerugian bagi keselamatan kita.

Categories
Sparepart

Macam-Macam Kerusakan Pada Ban Motor yang Perlu Diwaspadai

Dari setiap produk motor pasti memiliki jenis-jenis ban motor yang berbeda-beda. Mungkin anda sudah tidak asing lagi kalau ban kendaraan menjadi komponen yang paling penting, karena kalau kita tidak memiliki ban pada kendaraan roda dua anda maka motor tersebut tidak akan berjalan. Maksudnya tak hanya roda dua saja atau motor bahkan kendaraan yang lainnya, ban telah menjadi hal yang paling penting bagi kendaraan tersebut (apapun jenis kendaraan itu).

Setiap kendaraan baik itu motor maupun mobil tentu saja memiliki komponen yang paling penting untuk mendukung sebuah performa pada motor anda. Nah ketika anda sedang mengalami masalah pada ban motor yang dimiliki oleh anda maka ini akan membuat bahaya bagi keselamatan kita. Ban biasanya rusak karena salah memilih velg, maka dari itu anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis velg motor sehingga anda tidak akan salah memilihnya dan akan membuat ban motor anda tak lagi menjadi kerusakan.

Pada umumnya hal yang paling penting adalah ban dibandingkan dengan velg motor. Namun walaupun ban yang paling penting tetap saja velg juga menjadi hal yang paling penting pada setiap komponen motor. Nah maka dari itu anda harus merawat ban motor serta velg motor anda agar tidak terjadi kerusakan dan tidak akan mengalami kecelakaan. Cara merawat ban motor cukup mudah dilakukan, seperti anda sedang melakukan cara merawat motor matic.

Mungkin anda bertanya kenapa ban motor itu penting? Hal yang seperti ini anda harus perhatikan kalau ban motor itu berperan sangat penting bagi anda yang sedang melakukan perjalanan apalagi anda sedang melakukan perjalanan yang jauh. Terus kenapa ban motor itu kami katakan sangat penting, mungkin beberapa fungsi yang ada dibawah ini akan menjadi jawabannya ketika kami katakan kalau ban motor itu sangat penting;

  • Hal yang paling pertama fungsi dari ban motor itu sebagai penahan berat beban pada kendaraan roda dua anda.
  • Membuat anda merasa tenang ketika melewati jalan yang berlubang atau mungkin rusak.
  • Berfungsi sebagai penambahan tenaga pada komponen mesin motor.
  • Ban berfungsi untuk membantu seorang kemudi agar lebih mudah ketika mengontrol kendaraan motor tersebut.

Nah dari beberapa fungsi yang ada diatas ini akan mengingatkan bahwa ban motor itu sangat penting bagi motor anda. Walaupun berbagai jenis sepeda motor di seluruh dunia terdapat ban motor baik itu ban luar maupun dalam tetap saja ada kerusakan yang membuat kita merasa kesal ketika membawa motor. Sebenarnya ada berbagai macam kerusakan pada ban motor yang wajib diketahui oleh anda. Nah berikut dibawah ini merupakan kerusakan yang sering terjadi pada ban motor kita.

1. Ban Retak

Hal yang paling pertama dari berbagai macam jenis kerusakan ban motor adalah ban motor yang sudah retak. Sebenarnya ban yang sudah retak menandakan kalau ban motor anda sudah lama dan harus diganti. Nah bagi anda yang sudah membeli ban motor yang baru terus terjadi kerusakan bahwa ban motor anda retak, hal tersebut karena bukan hanya ban motor itu terlihat baru. Memang yang anda beli itu ban motor baru, tapi ban motor yang baru bisa retak ketika sudah lama disimpan oleh dealer sehingga anda menggunakan motor tersebut terdapat ban motor yang retak.

Membeli ban motor yang baru anda harus melihat pada angka produksinya dimana terdiri dari 4 angka, untuk awal 2 angkanya menandakan bahwa minggu produksinya dan untuk 2 angka terakhir merupakan tanda produksinya. Perlu diingatkan bagi anda semua bahwa anda jangan membeli ban motor yang sudah diatas 5 tahun. Ban motor yang sudah lama diproduksinya ini akan mengakibatkan ban motor tersebut lebih cepat dan mudah retak pada ban motor.

2. Ban Kurang Angin

Kerusakan yang seperti ini sudah tidak diragukan lagi, karena dari setiap jenis ban motor yang paling sering dialami pasti kerusakan yang satu ini. Ban motor yang kekurangan angin maka ini akan membuat ban motor menjadi sobek bahkan kurang angin bisa menyebabkan ban motor cepat bocor.

Ketika kita memakai logikanya bahwa ban kurang angin atau kempes maka ini dapat menimbulkan tapak ban motor akan lebih menempel pada aspal dan hal ini akan membuat ban motor menjadi lebih mudah untuk menyentuh jalan yang berkerikil atau benda-benda tajam lainnya. Dengan begitu ini akan membuat ban motor menjadi cepat bocor akibatnya ban motor yang sudah sobek.

3. Ban Habis Sebelah

Untuk kerusakan yang seperti ini biasanya terjadi karena adanya sebuah velg yang sudah tidak balance lagi atau mungkin karena shockbreaker yang sudah rusak. Dengan begitu ini akan membuat ban motor anda habis sebelah sehingga ini dapat mempengaruhi performa ban motor apabila ban sudah tak bisa menapak lagi dengan sempurna.

Pada umumnya ada beberapa penyebab ban motor habis sebelah, sehingga ini akan membuat kita merasa lebih terganggu lagi pada saat didalam perjalanan. Nah ketika masalah ini terjadi, kami sarankan anda harus menggantikan ban motor yang baru. Perlu diperhatikan menggantikan ban motor dengan yang baru anda harus memperhatikan lama produksi ban moto tersebut, sehingga tidak terjadi kerusakan ban motor menjadi retak seperti yang sudah saya jelaskan tadi diatas.

4. Ban Benjol

Kerusakan yang terakhir ini juga sering dialami oleh pengendara motor. Biasanya ban motor yang benjol terjadi karena adanya melewati jalan yang sudah rusak atau berbatu-batu. Hal ini akan membuat lebih cepat benjol ketika melewati jalan yang tidak sesuai dengan kondisi ban motor yang sedang kekurangan angin maupun berlebihan. Maka dari itu kami sarankan anda harus memastikan kalau ban motor anda sudah pas dengan tekanan anginnya.

Benjolan pada ban motor ini bukan anda berpikir bahwa ban motor tersebut sudah salah diproduksi, melainkan ini adalah cara pemakaiannya sehingga ban motor menjadi benjol. Mungkin anda sedang mengalami benturan pada trotoar sehingga ini akan membuat ban motor anda menjadi benjol. Ini bisa saja menjadi salah satu penyebab ban motor benjol samping. Maka dari itu hal yang seperti ini anda harus memperhatikannya.

Itulah macam-macam kerusakan pada ban motor, dengan adanya pembahasan yang seperti ini kami berharap anda bisa mendapatkan manfaat melalui pembahasan kita kali ini.

Categories
Sparepart

Penyebab dan Bahaya Velg Motor Peyang

Setiap motor terdapat jenis-jenis velg motor yang dapat digunakan pada motor anda. Dari setiap velg sepeda motor anda juga dapat mengkombinasikan dengan gaya dari penampilan motor anda. Tapi perlu diingatkan ketika anda mengganti-ganti velg motor, kemungkinan besar ini akan membuat motor anda lebih terlihat jelek atau mungkin pada saat anda salah memasang velg ini juga akan terjadi kerusakan pada motor anda. Nah apalagi anda menggunakan motor matic, dimana ada berbagai komponen motor matic yang paling mudah rusak.

Velg motor merupakan komponen yang paling penting, tak hanya di kendaraan roda dua saja bahkan pada setiap kendaraan velg menjadi komponen yang terpenting. Dikarenakan kalau kendaraan tersebut tidak ada velg, bagaimana kendaraan anda bisa berjalan apalagi pada kendaraan beroda dua. Nah jika terjadi kerusakan pada velg atau mungkin berkarat pada velg motor anda, maka anda juga harus cari tahu cara menghilangkan karat pada vleg motor. Ketika anda sudah mengetahui cara dan melakukannya, maka velg pada motor anda akan terlihat kinclong dan sedap dilihat.

Velg motor harus kita rawat sebaik mungkin, usahakan velg pada motor tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan oleh kita semua. Pada saat anda salah merawat velg motor anda maka ini akan membuat velg motor anda cepat jebol. Sebenarnya ada berbagai kebiasaan buruk yang bikin velg motor cepat jebol dan wajib diketahui oleh anda sehingga terhindar dari velg motor yang cepat jebol. Seperti judul yang diatas dimana kami akan membahas tentang “bahaya velg motor peyang”. Mungkin anda bertanya-tanya apakah bahaya velg motor peyang? Dibawah ini merupakan sumber dari jawaban tersebut.

Penyebab Velg Motor Peyang

velg motor peyang

Pada umumnya kerusakan pada velg motor biasa terjadi ketika anda menggunakan velg yang berjenis cast wheel (CW), namun banyak pengguna motor menggunakan velg jenis cast wheel. Ini dikarenkan velg cast wheel akan membuat penampilan pada motor lebih kece. Walaupun demikian velg yang berjenis bisa dibilang cukup mudah rusak ketika dibandingkan dengan jenis velg lainnya.

Kerusakan yang sering terjadi pada velg yang satu ini biasanya adalah velg peyang dan penyok hingga terjadi keretakan dan patah. Penyebab dari kerusakan seperti ini karena membawa motor dengan kecepatan tinggi pada saat melintasi jalan yang berlubang. Bahkan velg cast wheel ini juga bisa rusak ketika melintasi jalan keriting, walaupun ini tidak seperti ketika melintasi jalan yang berlubang dan langsung ketahuan, tapi efeknya tetap saja sama.

Kini banyak pengguna motor tidak sadar kalau velg motornya sudah peyang atau mungkin kerusakan lainnya pada saat melewati jalan yang sedang bermasalah seperti diatas. Ketika sudah terjadi seperti ini kami sarankan anda harus menggantikan velg motor dengan yang baru atau kalau bisa diperbaiki, langsung saja diperbaiki terlebih dahulu.

Maka dari itu cara sederhana merawat motor harus diperhatikan oleh anda sehingga tidak terjadi hal-hal yang membuat motor tersebut tidak bisa betahan lama. Perlu diingatkan kalau velg motor yang seperti ini sangat berbahaya bagi keselamatan kita ketika mengendarai motor dengan kondisi velg yang sudah peyang.

Meman pada umumnya hal yang seperti ini dianggap oleh pengguna motor hanya sepele sehingga mereka tidak memperbaiki atau menggantikan dan membiarkan saja kalau velg motor peyang. Hal ini anda harus hindari sehingga anda tidak akan mengalami kecelakaan ketika mengendarai motor. Usahakan anda harus cepat memperbaiki atau menggantikan velg yang baru apabila velg motor anda sudah peyang. Walaupun hanya sepele tapi resiko terhadap kecelakaan sangat besar bagi kita semua.

Bahaya Velg Motor Peyang

Dilihat dari pembahasan yangg ada diatas ketika anda menggunakan motor dengan velg yang peyang ini sudah tidak ragu lagi kalau keselamatan anda sedang danger atau berbahaya. Mungkin anda bertanya, “apakah bahaya velg motor sudah peyang”? Kembali kepembahasan yang ada diatas dimana seringkali terjadi velg cast wheel (biasanya velg yang berjenis seperti dipakai oleh motor balap) kalau sudah peyang ini akan membuat handling motor menjadi buruk.

Memang penyebabnya yang sering terjadi seperti sudah saya jelaskan diatas kalau velg peyang bisa terjadi karena melewati jalan yang berlubang dengan kecepatan tinggi. Dari kerusakan yang seperti ini banyak pengguna motor merekomendasikan kalau kita harus memperbaikinya dengan cara menggunakan jasa dari press velg motor yang sudah peyang dikembalikan hingga menjadi seperti yang semula. Nah apakah dengan cara memperbaiki demikian tidak membuat bahaya? Memang ini ada resikonya.

Terus apa resikonya? Resiko serta bahayanya ketika anda sedang menggunakan velg yang akan diperbaiki hingga menjadi semula dengan bantuan dari mesin press, ini akan menimbulkan tingkat kekuatan dari mikrostruktur dengan bahan velg motor tadi akan melemah. Hal ini berkaitan dengan benturan yang sangat kuat pada velg hingga peyang, maka ketika dilakukan dengan pengepressan akan mendapatkan tekanan yang berlebihan sehingga molekul pada bahan velg tersebut menjadi lemah.

Kinerja yang dimanfaatkan oleh alat press adalah tidak ada penambahan komponen yang baru, maka ini akan membuat tingkat kekuatannya menjadi melemah. Nah maka dari itu hasil pada saat proses pengepressan tidak akan memulihkan velg motor tersebut menjadi semula, apalagi dilihat dari sisi kekuatannya. Penjelasan yang dimaksud, velg yang sudah peyang akan mengalami tekanan diluar batas dari toleransi, begitupun dengan memperbaikinya atau melakukan pengepressan velgpun akan mengalami sebuah tekanan yang bisa dibilang sama pada kedua kalinya.

Maksudnya disini velg motor akan ringkih ketika mengalami benturan yang sangat kuat pada velg motor anda dan membuat bahaya bagi para pengendara motor. Kenapa bisa terjadi? Hal ini disebabkan karena adanya bahan dasar dengan pembuatan velg yang menggunakan press ulang pada velg motor peyang. Nah dengan begitu ini sangat berbahaya bagi anda yang sedang mengendarai motor dengan velg motor yang sudah peyang dan diperbaiki dengan cara pengepressan.

Bahkan selain itu proses press membuat kerataan velg tidak sesuai atau tidak bagus, ini biasanya anda bisa merasakan pada saat mengendarai motor tersebut. Mungkin anda bisa rasakan ketika handling tidak terasa nyaman ketika mengendarainya dengan kondisi jalanan yang sudah rata atau jalan baik serta bagus dilintasinya.

Itulah yang bisa kami sampaikan kepada anda semua, dengan adanya pembahasan yang seperti anda bisa mendapatkan pencerahan bagi anda yang sedang menyepelekan kondisi velg yang sudah peyang. Perlu diingatkan velg motor yang sudah peyang itu sangat berbahaya bagi keselamatan ketika mengendarai motor tersebut.

Categories
Sparepart

Cara Mencegah dan Mengatasi Knalpot Motor Kemasukan Air

Memang cara perawatan pada motor harus dilakukan, sehingga motor kita tidak terjadi kerusakan. Setiap komponen mesin motor kita harus mempelajari terlebih dahulu, agar pada saat mesin motor mengalami kerusakan kita sudah mengetahui dan bisa memperbaikinya kembali. Langkah yang paling pertama kita pasti melakukan pengecekan pada mesin motor yang mengalami kerusakan dan cara mengecek mesin motor sangat mudah untuk dilakukan. Mungkin anda bisa memperbaiki sendiri ketika mesin motor mengalami kerusakan, karena anda sudah mengetahui cara pengecekan mesin pada motor.

Walaupun banyak motor dengan mesin motor paling awet hingga kini, tetap saja ada komponen mesin motor yang akan rusak ketika kita tidak merawat motor kita yang baik dan benar. Ada berbagai jenis sepeda motor di seluruh dunia dengan performa mesin yang keren, tapi tetap saja motor akan mengalami kerusakan kalau tidak memberikan perawatan secara khusus pada motor. Dengan adanya perawatan pada motor ini akan membuat performa mesin motor kelihatan awet dan nyaman ketika kita menggunakan motornya, bahkan kita juga tidak akan mendapatkan bahaya bagi keselamatan kita.

Memang kerusakan pada komponen-komponen motor sangat berbahaya dengan keselamatan kita pada saat melakukan aktivitas dijalan. Begitu juga dengan knalpot yang mengalami kerusakan atau hal sepele yang tidak dianggap penting bagi anda, seperti knalpot motor kita mengalami kemasukan air. Walaupun ini merupakan hal sepele, tetapi motor dengan knalpot yang kemasukan air ini akan terdapat dampak buruk knalpot yang sering terendam air. Hal-hal yang seperti ini kita harus perhatikan dan ini juga merupakan salah satu perawatan yang akan membuat motor kita tetap aman dalam perjalanan.

Memang kita harus melakukan perawatan khusus terhadap motor kita, salah satunya dengan perawatan knalpot pada motor. Mungkin anda jarang melakukan perawatan yang seperti ini, mulai sekarang anda bisa melakukan perawatan dengan cara merawat knalpot motor. Sehingga tidak merusakan komponen motor lainnya. Nah bagi anda yang ingin mengatasi dengan cara sendiri, kali ini kami akan membagikan cara mengatasi agar knalpot tidak kemasukan air dan sangat mudah untuk dilakukan oleh kita semua, cukup kita perlu menerapkan cara-cara yang ada dibawah ini.

1. Selalu Perhatikan Kondisi Cuaca

Memang hal ini kita sering lalai dan selalu memperkirakan saja, kondisi cuaca yang buruk dan kondisi cuaca yang hujan. Kemungkinan besar ini akan membuat knalpot pada motor anda kemasukan air. Kenapa? Ini dikarenakan pemakaian dengan kondisi cuaca yang dalam keadaan hujan, besar kemungkinannya knalpot akan kemasukan air. Dengan begitu sebelum anda bepergian, alangkah baiknya anda harus memperhatikan kondisi pada cuaca.

2. Jangan Melintasi Jalan yang Berair (Banjir)

Untuk cara mengatasi berikutnya, pastikan anda tidak melintasi jalan yang berair atau mungkin pada kondisi yang sedang kebanjiran. Mustahil kalau knalpot motor tidak kemasukan air, ketika melintasi jalan yang sedang kebanjiran. Karena ini sudah sering terjadi oleh semua pengendara motor yang sedang melakukan perjalanan dalam kondisi yang kebanjiran.

3. Hati-hati Saat Mencuci Motor

Memang pencucian motor sangat perlu diperhatikan dan pastinya semua orang ingin melihat motornya terlihat bersih dan kinclong. Apalagi anda yang sedang membersihkan motor tepat dibagian-bagian knalpot atau sekitaran knalpot. Namun ketika kita tidak berhati-hati saat melakukan pembersihan dibagian atau sekitar knalpot, secara tidak sengaja knalpot akan terkena air dari proses penyiraman yang anda lakukan pada sekitaran knalpot. Dengan demikian knalpot pada motor kita akan kemasukan air.

4. Memakai Knalpot yang Tinggi

Nah salah satu cara agar motor kita tidak kemasukan air pada knalpot adalah dengan cara memilih knalpot yang tinggi. Dengan cara memilih knalpot yang tinggi, pasti knalpot yang ada pada motor kita tidak akan kena air walaupun kondisi dalam kehujanan. Memang pada umumnya berbagai komponen knalpot motor memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda. Tapi jika kemasukan air pada knalpot komponen ini, sama-sama akan mengalami kerusakan atau melemah.

Setelah anda sudah mengetahui tentang cara mengatasi agar knalpot tidak kemasukan air, kita akan membahas cara mengatasi agar tidak terjadi kerusakan pada motor kita yang disebabkan oleh knalpot motor terjadi kemasukan air. Karena kemasukan air pada knalpot motor, ini sangat berpengaruh pada komponen-komponen lainnya. Sehingga dapat mengakibatkan motor kita seringkali cepat mengalami kerusakan, baik kerusakan yang kecil maupun kerusakan pada komponen motor yang besar. Agar tidak terjadi hal yang seperti ini anda perlu mengatasinya dengan cara mengatasi knalpot agar tidak kemasukan air, sehingga tidak berdampak kerusakan pada komponen lainnya. Dibawah ini merupakan cara mengatasinya.

  • Cepat Mengeluarkan Air yang Ada di Knalpot

Nah ketika kita tidak mengeluarkan air secepatnya pada knalpot motor, ini ada kemungkinan kalau komponen mesin motor akan mengalami kerusakan. Sehingga motor kita tidak bisa berjalan dengan nyaman. Maka dari itu ketika air telah masuk kedalam knalpot langsung cepat mengeluarkan air yang telah masuk. Jangan anda menundakan waktunya, karena kalau ini terjadi dan anda membiarkan knalpot terendam air, ini akan membuat komponen lainnya mengalami kerusakan.

  • Lakukan Starter Kaki

Ketika anda telah melakukan cara diatas dan air tidak keluar, anda harus mengikuti langkah ini dimana kita harus melakukan starter dengan cara menggunakan starter non elektrik. Ini juga sangat efektif untuk mengeluarkan air yang ada didalam knalpot, usahakan lakukan dengan cara cepat kalau motor sudah kemasukan air pada knalpot. Sehingga ini tidak akan mengalami kerusakan pada bahan bakar, anda juga bisa melakukan cara ini ketika air akan masuk pada bahan bakar.

Nah memang perawatan yang kita lakukan pada motor wajib untuk dilakukan. Mungkin anda bertanya kenapa kita harus melakukan perawatan khusus selain mencuci motor. Ini dikarenakan perawatan secara khusus atau mungkin juga perawatan pada knalpot harus diperhatikan atau wajib untuk dilakukan. Sehingga ini akan menjaga keselamatan kita pada saat mengendarai motor. Sampai disini dulu pembahasan kita kali ini yang mengenai knalpot motor kemasukan air dan cara-cara untuk mengatasinya, semoga anda bisa mendapatkan manfaatnya melalui pembahasan kita kali ini.

Categories
Sparepart

7 Efek Pasang Kopling Manual pada Motor Bebek

Pada negara Indonesia banyak sekarang orang-orang yang menggunakan kopling pada motor bebek. Barangkali anda bertanya, “kenapa?” Mungkin motor bebek ketika menggunakan kopling akan terlihat lebih keren. Dengan modifikasi terhadap motor bebek dan ditambah lagi dengan kopling pada motor bebek. Dengan begitu, akan membuat motor bebek anda bergaya.

Memang para pengendara yang ada di Indonesia mengatakan bahwa “kalau memodifikasi motor bebek dengan menggunakan kopling tidak akan terjadi masalah, justru membuat motor kita lebih terlihat keren”. Akan tetapi walaupun demikian, kita juga akan mendapatkan kerusakkan pada motor kita kalau salah memasangnya. Sehingga motor kita akan terkena masalah dengan menggunakan kopling pada motor bebek.

Efek Positif Menggunakan Kopling Pada Motor Bebek

Seperti yang saya sudah bahas tadi diatas, kalau menggunakan kopling pada motor bebek akan lebih terlihat keren dan tangguh. Dengan demikian, anda akan terasa “PeDe” pada saat menjalankan aktivitas anda sehari-hari. Apa sih yang menjadi kelebihan motor kopling manual pada motor bebek? Berikut jawabannya:

  • Motor Akan Lebih Responsif

Ketika anda memiliki motor bebek dan memodifikasi dengan menggunakan kopling pada motor bebek anda, ini akan membuat motor anda lebih responsif kepada anda. Dikarenakan para pengendara motor akan lebih mengetahui kapan memutuskan dan kapan menyambungkan putaran mesin. Selain itu, motor anda juga akan lebih resposif apabila anda memindahkan gigi pada saat hal tertentu.

  • Akan Lebih Halus Ketika Berpindah Gigi

Apakah anda memiliki motor bebek? Apakah anda ingin memasang kopling pada motor bebek anda? Apabila anda memasang kopling pada motor bebek anda. Secara tak sengaja motor bebek anda akan lebih halus ketika memindahkan gigi. Pada poin ini disebabkan karena adanya kendali penuh dari pengendara. Pada saat pengendara melakukan pemindahan gigi, dimana transmisi akan lebih terlepas atau akan lebih free dari komponen putaran mesin dan akan menyebabkan motor bebek anda lebih halus ketika melakukan pindahan gigi.

  • Engine Break Bisa Dimanfaatkan dengan Mudah

Memang pada umumnya istilah ini sudah dikenal oleh para pengendara motor. Serta bisa diartikan pada istilah ini, bahwa salah satu jenis teknik yang dapat membantu untuk memberhentikan secara perlahan apabila anda melaju dengan kecepatan penuh. Salah satu efek positif ketika anda menggunakan kopling pada motor bebek anda adalah engine break bisa dimanfaatkan dengan mudah.

Cara kerjanya cukup simple, cuma anda hanya menarik tuas koplingnya dengan penuh, dan kemudian koplingnya dilepas secara perlahan-lahan. Dengan demikian, motor anda secara perlahan-lahan akan berhenti dengan sendirinya. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan engine break dengan cara menurunkan gigi serta melepaskan secara perlahan-lahan tuas koplingnya. Dengan demikian anda bisa merasakan efek engine break nya sesuai yang anda suka.

  • Lebih Keren Dari Motor Bebek Biasa Saat Digunakan

Sebagai pengguna motor pasti menginginkan motor yang keren dan sedap dilihat, apalagi bagi anda yang memiliki motor bebek. Alangkah baiknya anda mengupgradenya ke kopling saja agar terlihat lebih keren lagi. Disamping itu anda juga bisa merasa lebih bebas dan lebih percaya diri ketika motor bebek anda menggunakan kopling.

Pasti anda terasa minder dengan motor lain disaat menggunakan motor bebek yang belum memakai kopling atau disebut motor bebek biasa. Maka dari anda bisa mengupgradenya tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak, cukup motor bebek anda pakai kopling saja pasti motor bebek anda akan terlihat lebih keren saat digunakan.

Efek Negatif Menggunakan Kopling Pada Motor Bebek

Eitss…? Anda jangan dulu senang dulu dengan kelebihannya. Selain memiliki kelebihan yang saya sudah uraikan tadi diatas, motor bebek juga memiliki efek buruknya ketika menggunakan kopling.

Tak hanya motor bebek dan juga motor kopling yang memiliki efek saat digunakan. Bahkan semua motor yang ada di Indonesia pasti memiliki sisi kelemahannya dan juga sisi kelebihannya. Pasti anda ingin mencari tahu apa sih efek buruknya saat menggunakan kopling pada motor bebek. Ini dia jawabannya.

  • Ketika Permasalahan Pada Pemasangan Kopling

Memang banyak orang mengatakan tidak ada permasalahan apabila motor bebek digunakan kopling. Akan tetapi ketika permasalahan saat memasang kopling di motor bebek anda, itu akan menjadikan motor aneh dan tidak layak untuk dipakai lagi.

Bisa saja kerusakan lain disekitar koplingnya, seperti bahan bakar lebih cepat habis (ini dikarenakan kopling selip), transmisi jadi rompal (ini dikarenakan kopling sudah tidak berfungsi lagi) dan masih banyak lagi yang dapat merusak bagian sekitaran kopling.

Selain itu, ketika anda ingin melepas koplingnya pasti akan terkena masalah lagi seperti kopling akan berbunyi dan kopling bunyi saat dilepas. Maka dari itu, kami sarankan untuk memodifikasi dan memilih bengkel sudah berpengalaman dan dapat dipercayai.

  • Sangat Sulit Untuk Belajar

Tak semua orang yang bisa mengendarai motor walaupun motor bebek emang sangat mudah digunakan, akan tetapi itu hanya orang yang berbakat. Tetapi, bagi orang yang belum mengerti dengan komponen motor bebek, ini akan menjadi lebih sulit bagi orang yang masih pemula. Namun, bagi orang yang sudah berpengalaman ini akan menjadi hal yang enteng ketika digunakan. Untuk yang masih pemula, pasti bingung belajar motor bebek, apalagi sudah menggunakan kopling. Lalu motor matik atau manual yang cocok untuk pemula? Kami sarankan belajar motor dengan menggunakan motor matik. Ketika anda sudah lancar dengan motor matik, coba-cobalah untuk menggunakan motor bebek.

  • Akan Terasa Lebih Capek

Ketika anda sudah mengupgrade motor bebek anda ke kopling, yang pastinya anda akan terasa lebih capek saat melakukan perjalanan, apalagi perjalanan yang cukup jauh. Hal ini disebabkan kaki dan tangan yang selalu bekerja tak berhenti, karena ketika kita mengganti gigi, kaki dan tangan akan bekerja, apalagi motor bebek anda telah menggunakan kopling akan lebih cepat lelah lagi ketika mengendarai motor.

Itulah pembahasan kita hari ini mengenai efek pasang kopling manual pada motor bebek. Semoga apa yang sudah disampaikan oleh kami, bisa bermanfaat dan bisa lebih memikirkan kembali ketika motor bebek anda ingin menggunakan kopling. Terimakasih atas kunjungan anda dan salam hangat dari kami.

Categories
Sparepart

6 Cara Membuat Knalpot F1ZR Suara Ninja Dengan Mudah

Perkembangan sepeda motor yang sangat pesat terkait teknologi dan fiturnya merupakan salah satu bentuk respon dari tingginya minat masyarakat terhadap sepeda motor. Kondisi perkembangan yang pesat tersebut memunculkan banyak sepeda motor yang paling diminati di mayarakat dengan kelebihannya masing masing. Meskipun ada perkembangan teknologi yang tinggi pada sepeda motor, beberapa motor lawas yang cukup legendaris sampai sekarang masih diminati meskipun sudah tidak lagi diproduksi barunya oleh parbikan pabrikan besar otomotif di Indonesia.

Salah satu motor legendaris yang sampai saat ini masih diminati beberapa orang karena kondisinya adalah Yamaha FIZ R. Motor Yamaha FIZ R merupakan jenis motor dua tak berbentuk bebek yang sangat legendari sebagai salah satu motor kencang di jamannya. Kelebihan performa dari motor tersebutlah yang menjadikannya salah satu pilihan sepeda motor untuk mereka yang membutuhkan kecepatan dan kebanyakan FIZ R dimodifikasi untuk itu. Motor Yamaha FIZ R bahkan menjadi pilihan motor untuk balapan baik drag maupun lintasan dan termasuk dalam daftar  motor klasik di Indonesia yang sudah tidak diproduksi.

Selain melakukan proses modifikasi pada bagian mesin motor, knalpot juga ikut dimodifikasi untuk mendapatkan suara yang lebih garang mendukung performa mesin yang sudah lebih baik. Knalpot menjadi bagian pembuangan gas sisa pembakaran di dalam mesin yang kerap dimodifikasi untuk menghasilkan suara tertentu. Fungsi knalpot pada kendaraan bermotor sangat lah penting. Suara motor ninja menjadi jenis suara yang ingin dimunculkan pada knalpot motor Yamaha FIZ R. Berikut beberapa penjelasan mengenai cara membuat knalpot FIZ R suara ninja dalam ulasan di bawah ini.

  1. Bersihkan bagian dalam knalpot

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk membuat knalpot FIZ R suara ninja adalah dengan membersihkan bagian dalam dari knalpot tersebut dan komponen knalpot motor lainnya. Kotoran dan oli yang terdapat di dalam knalpot dapat menyebabkan suara motor FIZ R menjadi tidak garing dan tidak seperti suara motor ninja. Masalah kotornya bagian dalam dari knalpot motor FIZ R tersebut dapat terjadi secara normal akibat pemakaian dari sepeda motor. Untuk dapat secara efektif membersihkan bagian dalam dari knalpot tersebut maka gunakannya sikat kawat.

  1. Keluarkan oli yang menumpuk di bagian dalam knalpot

Bentuk unik dari knalpot sepeda motor Yamaha FIZ R memang menjadi daya tarik bagi sebagian orang yang memiliki minat pada motor tersebut. Bentuk dari knalpot sepeda motor Yamaha Fiz R tersebut dapat menjadikannya memiliki suara seperti motor ninja. Namun ada juga resiko yang menjadikan suara dari knalpot motor tersebut yang dapat menimbulkan masalah. Resiko penumpukan oli pada knalpot motor Yamah Fiz R dapat terjadi karena bentuknya yang ada bagian seperti perut ikan. Cara membuat knalpot F1Z R suara ninja kembali adalah dengan mengeluarkan bagian oli yang menumpuk di dalam knalpot tersebut hingga benar benar bersih.

  1. Masukan carbon cleaner atau bensin ke dalam knalpot

Selain dengan membongkar dan mengeluarkan oli secara langsung yang menumpuk di bagian dalam knalpot, cara selanjutnya yang juga dapat membantu membersihkan penumpukan oli sebagai penyebab suara motor Yamaha F1Z R tidak lain bersuara seperti ninja adalah dengan memasukan carbon cleaner ke dalam knalpot lalu mengeluarkannya kembali bersama dengan oli yang menumpuk. Selain carbon cleaner, bahan yang lebih murah dan lebih mudah di dapat untuk membersihkan oli adalah bensin.

  1. Ganti bahan knalpot yang digunakan

Langkah selanjutnya yang dapat diambil dalam upaya dan cara membuat knalpot F 1Z R suara Ninja adalah dengan mengganti bahan dari knalpot tersebut. Bahan yang berbeda dapat memberikan hasil suara yang berbeda pada knalpot. Ada dua bahan knalpot yang biasa digunakan pada motor Yamaha F1R Z diantaranya bahan stainless steel dan bahan galvanis. Bahan stainless stel akan menjadikan suara dari knalpot lebih kering dan garing, sementara bahan knalpot galvanis akan menjadikan suara dari knalpot agak tebal dan sedikit ngebas.

  1. Setting ukuran dari knalpot

Langkah ekstrim yang biasanya dilakukan untuk merubah suara motor yamah F1Z R standar menjadi mirip dengan suara motor ninja adalah dengan melakukan setting ukuran dari knalpot tersebut. Dalam pengaturan setting ukuran pipa penghubung antara knalpot dan saluran pembuangan mesin maka langkah yang dilakukan adalah menambah dan menguranginya secara manual karena tidak ada patokan yang jelas. Agar langkahnya tepat maka konsultasikan terlebih dahulu proses ini dengan montir yang lebih berpengalaman.

  1. Ganti knalpot motor

Jika cara cara yang dilakukan diatas tidak menyebabkan perubahan yang singnifikan untuk menjadikan motor yamaha F1Z R suara knalpotnya menjadi suara ninja maka ganti knalpot tersebut dengan yang baru. Penggantian dengan knalpot yang sudah terseting bersuara ninja dapat dilakukan dengan mudah namun tentunya membutuhkan biaya yang bisa dibilang cuku mahal karena harus membeli knalpot baru. Meskipun dapat membantu terkadang langkah ini tidak memberika hasil ketika dalam membeli knalpot baru tidak disertai dengan pengetahuan jenis knalpot motor Yamaha F1Z R yang benar bersuara ninja. Dalam pergantian knalpot perhatikan beberapa alasan knalpot motor nembak setelah ganti baru.

Itulah beberapa proses dan langkah yang perlu dilakukan dalam cara membuat knalpot F1Z R suara ninja. Langkah langkah diatas dapat diambil bagi mereka yang menginginkan motor Yamaha F1Z Rnya bersuara ninja atau bagi yang sudah memilikinya namun tiba tiba suara knalpot berubah dan tidak lagi seperti suara knalpot pada motor ninja. Untuk merubah suara knalpot pada sepeda motor maka sebaiknya lakukan dengan orang yang memang lebih berpengalaman dengan perubahan suara knalpot tersebut. Tanpa pengetahuan mekanik maka motor malah dapat menjadi rusak.

Categories
Sparepart

8 Fungsi Gearbox Pada Motor dan Perawatannya

Berbagai jenis sepeda motor diseluruh dunia hadir untuk memenuhi kebutuhan dan selera yang berbeda beda di masyarakat. Hal ini dikarenakan sepeda motor merupakan salah satu sarana transportasi pribadi yang banyak digunakan dan populer untuk dimiliki. Kepopuleran sepeda motor tersebut banyak disebabkan oleh keunggulan sepeda motor dibandingkan dengan sarana transpotasi lainnya seperti kemudahan bermanuver pada jalanan sempit maupun macet, mudah digunakan, tidak membutuhkan ruang parkir yang luas, serta harganya yang lebih relatif terjangkau.

Meskipun dibalik kelebihan pada sepeda motor tersebut tetap ada kekurangannya yang utama seperti tidak dapat melindungi dari kondisi lingkungan yang hujan maupun panas, memiliiki sepeda motor bisa dikatakan menjadi suatu keharusan dalam sebuah keluarga. Bagi para pemiliki sepeda motor, melakukan perawatan dan penggunaan yang baik dan benar sangat dianjurkan agar tidak terjadi berbagai macam kerusakan yang sering terjadi pada motor akibat kelalian pada proses perawatan dan cara penggunaan yang asal asalan atau kasar.

Berkaitan dengan proses perawatan motor maka cara yang akan dilakukan untuk melakukan perawatan dengan benar harus disesuaikan dengan tipe atau jenis dari sepeda motor tersebut. Hal ini karena cara merawat motor matic tentu akan berbeda dengan cara merawat motor manual. Selain perawatan, mengenal berbagai fungsi dari berbagai bagian pada sepeda motor terutama komponen mesin motor juga perlu dilakukna setidaknya untuk dapat menjaga agar komponen tersebut dapat bekerja secara optimal. Dalam artikel kali ini, hargamotor.co.id akan mengulas mengenai fungsi gearbox pada motor yang dijelaskan pada penjelasan dibawah ini.

  • Memindahkan tenaga pada mesin sepeda motor

Gearbox merupakan satu kesatuan komponen gear yang berperan dalam hal memindahkan tenaga untuk menyalurkan tenaga atau daya yang dihasilkan oleh mesin ke salah satu bagian mesin yang lainnya dalam sepeda motor. Dengan begitu daya atau tenaga yang dipindahkan tersebut dapat menghasilkan pegerakan ataupun pergeseran yang menjadikan sepeda motor dapat bergerak maju. Pemindahan tenaga pada sepeda motor tersebut terjadi dari ruang mesin ke bagian roda yang tersambung dengan komponen rantai pada motor manual dan komponen vainbelt pada motor matic.

  • Menyesuaikan daya pada mesin sepeda motor

Selain berperan dalam proses pemindahan dan penyaluran tenaga, fungsi gearbox pada motor juga untuk menyesuaikan daya atau torsi yang dihasilkan oleh sepeda motor. Dalam proses penyesuaian gaya ini gearbox sepeda motor dikenal memiliki beberapa gigi atau tingkatan daya. Meskipun motor matic tidak memiliki secara langsung komponen gigi yang dapat dipindah namun tetap motor matic juga memiliki gearbox yang jika dirasakan secara seksama dalam proses penggunaanya akan tetap terasa kondisi perpindahan gig pada motor matic.

  • Beberapa fungsi lainnya

Selain kedua fungsi yang dijelaskan diatas, gearbox juga memiliki beberapa fungsi maupun peran lainnya terutama pada sepeda motor dengan jenis mesin manual. Berikut ini beberapa fungsi gearbox motor manual yang diantaranya seperti dibawah ini :

  1. Pengubah daya motor yang dihasilkan menjadi tenaga yang lebih besar.
  2. Mengatur kecepatan gerak dan torsi serta proses berbalik putaran.
  3. Merubah momen pulir yang akan diteruskan kebagian spindel mesin sepeda motor manual.
  4. Menyediakan rasio gigi pada sepeda motor yang sesuai dengan beban dayanya.
  5. Menghasilkan putaran mesin yang lebih stabil dan tanpa selip.

Cara Merawat Gear Box Motor

Berbagai fungsi dari gearbox yang dijelaskan diatas akan tetap optimal ketika gearbox sebagai rumah gear juga dirawat dengan baik agar dapat terhindar dari berbagai macam masalah pada gearbox. Untuk menjaga agar gearbox selalu dalam kondisi optimal terutama pada motor matic, berikut ini hal yang perlu dilakukan.

  • Menganti oli transmisi

Pada motor matic, perangkat gearbox sangat penting perannya untuk menambah ataupun mengurangi kecepatan tanpa harus mengoper gigi manual. Permasalah pada gear box dapat menyebabkan motor menjadi tidak berfungsi bahkan menjadikan berbagai peranti dalam gearbox menjadi rusak dan rontok. Menganti oli transmisi secara berkala merupakan pilihan yang tepat dalam proses perawatannya karena banyaknya gesekan di dalam gearbox dapat dijala oleh oli yang tidak jenuh. Pengantian oli transmisi ini sebaiknya dilakukan secara konsisiten ketika oli transmisi pada gearbox menunjukan kondisi yang sudah tidak baik.

  • Pilih oli yang benar dan dalam jumlah yang tepat

Perlu diketahui bahwa oli transmisi yang digunakan di dalam gearbox tidak sama dengan oli pada mesin sehingga dalam proses pengantiannya usahakan untuk melihat dengan benar bahwa oli yang digunakan merupakan oli khusus transmisi dan bukan oli mesin. Selain jenis yang tepat, jumlah oli yang dimasukkan juga harus sesuai agar semua bagian di dalam komponen gearbox dapat terlindungi dari gesekan kasar dan keausan yang dapat menimbulkan masalah teknis pada gearbox.

  • Bersihkan komponen CVT

Pada mesin motor matic, komponen CVT sangat erat kaitannya dengan gearbox sehingga untuk melakukan perawatan agar gearbox awet dan tanpa masalah maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan ruang CVT dari kotoran dan debu. Menjaga kebersihan komponen CVT juga merupakan salah satu cara merawat mesin motor matic agar awet.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan fungsi gearbox pada motor dan bagaimana cara yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya masalah teknis pada gearbox melalui proses perawatan yang baik dan benar.

Categories
Sparepart

5 Fungsi Filter Udara Pada Motor dan Cara Merawatnya

Memiliki kendaraan pribadi masih lebih diutamakan dibandingkan dengan memakai kendaraan umum dalam pemenuhan sarana transportasi setiap harinya. Diantara pilihan kendaraan pribadi, sepeda motor menjadi yang paling populer digunakan dan dimiliki oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan kelebihan dari sepeda motor yang dapat bermanuver pada jalanan sempit dan macet serta tidak membutuhkan lahan parkir yang luar. Karena kepopulerannya tersebut, berbagai jenis sepeda motor di seluruh dunia hadir untuk memenuhi selera yang berbeda.

Bagi para pemilik kendaraan bermotor, melakukan perawatan terhadap sepeda motor merupakan kewajiban agar tidak muncul berbagai macam kerusakan yang sering terjadi pada motor akibat perawatan dan penggunaan yang tidak benar. Dalam melakukan perawatan motor, proses yang akan dipilih harus disesuaikan dengan tipe dari motor tersebut karena cara merawat motor matic yang baik dan benar akan berbeda dengan langkah untuk merawat motor manual agar awet.

Dalam proses perawatan, memahami berbagai fungsi dan peran dari komponen sepeda motor juga sangat perlu dilakukan agar setiap proses dan cara perawatannya dapat juga mendeteksi adanya peluang kerusakan pada salah satu komponen sepeda motor yang spesifik. Dalam artikel kali ini, hargamotor.co.id akan mengulas mengenai salah satu fungsi dari komponen mesin motor yakni fungsi filter udara pada motor. Berikut ini beberapa fungsi filter udara pada sepeda motor yang perlu diketahui lebih jelasnya dalam uraian di bawah ini.

  1. Menyaring udara

Filter udara merupakan salah satu komponen dalam mesin motor yang memiliki peran penting dan vital terhadap segala aktivitas dari mesin motor. Fungsi filter udara pada sepeda motor yang pertama dan paling utama adalah untuk menyaring udara yang masuk ke dalam mesin sehingga dapat memisahkan antara udara yang bersih dengan kotoran yang pastinya terkandung dalam udara tersebut. Peran filter udara untuk menyaring udara tersebut akan sangat berguna dan berat terutama melihat tipikal jalanan kering dan berdebu.

  1. Menjaga kebersihan ruang pembakaran

Menjaga agar kondisi ruang pembakaran selalu dalam keadaan bersih dan terbebas dari kotoran adalah hal yang sangat penting karena adanya kotoran dapat menyebabkan proses pembakaran menjadi tidak otimal, kotoran juga dapat menyebabkan sumbatan pada beberapa komponen mesih yang berpeluang menghadiskan masalah teknis. Peran filter udara yang menyaring udara kotor dapat membantu menjaga kebersihan ruang pembakaran sehingga berbagai masalah teknis akibat kondisi kotor pada ruang pembakaran dapat dihindari.

  1. Menghindari munculnya kerak pada beberapa komponen mesin

Kerak merupakan tumpukan kotoran yang mengeras akibat dibiarkan tanpa adanya pembersihian. Membersihkan komponen mesin tentu tidak mudah karena harus membongkar mesin sehingga tidak akan dilakukan setiap harinya. Untuk menjaga agar tidak terjadi kerak pada beberapa komponen mesin maka filter udara harus berfungsi secara optimal. Beberapa komponen mesin yang dapat muncul kerak karena adanya kotoran diantaranya seperti piston, klep, dan beberapa bagian lain dalam ruang pembakaran.

  1. Menghindari kondisi motor kurang tenaga

Peran filter dalam menyaring kotoran juga berdampak pada kualitas atau kondisi tenaga yang dihasilkan oleh motor dapat selalu dalam keadaan yang optimal. Hal ini dikarenakan adanya kotoran pada sistem pembakaran sepeda motor dapat menyebabkan proses pembakaran tidak berlangsung secara optimal sehingga berpeluang menjadikan motor kurang tenaga. Selain filter yang kotor ada beberapa penyebab lain yang dapat menjadikan motor mengalami kurang tenaga diantaranya seperti setelan karburator yang tidak tepat sampai adanya masalah pada karburator, kondisi ecu yang rusak atau tidak berkerja, serta masalah pada cdi dan aki motor.

  1. Menghindari karatan pada mesin motor

Selain kotoran, filter udara juga dapat menahan air yang tercampur dalam udara terutama pada musim hujan yang biasanya motor akan tetap digunakan meskipun dalam kondisi hujan baik deras maupun tidak. Adanya udara dan air yang terjebak di dalam komponen mesin sepeda motor dapat memicu terjadinya proses karatan karena kebanyakan komponen mesin sepeda motor terbuat dari bahan besi yang mudah sekali karatan jika terus terpapar oleh campuran air dan udara.

Cara Merawat Filter Udara Pada Sepeda Motor

Agar peran dan fungsinya selalu terjaga maka filter motor perlu untuk selalu dirawat sehingga tidak terjadi sumbatan akibat penumpukan kotoran pada filter sepeda motor. Penumpukan kotoran pada filter motor dapat menyebabkan terjadinya hambatan udara yang masuk sehingga proses pembakaran tidak akan optimal karena jumlah udara yang dibutuhkan tidak terpenuhi. Berikut ini beberapa cara merawat filter motor yang benar sehingga tidak terjadi masalah pada komponen motor tersebut.

  • Bersihkan kotoran yang ada pada filter motor secara berkala setidaknya sebulan sekali. Cara membersihkannya disesuaikan dengan jenis filter udara tersebut.
  • Bersihkan filter udara dengan cara menyemprotkan angin bertekanan tinggi dari arah yang berlawanan dengan arah udara masuk.
  • Untuk filter jenis spon atau busa dapat dibersihkan dengan cara mencucinya, namun untuk filter basah dan kering sebaiknya hindari proses pencucian dengan air karena dapat merusak filter.
  • Ganti filter jika memang kondisinya sudah tidak dapat dibersihkan lagi.

Itulah beberapa hal yang dapat dijelaskan berkaitan dengan fungsi filter udara pada motor dana cara yang harus dilakukan untuk menjaga dan merawat filter udara. Proses perawatan filter udara tersebut dapat digabung dalam proses perawatan motor secara berkala setiap bulannya.

Categories
Sparepart

8 Fungsi Relay Pada Motor yang Wajib Diketahui

Pada komponen 6 jenis sepeda motor di seluruh dunia sudah pasti memiliki sistem kelistrikan yang telah di atur dengan sedemikian rupa agar bisa menggerakkan kendaraan sepeda motor tersebut. Untuk mampu menjalankan komponen listrik yang ada pada kendaraan tersebut biasanya menggunakan aki dan Ecu.

Agar sistem pelistrikan sepeda motor yang menggunakan aman, perlu di ketahui penyebab aki tidak mengisi yang merupakan salah satu penyebab aki motor tekor. Adapun motor injeksi, sistem perapian mesin di atur oleh ECU, sehingga para pemilik kendaraan sepeda motor injeksi, perlu mengetahui penyebab ecu motor rusak. Jika aki dan ECU motor mulai menurun kinerjanya, hal ini perlu di waspadai karena juga merupakan penyebab ampere motor tinggi.

Untuk memastikan aliran listrik aman, perlu ditambahkan relay pada sepeda motor.

Pengertian Relay

Relay yang terdapat pada sistem aliran listrik kendaraan sepeda motor merupakan saklar yang sama fungsinya dengan listrik pada rancangan rumah. Relay bisa menghentikan atau melanjutkan aliran daya dari sumbernya, namun daya yang tersedia tetap di atur dari sumber listrik langsung. Relay merupakan bagian elektromekanikal yang memiliki 2 bagian inti yaitu elektromagnetik dan mekanikal yang berbentuk saklar.

Relay bisa mengubah listrik yang beraliran kecil menjadi lebih besar setelah dikumpulkan pada Relay. Sehingga daya listrik yang dihantarkan menjadi lebih besar sesuai dengan arus yang diperlukan oleh perangkat-perangkat yang ada di sepeda motor. Hal ini sangat penting untuk dilakukan untuk menghindari terjadinya arus pendek pada sistem aliran listrik sepeda motor.

Fungsi Relay Pada Motor

Ada beberapa fungsi dari diletakkannya relay pada motor. Antara lain adalah sebagai berikut:

1. Menjalankan Fungsi Logika (Logic Function)

Pada fungsi ini relay memiliki peran untuk menjalankan arus listrik seperti pada seharusnya. Sehingga lebih seperti bertugas untuk memastikan aliran listrik mengalir pada bagian-bagiannya dengan tepat dan dalam jumlah yang tepat.

2. Menunda Aliran Listrik

Maksudnya adalah relay berfungsi untuk menyimpan aliran listrik yang besar apabila kumparan sumber daya arus listrik menghasilkan arus yang besar dan mengeluarkannya secara sedikit demi sedikit seperti yang seharusnya. Selain itu juga sumber daya listrik yang sangat kecil juga akan dikumpulkan terlebih dahulu pada relay. Sehingga peran relay lebih seperti stabilizer pada arus listrik jika arus listrik yang dihasilkan tidak normal.

3. Mengolah tegangan tinggi dengan bantuan signal tegangan rendah

Jika terjadi tegangan tinggi baik di akibatkan sumber listrik ataupun karena korsleting yang terjadi akibat adanya salah satu perangkat yang berhubungan dengan listrik tidak baik karena suatu hambatan.

4. Melindungi perangkat listrik ketika terjadi arus pendek

Beberapa relay yang bagus sudah di lengkapi dengan kemampuan untuk mencegah terjadinya korsleting yang diakibatkan oleh hubungan arus pendek. Sehingga dengan adanya relay tidak akan merusak sumber listrik dan juga perangkat lain yang memerlukan arus listrik lainnya.

5. Memperpanjang usia saklar

Relay juga mampu memperpanjang usia saklar utama, hal dikarenakan beban saklar utama jadi berkurang, karena fungsi ini di bagi dengan relay.

6. Relay pada starter

Relay juga memberi bantuan pada starter untuk memperlama masa penggunaan starter. Hal ini karena relay mengatur supply listrik yang stabil ke perangkat starter. Hal ini juga merupakan usaha yang baik dilakukan untuk mengatasi penyebab motor susah distarter.

7. Sebagai kunci pengaman

Relay juga bisa digunakan untuk membuat kunci pengaman dengan dihubungkan pada perangkat-perangkat tertentu.

8. Pendukung asesoris tambahan

Relay juga mampu memaksimalkan fungsi aki ketika pemilik sepeda motor ingin memodifikasi perangkat motor yang mengkonsumsi daya lebih besar. Apabila tidak ada relay, pemasangan asesoris yang tidak sesuai dengan standar pabrik akan mengakibatkan aki lebih cepat tekor.

Demikianlah informasi tentang penggunaan relay pada sepeda motor. Ketahui jugaperbedaan RX-King dan RX-Spesial jika anda berencana mengoleksi sepeda motor antik dan kece ini. Selain itu juga anda wajib tahu 10 motor berteknologi tinggi di dunia ,11 sepeda motor tercepat di dunia serta 10 sepeda motor termahal di dunia sebagai referensi untuk membeli kendaraan baru.

Categories
Sparepart

Fungsi Pulser Pada Motor – Cara Kerja dan Jenis nya

Mempunyai kendaraan adalah suatu keharusan di jaman sekarang , minimal setiap orang sudah memiliki kendaraan bermotor meski itu masih kredit atau cicil dengan jenis motor matic ataupun bebek.  Akan tetapi pengetahuan akan sparepart motor seperti mengetahui fungsi pulser pada motor ,Cara Merawat Motor Injeksi dan motor non injeksi  dengan baik masih minim di setiap pemilik kendaraan bermotor .  Salah satu part yang masih minim di ketahui pemilik motor adalah yang akan kita bahas kali ini , yaitu pulser motor. Para rider yang sudah mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic dan Bebek akan lebih memilih motor matic , karena motor ini memiliki kelebihna kemudahan dalamberkendara

Fungsi Pulser Pada Motor

Pulser motor adalah sebuah perangkat penting yang ada di mesin kendaraan bermotor  berbahan bakar bensin yang berfungsi sebagai penentu waktu kepada CDI (Capasitor Discharge Ignition) maupun TCI (Transistor Control Ignition) untuk memantikan listrik yang akan di teruskan ke proses pengapian oleh busi. Atau dalam bahasa mudahnya yaitu untuk membaca atau mendeteksi posisi piston motor berdasarkan posisi Pick Up pada magnet yang selanjutnya akan dikirim ke CDI  maupun TCI ( dan digunakan untuk menentukan Timing pengapian.

Bentuk pulser itu sendiri berupa besi  yang memiliki magnit kemudian di lilit kawat tembaga halus.bila ada benda seperti besi di dekatkan atau di tempelkan pada ujung pulser itu sendiri kemudian ditarik secara berulang-ulang maka ujung-ujung dari pulser tersebut mengalir listrik. Aliran listriknya itu sendiri dapat kita lihat menggunakan alat seperti  avo meter dengan jarum penunjuk pemakaianya mengarah pada ohm meter skala  x10 atau x100.

Dengan cara begitu maka jarum penunjuknya akan menunjukkan nilai dari lilitan pulser itu sendiri. kemudian kita coba tempelkan besi pada ujung pulser beberapa kali maka akan terlihat jarum ohm meter akan bergetar yang menunjukan tanda adanya aliran listrik yang mengalir dari pulser.

Pulser di motor itu sendiri di dalam pemasanganya ada beberapa jenis seperti bawaan pabrik atau stelan yang memang di rubah oleh si pemilik . tapi , terkadang seringkali  ada pulser yang satu ujungnya di keluarkan menuju cdi kemudian yang satunya lagi langsung ke bodi mesin dan ada juga yang langsung keluar dua ujung dan masuk ke cdi juga . Disamping itu ada cdi yang hanya bisa bekerja apabila di beri ujung pulser salah satu dari pulser  tersebut atau biasanya lebih gampang kalau kedua ujung pulser tersebut keluar listrik negativ dan positif maka kita cari dari ujung tersebut untuk cdi kita.

Jenis Pulser

Banyak orang yang belum tau bahwa ada 2 jenis pulser di dalam mesin motor meskipun fungsi pulser pada motor sama saja akan tetapi  beberapa pabrik otomotif bawaan seperti yamaha, honda , suzuki atau kawasaki memilih jenis jenis pulser tertentu. Bukan karena bagus atau murah , penentuan pulser pada espeda motor berpengaruh pada daya tenaga dan juga effisiensi bahan bakar motor itu sendiri.

  • Pulser Positif

Adalah pulser yang apabila ujung paling depan dari tonjolan magnet melewati Pulser, maka Pulser itu sendiri akan menghasilkan Pulsa Positif.  Dan sebaliknya apabila ujung paling belakang tonjolan magnet melewati pulser maka pulser akan menghasilkan pulsa negatif. pulsa postif B digunakan untuk Advance timing saat RPM menengan ke Atas dan Pulsa Negatif A digunakan saat Idle atau RPM menengah ke bawah.

Beberapa contoh yang menggunakan pulser positif 2 kabel yaitu : yamaha Mio ,  Yamaha jupiter Z ,yamaha Jupiter MX ,yamaha Scorpio dll . Sedangkan contoh motor yang menggunakan pulser positif dengan 1 kabel yaitu : Honda Blade , Honda Beat , Honda Karisma , Honda Supra x 125 dll.

  • Pulser Negatif

Adalah pulser dari kebalikan pulser postif  yang apabila Ujung paling depan dari tonjolan magnet melewati Pulser maka Pulser akan Menghasilkan Pulsa Negatif, dan apabila Ujung paling belakang dari tonjolan magnet melewati Pulser maka Pulser akan menghasilkan Pulsa Positif.

Beberapa contoh yang menggunakan pulser negatif 2 kabel yaitu : Suzuki old Satria FU , Yamaha Bison dll . Sedangkan contoh motor yang menggunakan pulser negatif dengan 1 kabel yaitu : New Satria FU , Suzuki Smash titan , Suzuki spin , Honda cbr dll.

Cara Cek Pulser Motor

Meski kita mengetahui penyebab Motor Kurang Tenaga akan tetapi, hampir semua sparepart pada motor ada masa ausnya atau lebih ringannya ada masa expirenya jadi tiap part yang menempel pada motor akan mati atau rusak pada waktunya baik karena pemakaian ataupun masalah teknis lainnya . kerusakan atau ke ausan itu sendiri tidak terkecuali pada pulser motor kita  , fungsi pulser pada motor sangat lah wajib kita cek apakah masih layak atau mesti kita ganti dengan part yang baru. Berikut Cara cek pulser motor kita.

Sebelum cek pulser alangkah baiknya perlu kita ketahui bahwa lilitan kawat tembaga yang berada didalam pulser adalah kawat tembaga yang berbentuk kecil dan sangat halus. Dalam mekanismenya Jika kita tempelkan pada ujung komponen pulser secara beberapa kali nantinya otomatis diujung lilitan pulser akan mengalirkan arus listrik namun sangat kecil. Jika anda menggunakan volt meter dan lihat pada volt meter jarum bergerak pada skala 0,5 sampe dengan 1 volt.

selanjutnya anda coba hubungkan dengan besi pada pulser berulang-ulang,  nantinya apabila jarum avo meter bergerak-gerak berarti terdapat arus listrik didalam  pulser dan menandakan bahwa pulser motor kita dalam kondisi baik. Namun apa bila sebaliknya tidak ada pergerakan sama sekali atau pergerakan nya berbeda maka pulser bisa di katakan rusak. sebetulnya jika kita tidak mempunyai alat seperti avo meter bisa dengan cara mencopot kumparan pada pulser motor dan mencoba pulser dari motor lain . Jika bisa nyala atau tidak ada masalah lagi sudah di pastikan pulser motor kita bermasalah.

Ciri-Ciri Pulser Lemah Atau Rusak

Cara cek di atas merupakan cara cek bila kita memahami mesin dan juga terbiasa bongkar part mesin motor kita sendiri , tapi bagaimana bagi orang awam akan otomotif ingin mengetahui pulser kita lemah atau rusak ? tentunya kita terlalu was was jika harus membongkar mesin motor untuk mengetes dengan alat tes seperti avo meter. Tidak usah khawatir , biasanya motor akan mengeluaran gejala gejala apabila ada part di dalam mesin yang bermasalah. setidaknya ada beberapa ciri bahwa pulser kita rusak atau lemah.

Ciri pulser sudah lemah , rusak atau tidak berjalannya fungsi pulser pada motor terdapat pada sepeda motor yang mempunyai gejala atau problem hampir sama dengan apabila part CDI kita rusak. Contoh pulser yang mengalami lemah atau rusak sedang  biasanya mesin sepeda motor masih bisa kita hidupkan dan di ajak jalan jalan ,  namun pada beberapa saat jalan sepeda motor tersendat-sendat seperti kehabisan bensin.

Biasanya problem tersebut pada umumnya terjadi ketika kondisi motor pelan atau pada saat melaju kencang. Namun berbeda jika kasusnya lilitan yang berada didalam pulser motor itu sendiri putus maka sepeda motor tidak bisa hidup sama sekali, hal ini disebabkan dikarnakan fungsi pulser pada motor tidak maksimal dan tidak menyalurkan tegangan ke unit CDI.

Perlu di ketahui juga pulser sendiri merupakan part yang sangat vital di mesin motor , meskipun kita memiliki merk Motor Bebek Terbaik dan Tercepat akan tetapi apabila tanpa ada pulser ataupun rusaknya fungsi pulser pada motor kita bagaikan tanpa mesin yaitu tidak bisa jalan. Alangkah baiknya memeriksaka motor secara rutin setidaknya 2 bulan sekali demi menjaga kebugaran mesin motor kita sendiri atau setidaknya kita tahu  Cara Merawat Motor Matic  ataupun motor bebek. Karena jika kita sedang enak enak jalan tapi kumparan pada pulser putus , akan membuat kita repot harus mendorong motor karena motor tidak bisa hidup.