Sponsors Link

7 Tips Merawat Motor Bebek Agar Awet

Sponsors Link

Sepeda motor merupakan kendaraaan roda dua bermesin yang sudah lama dikenal di dunia ini. Dari 6 jenis sepeda motor di seluruh dunia, motor bebek merupakan salah satu jenis motor yang cukup diminati disamping motor matic yang mengeser kepopuleran motor beber dari segi minat masyarakat. Dalam sejarahnya, motor bebek merupakan motor dengan pengguna terbanyak sebelum ada teknologi automatis pada motor matic muncul di masyarakat.

Motor bebek merupakan sepeda motor dengan ukuran kecil yang dibangun pada sebuah rangka yang terdiri dari pipa besi besar. Meskipun sedikit memiliki perbedaan, motor bebek sering disebut sebagai “step-through” di barat dan dikelompokkan sebagai skuter. Mesin yang digunakan dalam motor bebek ini adalah mesin manual dengan penambahan gigi maksimal mencapai tingkat ke- 4. Motor bebek termasuk kedalam motor yang enak buat boncengan.

Masih adanya peminat terhadap motor bebek dibalik kelebihan dan kekurangan motor matic dan bebek, menunjukkan bahwa motor bebek masih memiliki minat meskipun lebih kecil dibandingakan dengan motor matic. Dari daftar yang dibuat, ada 11 sepeda motor bebek terbaik di Indonesia. Sebagian pengguna motor bebek, merawat motor adalah sesuatu yang cuku penting. Untuk dapat merawat motor dengan baik, berikut tips merawat motor bebek ynag perlu pahai dan dipersiapkan sebelum menuju pelaminan. Tips merawat motor bebek tersebut antara lain :

  1. Mengecek kondisi oli

Melakukan pengecekan oli melupakan salah satu teknis perawatan peventif. Pengecekan tersebut dilakukan agar oli tidak berkurang dan kondisinya tetap bagus, oli yang memiliki warna kehitaman serta kurang kental sebaiknya segera diganti karena tanda tersebut mengambarkan bahwa fungsi oli untuk melapisi gesekan pada komponen mesin serta untuk meredakan panas yang terbentuk sudah tidak bisa digunakan lagi.

  1. Mengecek kondisi aki.

Air aki pada AKI memiliki batasan maksmum dan minimul yang mungin bagi sebagian orang belum mengetahuinya. Dalam melakukan pengecekan aki, lihatlah indikator pembatas air aki tersebut dan apabila jumlahnya menurun maka dapat dikatakan motor juga menjadi bermasalah terutama pada bagian kelistrikan motor. AKI pada motor memiliki usia pakai yang layak dan wajar, biasanya kurang lebih 2 tahun, sehingga perlu adanya pengantian AKI. Untuk melakukan pengantian AKI, selalu sesuaikan spesifikasi AKI lama dengan AKI baru agar tidak muncul permasalahan teknis baru.

  1. Mengecek kondisi rantai dan roda gigi.

Rantai dan roda gigi merupakan komponen pengerak yang menjadi pembeda motor bebek dengan motor matic yang menggunakan vainbelt. Agar motor bebek tetap terawat dan terjaga performanya, perawatan dan pengecekan kondisi rantai dan roda gigi harus sering – sering dilakukan untuk melihat apakah ada kelongaran dan kondisi kering pada bagian tersebut.

  1. Mengecek kabel koil dan busi

Busi berperan penting dalam kehidupan mesin motor bebek, adanya permasalahan pada bagian ini dapat menyebabkan motor bebek menjadi mati. Sedangkan kabel koil merupakan kabel yang menghubungkan arus listrik dengan busi. Kabel koil dan busi termasuk dalam komponen yang memiliki usia pakai dan perlu diganti apabila fungsionalnya sudah tidak didapati lagi.

  1. Merawat filter kaburator

Filter kaburator merupakan bagian penting pada mesin yang terdapat di motor bebek. Karburator berfungsi dalam sistem pengabutan, yakni proses pemasukan bahan bakar kedalam silinder pada mesin motor. Komponen ini harus terjaga dan terawat dengan baik agar mesin motor bebek dapat difungsikan dengan normal. Filter kaburator merupakan bagian yang biasanya cepat rusak apabila tidak diperhatikan. Dalam motor bebek dikenal 2 macam filter karburator yakni basah dan kering. Untuk filter karburator yang basah pembersihannya menggunakan bensin dan oli sedangkan filter kering pembersihannya menggunakan kompresor angin.

  1. Memperhatikan selang bensin

Komponen lain yang perlu dirawat pada motor bebek adalah selang bensin. Selang ini berfungsi mengarahkan bensin kedalam karburator. Kondisi komponen ini harus dijaga dan selalu terlihat baik. Perhatikan bentuk selang tersebut apakah terlalu lentur atau terlalu keras. Kondisi selang harus pas tidak lentur dan tidak keras agar dapat berfungsi dengan baik.

  1. Jangan memanaskan motor terlalu lama

Memanaskan motor merupakan tindakan yang baik dalam mempersiapkan semua komponen motor sebelum digunakan. Namun, memanaskan motor bebek terlalu lama juga dapat menimbulkan masalah teknis pada motor bebek anda. Lama waktu pemanasan yang ideal adalah selama 2 – 5 menit. Pemanasan ini berfungsi untuk melapisi dan melumasi semua komponen mesin yang bergerak dengan oli.

Berbagai cara perawatan diatas untuk motor bebek haruslah dilakukan secara rutin dan benar untuk menjaga motor bebek tetap awet serta memiliki performa yang baik. Perawatan yang salah serta asal – asalan malah dapat memperparah masalah teknis yang muncul pada motor bebek tersebut. Sebagai bahan pertimbangan dalam memilih motor bebek yang baik, ada daftar 11 sepeda motor bebek terbaik di Indonesia.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan

Leave a Reply