Sponsors Link

13 Cara Merawat Motor Matic Agar Awet

Sponsors Link

Cara merawat motor matic sangat mudah dilakukan jika kita tahu apa yang harus dilakukan dalam perawatannya. Di zaman yang modern ini banyak sekali kita jumpai motor matic di jalan raya. Motor matic merupakan kendaraan yang beroda dua dan merupakan tipe motor yang mengalami kenaikan penjualan pada tiap tahunya. Karena memang motor jenis ini sangat diminati banyak orang karena disamping unik juga mudah memakainya. Banyak merk seperti Honda, Yamaha dll memproduksi motor matic dengan berbagai macam.

ads

Motor matic ini pada umumnya digunakan oleh kaum wanita, akan tetapi tidak jarang juga para kaum pria menggunakan atau memakai motor jenis matic ini. Dengan banyaknya pengguna dari motor matic ini tentunya membutuhkan perawatan khusus pada motor. Penggunaan pada motor matic sangat mudah dioperasikan dan hal itu menjadi salah satu keunggulan bagi motor jenis ini.

Pada dasarnya semua motor pasti memiliki keunggulan masing masing. Namun pada motor matic terdapat banyak kekurangan di bandingkan dengan motor jenis lain, salah satunya adalah tidak bisa menahan beban yang berat dan pada bahan bakarnya juga sedikit lebih boros.

Baca juga :

Memiliki motor matic yang awet pasti menjadi impian bagi kita semua. Akan tetapi dengan mewujudkan hal itu salah satunya adalah melakukan perawatan pada motor matic anda. Perawatan motor matic ini sedikit berbeda dengan perawatan motor jenis lain yang menggunakan gigi manual.

Banyak orang yang mengatakan bahwa melakukan perawatan pada motor adalah hal yang sulit dilakukan dan akan mengeluarkan biaya yang sangat mahal. Dari pendapat tersebut kami ingin sedikit membantu para pengguna motor matic dengan memberikan beberapa cara merawat motor matic demi memperoleh performa terbaik pada motor agar tetap awet.

1. Memanasi Mesin Motor

Melakukan pemansan terhadap mesin pada motor matic anda sebelum digunakan sangatlah penting guna menjaga keawetan dan stabilitas pada mesin motor matic anda. Biasakanlah memanasi motor sebelum anda gunakan dalam waktu kurang lebih 5 sampai 10 menit.

Memanasi mesin juga membuat performa pada motor matic anda maksimal karena pada saat pemanasan mesin, seluruh oli mengalir dan pastinya tercampur pada mesin motor anda. (baca juga : kelebihan dan kekurangan motor matic)

2. Stabilkan Kecepatan Motor

Perawatan yang selanjutnya adalah dengan cara menstabilkan kecepatan pada saat menggunakan motor. Susah susah gampang dan tentunya membutuhkan kesabaran dengan tips yang kali ini. Artinya adalah pada saat anda menggunakan motor, usahakan selalu stabil pada posisi gas motor.

ads

Jangan sekali kali mengegas motor dengan sangat kencang kemudian secara tiba tiba mengurangi gas dan mengerem dengan mendadak lalu mengegas lagi dengan kencang. Hal itu yang akan membuat mesin pada motor anda tidak awet. Alangkah lebh baiknya jika anda mengendarai motor jangan terlalu kencang. Disamping menjaga mesin pada motor anda, juga menjaga keselamatan pada diri anda. (baca juga : keluarnya asap pada motor)

3. Mengecek Bahan Bakar

Bahan bakar pada motor sangat berpengaruh bagi motor anda. Kita sering lupa dengan hal ini, apalagi pada speedometer pada motor kita mati. Tentunya tidak akan tahu waktu bahan bakar pada motor kita habis.

Usahakan ketika mengisi bahan bakar, jangan menunggu habis baru akan mengisinya apalagi sampai kekosongan bahan bakar. Jika jarum speedometer sudah menunjukkan posisi emty segera isi kan bahan bakar pada motor anda. (baca juga : cara mengatasi motor sulit distarter)

4. Gunakan Bahan Bakar Yang Berkualitas

Banyak sekali sekarang orang yang menjual bahan bakar/bensin oplosan. Usahakan untuk mengisi bahan bakar yang berkualitas misalnya mengisi bhn bakar di pom bensin. Tidak melarang juga mengisi bahan bakar di pinggir jalan, akan tetapi perlu hati hati untuk melihat bahan bakar tersebut oplosan atau tidak.

Jika memang bahan bakarnya asli akan baik baik saja, tetapi jika oplosan tentunya akan berbahaya bagi mesin motor. Kualitas dari bahan bakar sangat berpengaruh pada mesin motor anda. (baca juga : fungsi oli samping pada sepeda motor)

5. Mengecek Oli Motor dan Rutin Mengganti Oli

Mengecek oli motor secara rutin harus anda lakukan guna merawat motor anda. Lakukan penggantian oli secara rutin dan terjadwal. Mengganti oli bias dengan cara mengganti sendiri atau membawa motor anda di bengkel motor. Dengan mengganti oli secara rutin, mesin pada motor anda akan awet. (baca juga : penyebab sepeda motor boros)

6. Memerikasa Kondisi Aki

Cara perawatan motor matic yang selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan terhadap kondisi aki pada motor matic anda. Aki pada motor jika anda lupa untuk mengeceknya akan berakibat pada motor anda. Misalnya adalah saat anda asyik mengendarai motor tiba tiba motor mogok dit tengah jalan.

Sponsors Link

Salah satu penyebabnya adalah aki tersebut. Dengan mengecek aki pada motor anda akan membuat performance yang baik pada mesin motor anda. Jika aki pada motor anda tidak berfungsi maka ganti dengan aki yang baru. (baca juga : kelebihan pertamax pada kendaraan bermotor)

7. Memeriksa Busi Motor

Sangat tidak wajar jika anda sudah memeriksa aki pada motor lalu tidak memeriksa busi motor. Busi yang terdapat pada motor sangat berguna agar motor bisa menyala dan digunakan.

Tanpa adanya komponen motor yang satu ini, motor tidak akan bisa digunakan. Usahakan secara rutin mengecek busi pada motor anda. Kalau sudah tidak berfungsi, segera ganti dengan busi yang baru. (baca juga : kelebihan ban yang diisi dengan nitrogen)

8. Memeriksa Roler dan Ventbelt

Ventbelt berfungsi sebagai gerak pada motor matic. Vantbelt sama saja dengan rantai yang terdapat pada motor bebek yang lain. Pada motor bebek yang perlu di cek adalah rantai motor dan gear sedangkan untuk motor matic anda harus mengecek pada roler dan ventbelt.

Jika pada saat anda cek roler dan vantbelt sudahterlalu lama dan tidak layak untuk dipakai, maka segera ganti dengan yang baru. (baca juga : penyebab motor susah hidup)

Sponsors Link

9. Mengganti Oli Shockbreaker

Pada segala motor bukan hanya pada motor matic saja, pastinya terdapat yang namanya oli shockbreaker. Oli ini bukan hanya terdapat pada mesin motor, tetapi juga pada Shockbreaker nya. Biasanya akan dilakukan pergantian oli ini jika motor sudah mencapai jarak 10000KM.

Baca juga :

Cara lainnya yaitu

  1. Mengecek Ruang Transmisi
  2. Menghindari kehabisan Bensin

Demikian Sedikit tips cara merawat motor matic anda. Beberapa cara di atas di jelaskan dan sangat mudah untuk mempraktekkannya. Lakukan perawatan pada motor anda secara rutin dan ikuti beberapa langkah yang sudah ibahas di atas, maka anda akan menemukan hasil performa terbaik pada motor anda. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi yang membutuhkannya. Terimaksih ….

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Wednesday 07th, June 2017 / 09:02 Oleh :
Kategori : Perawatan

Leave a Reply

Your email address will not be published.