Sponsors Link

4 Cara Menghilangkan Karat Pada Stang Motor yang Benar

Sponsors Link

Berbagai permasalahan pada sepeda motor dapat muncul karena faktor usia dan intensitas penggunaan sepeda motor sebagai moda transportasi favorit dan populer di masyarakat Indonesia. Sepeda motor memang saat ini menjadi kendaraan yang paling sering dimiliki dan digunakan untuk mendukung berbagai aktifitas sehari – hari. Karena intensitas penggunaan yang tinggi tersebut, motor dapat mengalami berbagai masalah yang sering kali menganggu pemiliki dan menurunkan performa serta fungsinya.

ads

Untuk menghindari berbagai masalah teknis dan masalah lainnya pada sepeda motor yang memiliki usia tua dan intensitas penggunaan tinggi. Berbagai jenis sepeda motor di seluruh dunia memiliki cara perawatan yang berbeda beda. Perbedaan perawatan motor ini dikarenakan adanya kondisi yang berbeda mulai dari bentuk dan mesin yang digunakan oleh mesin.. Cara merawat mesin motor matic akan berbeda dengan cara merawat motor dengan mesin manual. Namun terkadang, proses perawatan sepeda motor bukan hanya terpaku pada perawatan mesin namun juga harus difokuskan juga untuk membersihkan motor dari berbagai kotoran.

Proses perawatan sepeda motor ini ternyata sering diabaikan oleh para pemilik motor karena berbagai sebab. Perawatan yang tidak dilakukan secara rutin dan benar sering menjadi pemicu timbulnya masalah pada sepeda motor. Motor yang jarang dibersihkan dan dicuci serta dikeringkan apabila terkena air dapat memicu salah satu permasalahan yang perlu usaha untuk mengatasinya yakni munculnya karatan pada komponen sepeda motor yang berbahan besi.

Karatan yang terjadi pada beberapa bagian sepeda motor dengan bahan besi biasanya dipicu oleh proses oksidasi dari air pada komponen besi tersebut yang menghasilkan korosi. Karat yang muncul pada beberapa komponen besi di sepeda motor ini jika tidak teratasi dapat menyebabkan masalah yang lebih besar seperti kondisi rapuh dan berlubang. Salah satu komponen sepeda motor yang dapat menjadi berkarat adalah stang motor. Dalam mengatasi masalah stang motor yang berkarat ada beberapa bahan yang bisa digunakan. Bahan yang dapat digunakan dalam Cara menghilangkan karat pada stang motor tersebut diantaranya sebagai berikut.

  1. Produk Antikarat

Cara menghilangkan karat pada motor terutama untuk komponen stang yang paling sederhana namun membutuhkan dana yang lebih daripada cara lain adalah dengan menggunakan cairan antikarat yang banyak dijual dibengkel dan toko toko teknik. Cairan atau produk antikarat tersebut mengandung beberapa bahan kimia yang berfungsi untuk merontokkan karat. Namun dalam penggunaannya, banyaknya produk anti karat yang beredar luas dipasaran memiliki bahan yang berbahaya baik untuk komponen sepeda motor maupun untuk kesehatan penggunanya sehingga menjadikan kita harus mampu memilih produk anti karat yang benar.

Proses penggunaan produk antikarat ini cukup sederhana yakni hanya dengan menggosokkan cairan antikarat tersebut ke bagian yang stang motor yang berkarat. Namun sebelum menggosokkannya, kondisi bagian berkarat tersebut harus bersih dari kotoran seperti debu dan pasir agar cairan antikarat dapat berkerja dengan optimal untuk merontokkan karat pada beberapa bagian stang sepeda motor. Untuk mempermudah pembersihan, melepas stang motor juga dapat dilakukan karena biasanya bagian sambungan antara stang dengan motor merupakan bagian yang sering berkarat.

Kekuatan yang dibutuhkan untuk menggosok karat pada stang sepeda motor ini sangat bergantung pada tingkat keparahan karat yang terjadi Setelah karat dapat dibersihkan dan dihilangkan, jangan lupa untuk membilas bagian yang telah dibersihkan agar sisa cairan antikarat tidak menimbulkan masalah baru.

Sponsors Link

  1. Air Soda

Air soda yang memiliki sifat asam dan tingkat keasaman yang sangat tinggi sehingga dapat membersihkan  karat dengan cara menggosokkan air soda pada bagaian yang berkarat. Dalam proses penggosokan ini perlu dibantu dengan menggunakan kain lap bersih dan harus dilakukan berulang ulang. Setelah penggunaan air soda, bilaslah bagian yang digosok dengan air soda hingga bersih dan bila perlu menggunakan sabun. Untuk mendapatkan hasil yang baik cobalah merendam bagian stang motor beberapa saat dengan air soda sebelum mengosokkannya. Penggunaan air soda ini juga termasuk kedalam tips merawat motor agar tetap kinclong.

  1. Cairan Asam alami

Cara membersihkan karat pada stang motor lainnya adalah dengan menggunakan cairan asam. Cairan asam dapat membantu membersihkan dan merontokkan karat yang sangat susah dihilangkan. Cairan asam alami dapat didapatkan dari cuka apel dan perasan air lemon. Untuk membantu proses penghilangan karat ini, taburkan garam sebelum menggunakan cairan asam tersebut. Cuka apel dan perasan air lemon ini dapat digunakan bersamaan agar lebih efektif. Untuk hasil yang lebih baik cobalah merendam stang motor dalam cairan asam alami ini sebelum menggosoknya.

Sponsors Link

  1. Batu Hijau

Batu hijau atau yang lebih dikenal dengan nama watu ijo merupakan jenis batuan lunak yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan karat pada beberapa komponen besi dari sepeda motor terutama stang. Dalam penggunaannya, irislah batu hijau tersebut kecil kecil seperti mengiris gula jawa dan campurkan dengan braso. Gosokkan campuran tersebut kebagian komponen sepeda motor yang karat dengan bantuan kain lap bersih atau bisa juga menggunakan koran bekas. Penggunaan batu hijau ini juga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan karat pada velg motor.

Demikianlah bahan bahan yang dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan karat pada stang motor yang bisa dilakukan sendiri dirumah dengan biaya yang cukup minim.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan

Leave a Reply