Sponsors Link

5 Cara Menghilangkan Karat Pada Shock Motor yang Benar

Sponsors Link

Proses perawatan pada sepeda motor merupakan proses yang harus dilakukan untuk menjaga motor agar tetap awet dan tidak menyebabkan berbagai permasalahan. Perawatan ini sangat penting terutama untuk sepeda motor yang sudah memiliki usia tua serta intensitas pemakaian yang sangat tinggi. Berbagai jenis sepeda motor diseluruh dunia yang tidak dirawat dengan baik pasti akan menjadi motor yang tidak nyaman digunakan meskipun memiliki harga yang tinggi dan teknologi terbaru.

ads

Berbagai masalah yang timbul pada sepeda motor yang tidak dirawat dengan baik dapat terjadi pada komponen mesin motor dan berbagai komponen lainnya. Permasalahan perawatan yang jarang dilakukan ini juga terkadap dipicu dan diperparah oleh keadaan motor yang jarang dibersihkan dari kotoran baik itu debu, pasir, serta air. Khusus untuk air, bahan ini apabila tidak dibersihkan pada beberapa komponen terutama bagian sepeda motor yang berbahan dasar besi dapat memicu terjadinya karatan.

Karat merupakan korosi yang dihasilkan dari proses oksidasi pada bahan logam dan besi yang dipicu oleh air. Kondisi karatan pada sepeda motor dapat terjadi pada semua komponen seperti velg, rantai, mesin motor, knalpot, dan berbagai komponen lainnya. Shock pada sepeda motor juga dapat mengalami karatan karena komponen tersebut juga berbahan besi.

Shock menurut wikipedia merupakan sebuah alat mekanik yang didesain untuk meredam hentakan yang disebabkan oleh energi kinetik. Shock atau peredam kejut bertangung jawab terhadap sistem suspensi yang ada pada sepeda motor sehingga sangat menentukan tingkat kenyamanan penggunaan. Shock yang berbahan dasar besi ini apabila sering terpapar air dan tidak dibersihkan dapat mengalami karatan. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara menghilangkan karat pada shock motor menggunakan bahan bahan berikut :

1. Air soda 

Air soda yang memiliki sifat asam dan tingkat keasaman yang sangat tinggi sehingga dapat membersihkan  karat dengan cara menggosokkan air soda pada bagian yang berkarat seperti shock motor. Dalam proses penggosokan ini perlu dibantu dengan menggunakan kain lap bersih dan harus dilakukan berulang ulang. Setelah penggunaan air soda, bilaslah bagian yang digosok dengan air soda hingga bersih dan bila perlu menggunakan sabun. Untuk mendapatkan hasil yang baik cobalah merendam bagian shock motor beberapa saat dengan air soda sebelum mengosokkannya. Namun apabila pelepasan shock motor dirasa sulit maka penggosokan berulang kali dan konsisten sudah cukup. Penggunaan air soda ini juga termasuk kedalam tips merawat motor agar tetap kinclong.

2. Tanah liat

Tanah liat merupakan salah satu cara menghilangkan karat pada besi dengan bahan alami. Tanah liat memiliki tekstur yang lembek dan liat serta mampu menyerap kotoran dan merontokkan karat. Cara penggunaannya juga sangat mudah, sama seperti dengan bahan anti karat lainnya yang digunakan dengan cara menggosoknya ke bagian yang berkarat dengan berulang kali. Jangan lupa untuk membersihkan sisa tanah liat setelah proses penggosokan. Tanah liat juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan baret pada motor.

Sponsors Link

3. Cairan asam

Cara menghilangkan karat pada motor terutama bagian shock adalah dengan menggunakan cairan asam. Cairan asam dapat membantu membersihkan dan merontokkan karat yang sangat susah dihilangkan karena sifat asam yang mampu menghentika korosi pada besi. Cairan asam alami dapat didapatkan dari cuka apel dan perasan air lemon. Untuk membantu proses penghilangan karat ini, taburkan garam sebelum menggunakan cairan asam tersebut. Cuka apel dan perasan air lemon ini dapat digunakan bersamaan agar lebih efektif.

4. Batu hijau

Bahan lainnya yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan karat pada shock motor adalah batu hijau. Batu hijau atau yang lebih dikenal dengan nama watu ijo merupakan jenis batuan lunak yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan karat pada beberapa komponen besi dari sepeda motor tak terkecuali shock motor. Dalam penggunaannya, irislah batu hijau tersebut kecil kecil seperti mengiris gula jawa dan campurkan dengan braso. Gosokkan campuran tersebut kebagian komponen sepeda motor yang karat dengan bantuan kain lap bersih atau bisa juga menggunakan koran bekas. Penggunaan batu hijau ini juga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan karat pada velg motor.

Sponsors Link

5. Produk antikarat.

Cara menghilangkan karat pada shock motor yang paling sederhana namun membutuhkan dana yang lebih daripada cara lain adalah dengan menggunakan cairan antikarat yang banyak dijual di bengkel dan toko toko teknik. Cairan atau produk antikarat tersebut mengandung beberapa bahan kimia yang berfungsi untuk merontokkan karat. Namun dalam penggunaannya, banyaknya produk anti karat yang beredar luas di pasaran memiliki bahan yang berbahaya baik untuk komponen sepeda motor maupun untuk kesehatan penggunanya sehingga menjadikan kita harus mampu memilih produk anti karat yang benar.

Dalam memilih produk antikarat yang cukup banyak mereknya tersebut, perhatikan jenis bahan kimia yang dipakai apakah aman digunakan untuk sepeda motor dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Meskipun produk antikarat tersebut aman namun dalam penggunaannya selalu gunakan masker agar bahan kimia tidak masuk kedalam tubuh. Beberapa bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan karat pada shock motor tersebut dapat dilakukan dengan sendiri dirumah dan merupakan cara yang sederhana namun efektif.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan

Leave a Reply