Sponsors Link

3 Cara Menghilangkan Karat Pada Rantai Motor dengan Mudah

Sponsors Link

Memiliki kendaraan sepeda motor bukan hanya terpaku pada fungsi serta penggunaannya saja. Ada beberapa pertimbangan yang juga tetap harus diperhatikan agar setiap fungsi serta manfaat sepeda motor sebagai moda transportasi yang paling menguntungkan dapat tetap dirasakan secara optimal. Bebagai kelebihan sepeda motor seperti bentuknya yang ramping, ringan, dan handal dalam melewati jalanan merupakan hal yang tidak bisa didapatkan dari kendaraan lainnya.

ads

Namun berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh sepeda motor tersebut dapat menjadi terbalik 180 derajat menjadi hal yang tidak mengenakan apabila muncul permasalahan teknis. Kondisi masalah teknis ini dapat muncul pada sepeda motor  khususnya yang sudah memiliki usia sangat tua. Selain itu, cara merawat motor matic dan jenis motor lainnya juga sangat penting demi menghindarkan sepeda motor dari berbagai masalah teknis.

Perawatan motor baik pada mesin maupun pada body merupakan bagian yang sering terabaikan dan jarang dilakukan oleh pemilik motor. Kondisi tersebut dapat menimbulkan resiko yang lebih besar terjadinya masalah teknis pada sepeda motor. Masalah teknis yang terjadi bisa secara langsung berhubungan dengan msein maupun komponen lainnya pada sepeda motor. Salah satu komponen yang dapat mengalami masalah adalah rantai motor.

Kendala yang sering terjadi pada rantai motor adalah kondisi dimana rantai mengalami karatan akibat kurang pemberian peluman dan sering terkena air. Air yang tersisa pada rantai tersebut dapat menyebabkan terjadinya reaksi oksidasi pada besi rantai motor sehingga munculah karat. Karat yang muncul pada rantai apabila terus dibiarkan dapat menyebabkan tarikan menjadi tidak optimal dan menjadikan motor kurang tenaga. Untuk mengatasi karat pada rantai tersebut, berikut cara menghilangkan karat pada rantai motor sebagai solusi masalah rantai yang karatan.

  1. Melepaskan rantai motor

Langkah awal yang harus dilakukan untuk membersihakan karat pada rantai motor adalah dengan melepaskan rantai dari sepeda motor. Dengan melepaskan rantai ini makan pembersihan karan yang dilakukan bisa lebih maksimal karena bagian yang sering berkarat pada rantai adalah bagian dalam dan sela selanya. Namun bila anda menggunakan bahan antikarat semprot bisa langsung digunakan tanpa melepasnya, akan tetapi hasilnya tidak akan maksimal.

  1. Gunakan bahan anti karat

Cara menghilangkan karat pada rantai motor yang paling sederhana dan mudah adalah dengan menggunakan cairan antikarat yang banyak dijual dibengkel. Pilihlah produk antikarat yang penggunaannya melalui semprotan agar rantai tidak perlu di lepas, namun untuk hasil yang lebih maksimal pelepasan rantai harus dilakukan agar pembersihan lebih mudah. Banyaknya produk anti karat yang beredar luas dipasaran menjadikan kita harus mampu memilih produk anti karat yang benar.

Beberapa cairan multi purpose lubricant atau anti karat memiliki kandungan bahan kimia berbahaya yang dapat merusak komponen sepeda motor dan dapat membahayakan bagi kesehatan. Dalam memilih produk anti karat ini sebaiknya anda jangan mudah tertipu dengan harga yang murah karena bisa jadi produk dengan harga murah itu memiliki kemungkinan lebih tinggi mengangung bahan kimia berbahaya.

Sponsors Link

  1. Rendam rantai motor dengan larutan bahan alami penghilang karat.

Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk menghilangkan karat pada rantai motor adalah dengan merendam rantai motor didalam larutan anti karat alami. Dengan perendaman rantai motor pada larutan anti karat ini maka proses penggosokan untuk membersihkan karat akan lebih mudah. Penggunaan bahan alami ini dapat menghindari efek negatif penggunaan produk antikarat pada komponen motor dan kesehatan. Cara menghilangkan karat pada besi dengan bahan alami untuk membersihkan karat pada rantai motor adalah sebagai berikut.

  • Air soda, air soda yang memiliki sifat asam dan tingkat keasaman yang sangat tinggi sehingga dapat membersihkan kotoran karat dengan cara menggosokkan rantai motor setelah merendamnya dengan air sodo.
  • Batu Hijau, batu hijau atau yang lebih dikenal dengan nama watu ijo merupakan jenis batuan lunak yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan karat pada motor. Dalam penggunaannya, irislah batu hijau tersebut kecil kecil seperti mengiris gula jawa dan campurkan dengan minyak braso kemudian rendamlah beberapa saat rantai motor pada larutan ini. Setelah perendaman gosoklah rantai agar kotoran karat hilang.
    Sponsors Link

  • Tanah liat, Bahan lainnya yang dapat digunakan untuk membantu menghilangkan karat pada rantai motor adalah tanah liat. Tanah liat memiliki tekstur yang lembek dan liat serta mampu menyerap kotoran dan membersihkan karat. Tanah liat juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan baret pada motor.
  • Cairan asam, Cairan asam dapat membantu membersihkan dan merontokkan kotoran kotoran karat yang sangat susah dihilangkan. Cairan asam alami dapat didapatkan dari cuka apel dan perasan air lemon. Untuk membantu proses penghilangan karat ini, taburkan garam sebelum menggunakan cairan asam tersebut. Cuku apel dan perasan air lemon ini dapat digunakan bersamaan dalam satu larutan rendaman agar proses permbersihan lebih efektif.

Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membersihkan karatan pada rantai diatas dapat dilakukan sebagai upaya agar karatan dapat segera diatasi dan tidak menimbulkan masalah yang lebih besar. Namun apabila dari semua proses dan cara yang dilakukan tidak menimbulkan hasil yang baik karena karat pada rantai sudah sangat parah maka hal yang dilakukan adalah dengan memasang rantai motor yang baru.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan

Leave a Reply