Sponsors Link

3 Cara Menghilangkan Karat Pada Rangka Motor dengan Cepat

Sponsors Link

Sepeda motor sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Berbagai jenis sepeda motor di seluruh dunia dapat kita temui mengaspal di jalanan Indonesia. Banyaknya kelebihan sepeda motor dibandingkan dengan moda transportasi lainnya menjadikan pamor sepeda motor terus naik. Kelebihan kelebihan sepeda motor seperti kemudahan penggunaan, kebutuhan lahan parkir yang minim, serta kehandalan untuk digunakan pada semua jenis jalan di Indonesia termasuk jalanan macet khas perkotaan di Indonesia.

ads

Dalam perkembangannya saat ini berbagai model, bentuk, jenis, dan merk sepeda motor bukan lagi terfokus hanya sebagai alat transportasi saja. Selain digunakan sebagai moda transportasi yang mendukung setiap aktivitas sehari hari, sepeda motor saat ini juga menjadi sebuah gaya hidup baru dan sebagai barang koleksi yang penampilan fisiknya sangat diperhatikan.

Beberapa permasalahan fisik yang dapat mempengaruhi sepeda motor harus dihilangkan dan dibersihkan karena akan menganggu penampilan dari sepeda motor. Salah satu kondisi fisik yang menganggu beberapa komponen sepeda motor yang berbahan besi adalah karat. Karat merupakan hasil korosi dalam proses oksidasi suatu benda berbahan logam. Benda yang berkarat akan sangat menganggu dan lama kelamaan menjadi keropos. Bagian sepeda motor yang dapat mengalami karat salah satunya adalah rangka motor.

Rangka motor merupakan bagian dasar yang membentuk sepeda motor dan menopang bagian lainnya. Rangka motor terbuat dari besi yang sangat kuat. Letaknya yang berada didalam seringkali luput ketika melakukan cara membersihkan mesin motor dan komponen lainnya. Rangka motor yang terkena air namun tidak segera dibersihkan akan memicu terjadinya oksidasi yang menyebabkan karatan. Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan sebagai Cara menghilangkan karat pada rangka motor seperti dijelaskan dibawah ini.

  1. Melepas penutup rangka motor

Sebelum melakukan pembersihan karat pada rangka motor maka hal yang harus dilakukan adalah melepas seluruh bagian atau komponen sepeda motor yang menutupi rangka. Dengan pelepasan ini maka posisi untuk membersihkan rangka motor akan lebih mudah sehingga proses pembersihannya menjadi lebih efektif. Jangan lupa untuk menyimpan semua mur dan baut agar proses pengembalian komponen sepeda motor yang tadinya dilepas dapat berlangsung dengan mudah.

  1. Bersihan karat menggunakan produk anti karat

Salah satu Cara menghilangkan karat pada rangka motor paling sederhana dan patut dicoba pertama kali adalah dengan menggunakan cairan antikarat yang banyak dijual di bengkel. Banyaknya pilihan merk produk anti karat yang beredar luas dipasaran menjadikan kita harus memilih dan memilah produk anti karat yang berkualitas dan sesuai dengan fisik sepeda motor.

Beberapa cairan multi purpose lubricant atau anti karat memiliki kandungan bahan kimia berbahaya yang dapat merusak komponen sepeda motor dan dapat membahayakan bagi kesehatan. Dalam memilih produk anti karat ini sebaiknya anda jangan mudah tertipu dengan harga yang murah karena bisa jadi produk dengan harga murah itu memiliki kemungkinan lebih tinggi mengangung bahan kimia berbahaya.

Ada cara yang dapat dilakukan untuk menguji kandungan bahan kimia yang ada pada produk antikarat secara sederhana. Proses pertama adalah dengan meneteskan atau menyemprotkan carian anti karat kedalam gelas transparan sampai menghasilkan cairan setinggi 1 cm. Setelah itu masukkan air dengan ketinggian kurang lebih 6-7 cm lalu diamkan. Secara normal bahan kimia akan berada diatas air, setelah itu aduk campuran tersebut dan lihat apa yang terjadi. Bila bahan kimia dapat terpisah dengan cepat makan dapat dipastikan produk tersebut memiliki kualitas yang baik.

Sponsors Link

  1. Menggunakan bahan alami

Untuk menghindari efek negatif penggunaan produk antikarat pada komponen motor dan kesehatan ada anternatif cara menghilangkan karat pada besi dengan bahan alami. Beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk membersihkan karat pada rangka motor adalah sebagai berikut.

  • Air soda, Air soda yang memiliki sifat asam dan tingkat keasaman yang sangat tinggi sehingga dapat membersihkan kotoran karat dengan cara menggosokkan air soda pada bagaian yang berkarat.
  • Batu Hijau, Batu hijau atau yang lebih dikenal dengan nama watu ijo merupakan jenis batuan lunak yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan karat pada motor. Dalam penggunaannya, irislah batu hijau tersebut kecil kecil seperti mengiris gula jawa dan campurkan dengan minyak braso. Minyak braso ini hanya digunakan sebagai campuran untuk memudahkan proses penggosokan.
    Sponsors Link

  • Tanah liat, Bahan lainnya yang dapat digunakan untuk membantu menghilangkan karat pada velg motor adalah tanah liat. Tanah liat memiliki tekstur yang lembek dan liat serta mampu menyerap kotoran dan membersihkan karat. Tanah liat juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan baret pada motor.
  • Cairan asam, Cairan asam dapat membantu membersihkan dan merontokkan kotoran kotoran karat yang sangat susah dihilangkan. Cairan asam alami dapat didapatkan dari cuka apel dan perasan air lemon. Untuk membantu proses penghilangan karat ini, taburkan garam sebelum menggunakan cairan asam tersebut. Cuku apel dan perasan air lemon ini dapat digunakan bersamaan agar lebih efektif.

Cara menghilangkan karat pada rangka motor diatas dapat anda coba dan pilih sesuai dengan kondisi karatan. Jika anda menggunakan produk antikarat berbahan kimia selalu gunakan masker mulut dan hidung untuk untuk menghindari terhirupnya aroma dari cairan antikarat tersebut yang dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan

Leave a Reply