Sponsors Link

Cara Menghilangkan Karat pada Motor

Sponsors Link

Tips kali ini yang akan di share berupa cara menghilangkan karat pada motor. Hampir semua motor akan mengalami karat jika dalam penggunaan yang cukul lama , ataupun terkena cairan yang akan memicu datangnya karat seperti air hujan. Air hujan rata rata lebih mudah mendatangkan karat pada beberapa  part motor kita jika ketika motor kita terkena hujan dan tidak kita bersihkan.(baca juga : cara merawat motor matic)

ads

Ada beberapa part yang paling sering karatan yaitu:

  • Knalpot, Bagian pembuangan ini paling sering berkarat terutama bagian leher knalpot. Penyebabnya banyak sekali , salahsatunya mungkin sering terdendam air atau melawati genangan air. Problem ini jangan di anggap sepele , karena dalam jangka waktu tertentu apabila di diamkan akan ada pengeroposan yang bisa berakibat knalpot bocor atau patah.(baca juga : Kelebihan dan kekurangan motor china)
  • Rangka Motor, bagian ini bisa di bilang jarang karena terlindungi oleh body motor , akan tetapi jika kita memiliki motor naked bike yang dimana sasis dan rangka terihat akan mudah juga terkena karat.
  • Rantai, Bagian rantaipun pasti sering berkarat apabila rantai kita jarang di berikan pelumas atau pelindung karat.
  • Monoshock/shock, Bagian shock/mono shock akan lebih sering karatan karena rata rata akan terciprat air kubangan yang kita lewati yang memang memicu karat.
  • Velg Roda, Bagian terpenting di motor ini pun pasti sering terkena karat apalagi jika menggunakan velg tipe jari jari , jika kita membersihkan motor tidak tuntas akan menimbulkan karat yang susah di bersihkan.
  • Swing Arm, Bagian swing arm pun sering terkena air yang membuat lebih mudah berkarat.(baca juga : Penyebab motor tidak bisa di starter)

Part-part di atas adalah bagian yang paling sering berkarat , oleh karena itu cek semua bagiannya apakah ada yang berkarat ? jika ada kita lanjut ke langkah bagai mana cara menghilangkan karat pada motor kita.

Untuk menghilangkan karat terbilang mudah mudah susah , karena ada beberapa cara yang bisa kita pakai mulai dari memakai cairan sampai cara modern dengan menggosoknya. Berikut beberapa caranya:

Penggunaan Amplas, cara ini bisa di bilang cara tradisional karena kita menggunakan amplas sebagai pengangkat karat. Caranya gunakan amplas dengan berbagai nomor sedang dan halus dan jangan lupa amplas khusus besi ya.  pertama gosok mengguanakan amplas kasar terlebih dahulu untuk mengangkat kotoran/karat yang menempel. padukan dengan air agar hasil bisa terlihat. Jika sudah berkurang gunakan amplas halus untuk mengangkat karat lebih bersih.(baca juga : Penyebab motor boros)

Menggunakan Cairan, Menggunakan cairan juga merupakan salah satu cara untuk mengangkat karat lebih efektif. Memang beberapa cairan bisa di bilang lebih mahal dari pada amplas, akan tetapi beberapa cairan bisa merontokan karat dengan cepat. Beberapa cairannya diantaranya :

  • Cuka Apel , Banyak sekali yang bilang cuka apel ampuh membersihkan karat di beberapa alat rumah tangga. Ternyata tidak hanya alat rumah tangga , tetapi pada part motor pun bisa kita pakai.(baca juga : Manfaat rem hidrolik)
  • Cairan Lemon, Buah lemon juga di percaya bisa mengangkat karat pada part motor , caranya dengan membelah 2 lemon yang ada , lalu beri taburan garam di atasnya. Setelah itu baru gosokan ke bagian yang karat.
  • Asam Klorida, Meski terbilkang berbahaya , asam klorida atau Hcl merupakan cairan yang bagus untuk membersihkan karat di beberapa bagian motor , terutama knalpot.
  • Asam Fosfat, Hampir sama dengan asam klorida . Asam fosfat pun memiliki partikel partikel senyawa  yang mampu membersihkan karat dengan sekejap.(baca juga : Fungsi gear pada sepeda motor)

Untuk penggunaan beberapa cairan di atas akan lebih baik gunakan cara merendamkannya, setelah di gunakan bebrapa cairan di atas bisa di padukan dengan cara di amplas kemudian di cuci bersih.

Cairan Khusus penghilang karat, Cara ini adalah cara yang terbilang lebih mudah dari pada beberapa cara di atas. Penggunaan cairan khusus penghilang karat yang ada di beberapa supermarket atau tempat variasi motor membuat kita mudah untuk menghilangkan karat di motor. WD40 masih menjadi pilihan beberapa rider untuk membersihkan karat. Selain WD40 ada beberapa opsi lain yaitu :

  • Metal Rescue Rust Remover Bath
  • The Works Basic
  • Acid Magic
  • Evapo-rust

Cairan khusus penghilang karat di atas memiliki fungsi yang sama yaitu mengangkat karat, jadi pilih saja salah satu yang mungkin mudah anda temukan di tempat masing masing.(baca juga :Motor kurang tenaga)

Minuman Bersoda, Beberapa contoh di internet pasti sudah menerangkan bahwa beberapa merk minuman bersoda bisa membantu menghilangkan karat dengan cepat. Selain harga yang terjangkau minuman bersoda lebih mudah di temukan dimanapun kalian berada. Caranya cukup menuangkan secara perlahan minuman bersoda ke bagian karat nya , tunggu beberapa saat kemudian cukup lap dengan lap bersih dan kering.

Bensin, Selain cairan cairan di atas . Bahan bakar motor kita yaitu bensin juga bisa membantu menghilangkan karat dengan sangat effektif. Caranya hampir sama dengan cara membersihkan dengan beberapa cairan di atas yaitu cukup di rendam dan kemudian di gosok. Bahan bakar yang efektif yaitu pertamax plus yang mempunyai oktan paling besar.(baca juga :Tips merawat motor agar tetap kinclong)

Cairan Pembersih, Beberapa merk pembersih lantai atau pembersih kamar mandi seperti portex pun bisa di gunakan untuk mengangkat karat karena , pada alat pembersih lantai memiliki beberapa molekul yang bisa mengangkat kotoran membandel seperti karat pada motor.

Alat khusus, Untuk mempermudah kerja kita dalam menghilangkan karat . kita bisa menggunakan beberapa alat bantu khusus seperti  gerinda dengan piringan bersabut besi , sikat besi atau pun lainnya. (baca juga :Cara mengecat motor)

Setalah kita selesai membersihkan karat di berbagai tempat di kendaraan bermotor akan lebih baik kita juga mengolesi dengan beberapa cairan untuk beberapa part yang mungkin bisa menimbulkan karat. adapun cairan yang di gunakan adalah:

  • Penggunaan Stempet, Gunakan stempet dengan pengolesan yang tipis di beberapa part yang bisa terkena karat. Jika di bagian knalpot , biasanya akan mengeluarkan asap yang artinya stempet akan menguap. Jangan khawatir jika stempet menguap berarti stempet akan melekat di leher knalpot
  • Pengguanan oli Bekas, Biasanya pengguanaan oli bekas selalu di peragakan olei beberapa mekanik bengkel tertentu untuk beberapa bagian yang terlihat ada karat.  karena oli memiliki fungsi anti air sehingga air tidak akan mengenai part yang di olesi oli bekas. (baca juga :Kelebihan ban diisi nitrogen)

Segitu saja beberapa cara yang biasa di gunakan untuk menghilangkan karat dan juga menjaga agar motor tidak berkarat. Tips lainnya yaitu Sering sering lah cuci motor jika terkena hujan atau paling tidak mengelap part motor yang terkena air hujan/kubangan . Karena air akan memicu terjadinya lagi  karat pada motor.(baca juga :Merk motor roda tiga)

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 17th, June 2017 / 02:41 Oleh :
Kategori : Perawatan

Leave a Reply

Your email address will not be published.