Sponsors Link

Cara Menghilangkan Karat Pada Mesin Motor yang Benar

Sponsors Link

Merawat sepeda motor merupakan keharusan bagi seluruh pemilik kendaraan roda dua tersebut agar selalu dapat diandalkan sebagai sarana transportasi yang mendukung setiap aktivitas sehari hari. Berbagai macam cara merawat motor matic maupun manual harus dilakukan untuk menghindarkan sepeda motor dari datangnya kerusakan dan kondisi masalah teknis yang menurunkan performa sepeda motor.

ads

Namun faktanya, proses perawatan sepeda motro ini sering kali tidak dilakukan dan menjadi hal yang dilewati secara sengaja hanya karena faktor kemalasan. Motor yang tidak terawat akan mengalami banyak masalah teknis yang dapat menganggu kinerja dan fungsi sepeda motor. Bagi pemiliki motor, motor yang tidak terawat dapat menimbulkan pengeluaran baru yang jumlahnya bisa lebih besar dari biaya perawatan.

Proses perawatan sepeda motor berbeda tiap jenisnya, cara merawat motor Beat karbu akan berbeda dengan jenis motor injeksi. Berbagai proses perawatan motor tidak hanya terpaku pada perawatan mesin saja namun juga harus dipikirkan bagaimana cara membersihkan body motor dan mesin motor. Dalam blog ini ada beberapa tips terkait cara membersihkan mesin motor dan body sepeda motor agar berbagai permasalah terkait kotoran dapat dihindari.Salah satu masalah yang bisa terjadi apabila proses pembersihan sepeda motor tidak dilakukan dengan benar dan secara teratur adalah karat.

Karat merupakan hasil korosi dari proses oksidasi yang dapat terjadi pada komponen berbahan besi yang dipicu oleh air. Kondisi karatan ini dapat terjadi pada semua komponen berbahan besi dari sepeda motor, termasuk mesin motor. Kondisi mesin yang karatan selain disebabkan oleh faktor perawatan yang minim juga dipicu oleh faktor usia motor serta kondis yang terlalu sering terpapar oleh air. Untuk mengatasi karatan yang sudah terjadi pada mesin motor, ada beberapa cara yang dapat dilakukan yang merupakan cara menghilangkan karat pada motor. Berikut cara menghilangkan karat pada mesin motor yang dapat dilakukan sendiri dirumah.

  1. Menggosok dengan produk perawatan motor antikarat.

Cara menghilangkan karat pada mesin motor yang paling sederhana namun membutuhkan dana yang lebih daripada cara lain adalah dengan menggunakan cairan antikarat yang banyak dijual dibengkel dan toko toko teknik. Cairan atau produk antikarat tersebut mengandung beberapa bahan kimia yang berfungsi untuk merontokkan karat. Namun dalam penggunaannya, banyaknya produk anti karat yang beredar luas dipasaran memiliki bahan yang berbahaya baik untuk komponen sepeda motor maupun untuk kesehatan penggunanya sehingga menjadikan kita harus mampu memilih produk anti karat yang benar.

Proses penggunaan produk antikarat ini cukup sederhana yakni hanya dengan menggosokkan cairan antikarat tersebut ke bagian yang mesin motor yang berkarat. Namun sebelum menggosokkannya, kondisi bagian berkarat tersebut harus bersih dari kotoran seperti debu dan pasir agar cairan antikarat dapat berkerja dengan optimal untuk merontokkan karat pada beberapa bagia mesin sepeda motor.

Kekuatan yang dibutuhkan untuk menggosok karat pada mesin sepeda motor ini sangat bergantung pada tingkat keparahan karat yang terjadi pada beberapa bagian mesin. Setelah karat dapat dibersihkan dan dihilangkan, jangan lupa untuk membilas bagian yang telah dibersihkan agar sisa cairan antikarat tidak menimbulkan masalah baru.

Sponsors Link

  1. Menggosokkan dengan bahan alami.

Beberapa bahan alami dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan karat pada besi dengan bahan alami. Sifat sifat bahan tertentu mampu menghentikan proses oksidasi yang terjadi pada mesin motor dan membersihkan kotoran korosi. Bahan alami tersebut mampu merontokkan kotoran khas hasil korosi yang berwarna kuning dan berbau besi. Penggunaan bahan alami tentunya lebih aman dan murah dibandingkan dengan produk antikarat yang mengandung bahan kimia. Berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan karat tersebut.

  • Air Soda, Air soda merupakan bahan alami pertama yang dapat digunakan untuk menghilangkan karat pada mesin sepeda motor. Air soda yang memiliki sifat asam dan tingkat keasaman yang sangat tinggi  dapat membersihkan kotoran karat dengan cara menggosokkan air soda pada bagian mesin sepeda motor yang berkarat.
  • Batu Hijau, Batu hijau atau yang lebih dikenal dengan nama watu ijo merupakan jenis batuan lunak yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan karat pada motor terutama bagian mesin. Dalam penggunaannya, irislah batu hijau tersebut kecil kecil seperti mengiris gula jawa dan campurkan dengan braso. Gosokkan campuran tersebut kebagian komponen sepeda motor yang karat dengan bantuan kain lap bersih atau bisa juga menggunakan koran bekas. Minyak braso disini hanya digunakan sebagai perantara saja agar proses mengosok lebih mudah dan cepat.
    Sponsors Link

  • Cairan asam alami, Cara membersihkan karat pada mesin motor dengan bahan alami lainnya adalah menggunakan cairan asam. Cairan asam dapat membantu membersihkan dan merontokkan kotoran kotoran karat yang sangat susah dihilangkan. Cairan asam alami dapat didapatkan dari cuka apel dan perasan air lemon. Untuk membantu proses penghilangan karat ini, taburkan garam sebelum menggunakan cairan asam tersebut. Cuku apel dan perasan air lemon ini dapat digunakan bersamaan agar lebih efektif.

Beberap cara menghilangkan karat pada mesin motor diatas dapat anda coba dan lakukan apabila anda sudah melihat mulai munculnya karat pada mesin motor sehingga karatan yang terjadi tidak akan lebih besar serta meluas.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan

Leave a Reply