Sponsors Link

4 Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Dengan Bahan Alami

Sponsors Link

Karat merupakan sebuah kondisi dimana besi mengalami korosi melalui proses oksidasi yang sehingga akan memunculkan kotoran hasil korosi yang berwarna kuning dan berbau seperti bau besi. Kondisi karat ini dapat terjadi pada semua benda apapun yang terbuat dari besi dan terpapar oleh air sebagai bahan yang dapat membantu terjadinya proses korosi pada besi.

ads

Kondisi karat yang dapat menyerang semua barang berbahan besi tersebut tentunya bisa juga mengenai pada sepeda motor. Beberapa bagian sepeda motor memang dibuat menggunakan besi untuk memberikan kekuatan. Bagian pada sepeda motor yang berbahan besi dan sering berkarat diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Knalpot, bagian pembuangan pada mesin motor ini menjadi bagian yang paling sering mengalami karat. Kondisi ini terjadi karena knalpot merupakan bagian yang membuang asap kotor sisa pembakaran mesin. Selain itu kondisi panas yang terjadi pada bagian sering kali juga menjadi pemicu karat. Ada beberapa cara mengkilapkan knalpot dan menghilangkan karatnya yang dapat dibaca pada blog ini.
  • Rangka Motor, bagian rangka memang merupakan komponen sepeda motor yang berbahan besi, bagian ini juga cukup rentan mengalami karatan karena lokasinya yang berada dibagian dalam sering sulit untuk membersihkannya.
  • Rantai, bagian yang bertangguna jawab pada gerak roda sepeda motor ini juga berpeluang mengalami karat karena letaknya yang berada di bawah sering masuk kedalam genangan air maupun terkena cipratan air dan lupa untuk dibersihkan.
  • Monoshock/shock, bagian suspensi pada sepeda motor ini juga sering mengalami karatan karena bentuknya yang spiral menjadi susah untuk dibersihkan.
  • Velg Roda, Velg roda pada sepeda motor merupakan bagian yang akan selalu terkena genangan air sehingga dapat berpeluang karatan
  • Tangki, bagian yang menampung bahan bakar ini dapat juga mengalami karatan khususnya pada sepeda motor jenis sport. Bila bagian ini mengalami karatan, ada beberapa cara menghilangkan karat pada tangki motor yang dapat dilakukan.

Beberapa komponen sepeda motor berbahan besi tersebut dapat menimbulkan kerugian yang lebih besar apa bila tidak segera ditangani dan dibersihkan. Untuk membersihkan dan menghilangkan karat pada sepeda motor tersebut sebenarnya ada produk anti karat yang dapat dibeli dibengkel, namun terkadang beberapa produk memiliki efek samping dan tidak cukup efektif menghilangkan karat. Untuk itu ada beberapa cara menghilangkan karat pada besi dengan bahan alami yang efektif untuk komponen sepeda motor.

  1. Menggunakan Air Soda

Air soda merupakan bahan alami pertama yang dapat digunakan untuk menghilangkan karat pada komponen sepeda motor dengan bahan besi. Karatan tersebut terjadi karena faktor usia motor dan kurang sering dibersihkan dari air. Air soda yang memiliki sifat asam dan tingkat keasaman yang sangat tinggi sehingga dapat membersihkan kotoran karat dengan cara menggosokkan air soda pada bagaian yang berkarat.

Dalam proses penggosokan ini dibantu dengan menggunakan kain lap bersih dan harus dilakukan berulang ulang. Setelah penggunaan air soda ini, bilaslah bagian yang digosok dengan air soda hingga bersih dan bila perlu menggunakan sabun. Untuk mendapatkan hasil yang baik cobalah merendam kain beberapa saat dengan air soda sebelum mengosokkannya. Penggunaan air soda ini juga termasuk kedalam tips merawat motor agar tetap kinclong.

Sponsors Link

  1. Menggunakan batu hijau

Bahan alami lainnnya yang dapat digunakan untuk menghilangkan karat pada besi adalah batu hijau. Batu hijau atau yang lebih dikenal dengan nama watu ijo merupakan jenis batuan lunak yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan karat pada motor. Dalam penggunaannya, irislah batu hijau tersebut kecil kecil seperti mengiris gula jawa dan campurkan dengan braso. Gosokkan campuran tersebut kebagian komponen sepeda motor yang karat dengan bantuan kain lap bersih atau bisa juga menggunakan koran bekas. Minyak braso disini hanya digunakan sebagai perantara saja agar proses mengosok lebih mudah dan cepat. Namun jika tidak ada minyak braso maka dapat menggunakan air biasa.

  1. Menggunakan tanah liat

Bahan lainnya yang dapat digunakan untuk membantu menghilangkan karat pada besi di beberapa komponen sepeda motor adalah tanah liat. Tanah liat memiliki tekstur yang lembek dan liat serta mampu menyerap kotoran. Cara penggunaannya juga sangat mudah, sama seperti dengan bahan anti karat lainnya yang digunakan dengan cara menggosoknya kebagian yang berkarat. Jangan lupa untuk membersihkan sisa tanah liat setelah proses penggosokan. Tanah liat juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan baret pada motor.

Sponsors Link

  1. Menggunakan cairan asam 

Cara membersihkan karat pada besi dengan bahan alami lainnya adalah dengan menggunakan cairan asam. Cairan asam dapat membantu membersihkan dan merontokkan kotoran kotoran karat yang sangat susah dihilangkan. Cairan asam alami dapat didapatkan dari cuka apel dan perasan air lemon. Untuk membantu proses penghilangan karat ini, taburkan garam sebelum menggunakan cairan asam tersebut. Cuku apel dan perasan air lemon ini dapat digunakan bersamaan agar lebih efektif.

Beberapa bahan alami tersebut dapat digunakan sebagai cara untuk membersihkan karat pada besi komponen motor yang aman dan tidak menimbulkan efek berbahaya pada kesehatan serta cukup efektif menghilangkan karat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan

Leave a Reply