Sponsors Link

Cara Mencuci Motor Matic yang Benar Agar Tidak Menimbulkan Masalah

Sponsors Link

Seperti yang kita ketahui, sepeda motor saat ini sudah menjadi kebutuhan guna menunjang aktifitas sehari-hari. Apalagi disaat musim hujan melanda, tentu mengakibatkan motor menjadi lebih cepat kotor dan banyak sisa-sisa lumpur yang menempel pada bagian body ataupun di sela-sela mesin motor. Bukan hanya manusia saja yang membutuhkan kebersihan diri, begitu juga kebersihan kendaraan patutlah dijaga pula agar tetap awet , tidak berkarat dan tentunya tampilan yang masih bagus. Kebersihan kendaraan bermotor haruslah diperhatikan dengan baik,

Pada dasarnya, mencuci kendaraan bermotor merupakan hal yang biasa dan sama saja. Motor yang kotor diakibatkan karena terkena debu ataupun kotoran yang ada di jalan raya, ataubahkan pada saat motor melewati genangan air. Maka, cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mencuci motor agar motor kembali bersih seperti semula dan pengendara menjadi lebih percaya diri saat mengendarai motor. Mencuci motor merupakan salah satu cara merawat body motor matic maupun manual.

Motor yang terlihat bersih, mengkilap saat dilihat serta nyaman pada saat digunakan.  Lakukan pengecekan berkala pada kebersihan kendaraan bermotor anda, jangan hanya digunakan saja dan tidak menghiraukan kebersihan motor. Noda yang menempel pada kendaraan bermotor, apabila dibiarkan terlalu lama maka akan semakin sulit untuk dibersihkan. Sebelum memulai untuk mencuci kendaraan anda, ada baiknya jika dipersiapkan terlebih dahulu peralatan yang dibutuhkan dalam cara mencuci motor , adalah sebagai berikut :

  1. Sediakan ember, atau anda juga bisa menggunakan selang air
  2. Sabun atau shampoo khusus yang digunakan untuk mencuci sepeda motor, dan banyak dijual di toko terdekat
  3. Busa atau spons yang bersih
  4. Siapkan 2 pcs lap, dimana lap tersebut akan digunakan untuk mengelap motor disaat dalam keadaan basah, dan satunya lap kering yang digunakan untuk mengelap motor dalam keadaan sudah kering.

Ada beberapa trik khusus, terkait dengan cara mencuci motor matic. Khususnya bagi anda pemilik motor matic yang injeksi. Tentu membutuhkan trik yang tepat mengenai cara mencuci motor matic khususnya motor matic injeksi. Anda haruslah berhati-hati, karena apabila salah dalam melakukan pencucian motor anda, maka akan berdampak pada gangguan komponen mesin injeksi motor.

Terdapat beberapa komponen pada motor injeksi yang apabila terkena air bisa mengakibatkan motor menjadi mogok. Ada 3 komponen utama yang wajib diperhatikan, yaitu ECM yang terletak dibagian bawah jok, Throttle Body biasanya posisi berada diatas mesin motor, dan Soket yang biasanya juga terletak dibagian atas mesin motor. Ketiga bagian tersebut, merupakan jalur pengapian dan sebagai jalur bahan bakar yang pada nantinya bensin dan air tidaklah boleh bercampur disini. Apabila tiga komponen tersebut terkena air, maka kemungkinan besar motor bisa mengalami kemogokan. Pahami dengan cermat bagaimana cara mencuci motor matic khususnya motor matic injeksi agar tetap bisa bersih dan mengkilap.

Terdapat beberapa hal yang haruslah diperhatikan terkait cara mencuci motor matic injeksi yang baik dan benar agar tidak menjadi penyebab motor tidak bisa distarter. Walaupun pada komponen tersebut telah dilengkapi dengan pelindung air, namun harus tetap berhati-hati agar nantinya air tidak masuk dalam komponen utama tersebut. Mengapa demikian? Karena biaya penggantian komponen tersebut cukup mahal. Lalu apa yang bisa dilakukan? Berikut tipsnya.

  • Tutup komponen kelistrikan dan lubang knalpot

Hal pertama yang dapat kita lakukan adalah tutuplah terlebih dahulu komponen kelistrikan motor dan lubang knalpot dengan menggunakan plastic. Hal tersebut berguna untuk mencegah agar air tidak masuk kedalam komponen pada saat kita mencuci motor.

  • Bersihkan komponen kelistrikan menggunakan spons atau lap basah

Gunakan kain atau spons yang sudah basah untuk membersihkan area sekitar komponen listrik agar menjadi aman saat mencuci motor.

  • Tips membersihkan throttle dan soket

Pada bagian area sensitif ini, throttle nody dan soket biasanya terletak pada bagian atas mesin. Usahakan, pada saat membersihkan area ini, anda haruslah lebih berhati-hati. Cara pembersihannya pun, jangan sampai menggunakan air yang berlebihan sehingga tidak membasahi area ini . Mrengapa demikian ? Kareana area dua komponen tersebut sangatlah rentan terhadap air.

  • Cara penyemprotan air

Teknik penyemprotan air ini juga sangatlah berpengaruh. Cara menyemprot air yang benar adalah dari atas kebawah dan usahakan jangan sampai dari bawah keatas. Hal tersebut bertujuan agar throttle body dan soket terhindar dari tekanan air yang berlebih dan secara terus menerus. Hal tersebut mengakibatkan kerusakan pada kedua komponen injeksi tersebut.

  • Mencuci bagian ECM

Letak ECM biasanya terletak pada bagian atas mesin. Sebaiknya hindati mencuci area ECM ini dengan disemprotkannya air secara terus menerus. Cara yang paling tepat adalah dengan cara disikat menggunakan sikat atau di lap terlebih dahulu, baru setelah itu dibilah dengan menyemprotkan air dari atas ke bawah. Cara ini efektif agar ECM tetap aman dari percikan air secara terus menerus.

Setelah selesai mencuci dan melaksanakan urutan diatas, maka anda bisa langsung mengeringkan motor dengan dengan menggunakan lap kering. Hal tersebut dapat mengurangi resiko agar sisa air tidak menerembes dan masuk kedalam komponen tersebut. Jangan lupa pula untuk memanasi motor setelah anda mencuci dan mengeringkan motor tersebut.

Bagi anda yang kerap kali menggunakan jasa cuci motor, maka jangan lupa untuk selalu berbagi wawasan diatas kepada para pencuci motor agar terhindar kesalahan-kesalahan yang membawa dampak pada motor anda. Cara mencuci motor matic ternyata mudah apabila dilakukan dengan baik dan benar. Semoga bisa membawa manfaat dan menambah wawasan bagi anda pemilik motor matic.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan

Leave a Reply