Sponsors Link

4 Cara Memperbaiki Motor Injeksi Mogok – Wajib Diketahui

Sponsors Link

Sepeda motor merupakan satu diantara banyak kendaraan bermotor baik pribadi maupun umum yang paling banyak dimiliki dan digunakan oleh sebagian orang di masyarakat. Tingginya minat tersebut memperbesar sebuah peluang bagi pabrikan otomotif untuk memasarkan berbagai jenis, tipe, varian, dan teknologi yang berbeda beda ke pasaran. Dengan inovasi yang tinggi untuk memenuhi permintaan pasar tersebut menjadikan berbagai jenis sepeda motor di seluruh dunia dapat kita temui beredar di jalanan indonesia.

ads

Dalam perkembangabnya, kita mengenal banyak sekali type dan varian sepeda motor mulai dari yang bermesin otomatis maupub manual sampai yang menggunakan sistem karburator dan sistem injeksi. Motor injeksi merupakan salah satu motor yang saat ini banyak digunakan dan diplikasikan pada berbagai merek sepeda motor keluaran terbaru dengan fitur fitur yang semakin cangih adanya mengantikan sistem karburator yang sudah usang dan ketingalan jaman.

Motor injeksi merupakan jenis mesin motor yang menggunakan teknologi injeksi pada proses pembakarannya sehingga tenaga yang dihasilkan akan lebih meningkat dibandingkan dengan sepeda motor bermesin karburator. Injeksi sendiri adalah istilah terkait dengan pencampuran bahan bakar dengan udara untuk menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna. Namun dibalik berbagai macam keunggulan dari sepeda motor injeksi, tetap saja ada beberapa kelemahan motor injeksi honda maupun pabrikan lainnya diantaranya seperti harga lebih mahal, sangat tergantung pada listrik, sparepart yang mahal, selektif terhadap kondisi bahan bakar, dan berbagai hal lainnya.

Adanya kelemahan motor injeksi tersebut menjadikan permasalahan teknis juga dapat datang menghampiri dan menyebabkan berbagai macam masalah mulai dari yang ringan sampai yang berat seperti motor mogok. Permasalah tersebut muncul karena kurangnya perhatian dan perawatan yang diberikan pemiliki kendaraan kepada sepeda motor injeksi. Berikut beberapa cara memperbaiki motor injeksi mogok yang dapat dilakukan sesuai dengan penyebabnya.

1. Isi Bahan Bakar

Terkadang pemilik kendaraan sepeda motor injeksi tidak menyadari bahwa motornya kehabisan bahan bakar sehingga dapat menyebabkan sepeda motor yang dikendarainya tiba tiba mengalami mogok. Sepeda motor yang kehabisan bahan bakar ini seringkali disebabkan oleh pemillik kendaraan yang salah memprediksi jumlah bahan bakar tersisa yang ditunjukan pada penanda dibagian speedometer dan juga akibat dari adanya kerusakan pada sensor penunjuk jumlah bahan bakar.

Cara memperbaiki motor injeksi yang mogok karena permasalahan tersebut cukup sederhana, yakni hanya dengan mengisikan kembali bahan bakan dengan jumlah yang sebaiknya cukup banyak. Setelah bahan bakar terisi maka terkadan sepeda motor tidak langsung bisa hidup dan membutuhkan beberapa kali proses starter. Dalam menstater motor tersebut usahakan hanya menggunakan starter manual saja agar tidak menyebabkan masalah pada starter elektrik nantinya.

2. Perbaiki CDI dan Busi

Busi dan CDI merupakan komponen yang berfungsi dalam proses pengapian pada sistem pembakaran mesin injeksi. Adanya masalah pada komponen ini dapat menyebabkan pembakaran pada mesin tidak akan maksimal sehingga motor kurang tenaga bahkan mati.

CDI yang bermasalah biasanya diketahui dengan munculnya suara ledakan ledakan dari mesin saat sepeda motor digunakan. Jika kondisi tersebut muncul maka segeralah membawa sepeda motor injeksi ke bengkel terdekat agar tidak menjadi lebih parah. Jika motor sudah terlanjut mati maka hal yang harus dilakukan untuk memperbaikinya adalah dengan menganti busi maupun komponen CDI.

3. Periksa Bagian Fuel Pump

Untuk mengecek apakan fuel pump berfungsi dengan baik yakni dengan mendengarkan bunyi dengungan yang dihasilkan sesaat setelah kunci motor dalam keadaan ON. Jika tidak terdengar bunyi dengungan tersebut maka dapat dipastikan bahwa fuel pump dalam kondisi yang bermasalah. Fuel pump merupakan salah satu komponen pada mesin motor injeksi yang berfungsi untuk memompa bahan bakar ke dalam injektor yang akan diteruskan ke bagain pembakaran.

Sponsors Link

Adanya kerusakan atau kondisi mati pada fuel pump dapat menyebabkan bahan bakar tidak akan terompa masuk kedalam pembakaran sehingga menyebabkan sepeda motor tidak akan mempunyai tenaga untuk dihidupkan. Kerusakan pada fuel pump ini juga merupakan salah satu penyebab tenaga motor seperti tertahan. Cara memperbaiki motor injeksi yang mogok akibat masalah fuel pump ini cukup rumit sehingga bawalah sepeda motor tersebut ke bengkel resmi agar dapat segera diperbaiki oleh teknisi yang sudah ahli.

4. Perbaiki Aki

Memperhatikan kondisi aki dan melakukan cara merawat aki motor yang benar merupakan hal yang harus dilakukan oleh para pemilik sepeda motor injeksi karena aki yang bermasalah dapat menyebabkan sepeda motor mati dan tidak bisa digunakan.

Hal tersebut berbeda dengan motor bersistem karbutator yang masih bisa digunakan meskipun aki dalam kondisi mati. Aki pada sepeda motor injeksi digunakan untuk membantu memompa bensin dan menstrabilkan arus pada sistem kelistrikan dari sepeda motor serta memantu menstabilkan voltase agar berbagai macam komponen yang membutuhkan listrik tidak cepat mengalami kerusakan.

Untuk mengatasi permasalah aki ini dibutuhkan cara pengecekan kondisi aki dan kemudian memutuskan penyebab dari kondisi aki yang mati tersebut apakah karena kurang listrik atau memang karena aki sudah rusak. Jika aki kurang listrik dapat diatas dengan menchargenya kembali namun jika aki rusak hal yang harus dilakukan adalah dengan memasang aki yang baru.

Itulah beberapa cara memperbaiki motor injeksi mogok yang dapat dilakukan oleh para pemiliki kendaraan dan meskipun tidak bisa diselesaikan sendiri tanpa bantuan montir setindaknya pemiliki kendaraan harus memahaminya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan

Leave a Reply