Sponsors Link

4 Cara Membuat Motor Kencang Melalui Karburator Yang Aman

Sponsors Link

Sepeda motor menjadi pilihan kendaraan yang lebih populer dan diminati oleh masyarakat dibandingkan dengan kendaraan lain seperti mobil. Bahkan memiliki kendaraan motor menjadi suatu hal yang secara tidak langsung wajib untuk sebuah keluarga dnegan jumlah yang setidaknya satu motor. Mengendarai motor terkadang lebih disukai ketimbang harus menaiki kendaraan umum untuk menuju daerah tertentu karena kemudahannya untuk segera sampai.

Beberapa kelebihan motor kopling manual dan jenis lainnya yang menjadikannya sebagai kendaraan paling favorit di masyarakat diantaranya seperti kemudahan penggunaan dan lebih cepat serta sederhana untuk dipelajari, tidak membutuhkan lahar parkir luang, memiliki nilai harga yang lebih murah dan masih terjangkau, dapat digunakan untuk melalui berbagai macam jenis medan terutama jalanan sempit dan penuh dengan kemcetan, serta perawatan yang dirasa lebih mudah dan hanya membutuhkan biaya kecil dibandingkan dengan mobil.

Selain kelebihan sepeda motor yang dijelaskan diatas, salah satu hal lain yang menjadikan kendaraan roda dua tersebut lebih diminati adalah karena kemudahan untuk memodifikasinya. Modifikasi sepeda motor merupakan salah satu bentuk aktivitas untuk menyalurkan hobi mengubah kondisi motor yang awalnya standar agar memiliki kondisi tertentu yang lebih diminati ketimbang setingan atau pengaturan yang dibuat oleh pabrikan motor saat motor dibeli dalam kondisi baru. Ada dua bentuk modifikasi yang dapat dilakukan pada sepeda motor diantarnaya seperti :

  • Modifikasi bentuk dan eksterior sepeda motor

Jenis modifikasi pertama yang dapat dilakukan dan umum dikerjakan oleh para penikmat modifikasi motor adalah mengubah motor secara bentuk dan eksteriornya yang berbeda dengan kondisi setingan dari pabrikan. Pengubahan bentuk tersebut dilakukan dengan menambah beberapa aksesoris bagi sepeda motor atau membentuk kondisi tertentu pada motor yang berbeda dari aslinya. Contoh modifikasi bentuk dan eksterior sepeda motor adalah mengecat ulang motor, menganti roda menjadi lebih kecil. menganti casis atau bodi motor, dan lain sebagainya. Perubahan eksterior motor merupakan salah satu cara modifikasi motor yang aman.

  • Modifikasi mesin untuk memiliki performa yang lebih baik

Bentuk modifikasi pada sepeda motor selanjutnya adalah mengubah mesin agar memiliki performa yang lebih baik dibandingkan standar yang diperoleh dari pabrikan saat membeli sepeda motor baru. Modifikasi mesin merupakan salah satu proses yang lebih kompleks karena berkaitan dengan mesin dan harus dilakukan secara hati hati mengingat ada beberapa perubahan yang akan dilakukan pada mesin agar dapat memberikan performa yang lebih baik. Bore up merupakan bentuk modifikasi paling ekstrim karena harus membuka keseluruhan mesin.

Kedua proses modifikasi yang disebutkan diatas bertujuan untuk menjadikan motor lebih baik sesuai dengan keinginan. Aktivitas modifikasi sekarang bukan hanya sebagai hobi semata namun juga sudah banyak dipertandingkan secara resmi untuk memberi apresiasi pada modifikasi terbaik. Modifiksi mesin merupakan proses yang dilakukan untuk menjadikan motor lebih kencang. Dalam memodifikasi mesin tentu ada pengaturan tertentu pada beberapa komponen mesin yang salah satunya adalah karburator. Berikut beberapa cara membuat motor kencang melalui karburator sebagai salah satu modifikasi mesin pada sepeda motor.

  1. Mengganti karburator

Proses modifikasi karburator dirasa lebih aman dan meruapkan cara menjadikan motor kencang tanpa harus melakukan bore up. Salah satu bentuk modifikasi paling sederhana yang dilakukan pada karburator motor adalah mengantinya dengan karburator yang memiliki performa pembakaran lebih baik. Karburator RX king dulu banyak dicari untuk menggantikan karburator standar pada motor namun sekarang sangat langka bahkan motornya saja sulit untuk ditemukan mengingat tidak lagi diproduksinya Yamah Rx King. Sekarang ini, pilihan karburator yang banyak dicarai adalah Keihin PE 28 dan Keihin PE 24 yang ada pada motor Honda sonic.

  1. Ganti main jet dan pilot jet karburator

Jika tidak mau mengganti keseluruhan karburator karena permasalah harga, maka dapat diganti dengan hanya mengganti beberapa komponen karburator motor yakni main jet dan pilot jet. Kedua komponen tersebut merupakan part penting dalam proses pengabutan bahan bakar sebelum masuk kedalam ruang pembakaran. Pengantian kedua komponen main jet dan pilot jet akan membantu menjadikan porses pengabutan berjalan lebih efektif dan secara tidak langsung dapat meningkatkan performa karena pembakaran yang lebih optimal.

  1. Mensetttng karburator motor

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan dalam cara membuat motor kencang melalui karburator adalah dengan mensetting karburator dari sepeda motor. Proses setting karburator pada setiap jenis sepeda motor tentu berbada. Dalam proses senting tersebut  yang utama adalah menjadikan campuran antara bensin atau bahan bakar dengan udara lebih rich dan kaya sehingga pembakaran akan terjadi lebih optimal dan tenaga yang dihasilkan oleh mesin motor tentu juga lebih besar lagi. Proses setting karburator ini sebaiknya diserahkan pada mereka yang memang memiliki keahlian cukup agar dapat menghindari dampak berbahaya ketika salah dalam pengaturannya. Setting karburator menjadi salah satu tips membuat motor kencang dengan biaya murah

  1. Memodifikasi karburator

Proses selanjutnya yang perlu dilakuakn adalah modiikasi bagian bagian tertentu dalam karburator. Karburator merupakan komponen mesin motor yang berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar ke raung pembakaran mesin.. Melakukan pengubahan atau dengan sedikit setingan pada karbutator dengan tujuan memperbesar pasokan bahan bakar dan membuat kompresi udara lebih sedikit dapat membantu membuat proses pembakaran diruang bakar berlangsung lebih optimal. 

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara membuat motor kencang melalui karburator yang perlu diperhatikan dengan baik. Melalui proses yang disebutkan diatas secara umum pembakaran akan berlangsung lebih optimal sehingga tenaga yang dihasilkan oleh mesin juga semakin besar. Selain karburator, ada beberapa komponen pada mesin yang juga dapat dimodifikasi agar menjadikan motor lebih kencang lagi.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan

Leave a Reply