Sponsors Link

Cara Membersihkan Busi Motor yang Benar

Sponsors Link

Tips yang akan kita bahas kali ini adalah bagaimana cara membersihkan busi motor dengan baik dan benar. Busi merupakan salah satu part yang sangat vital dalam sepeda motor.  peran busi adalah untk membakar bahan bakar yang telah di kompres atau telah di tekan oleh piston motor kita kemudian busi akan memercikan listrik yang akan membakar bahan bakar. Busi dihubungkan oleh kabel ke koil pengapian oleh kabel busi.

ads

Jadi sudah bisa di pastikan jika busi kita kotor atau bermasalah akan mempengaruhi jalanya motor kita , bahkan banyak kasus motor kita tidak bisa nyala karena  busi yang kotor (Baca juga : Cara merawat motor matic )

Saat ini banyak sekali merk merk busi diluar pabrikan seperti NGK , Denso, TDR atau beberapa merk lainya. Dalam cara kerjanya busi di bagi menjadi 4 klasifikasi kelas dimana tiap kelasnya memiliki harga yang berbeda.

  • Busi Standart

Busi ini merupakan busi sandart pabrikan yang memang bekerja sama dengan beberapa merk motor. jadi setiap kita beli 1 unit motor busi ini sudah otomatis terpasang pada motor kita. Selain ciri ini ciri fisik dari busi ini adalah memiliki ujung elektroda terbuat dari nikel dan diameternya rata-rata 2.5 mm.

Jarak pakai busi standar dapat mencapai 20.000 Km . jadi bisa di perirakakan jika kita menggunakan sepeda motor kita rata rata 1000km/bulan . sudah di pastikan 20 bulan kedepan kita ga usah ganti busi kita kecuali pada moment moment terterntu.

Selain kelebihannya penggunaanya bisa 20.000km busi tipe ini tergolong irit pada bahan bakar karena pengapian yang stabil membuat tidak ada bahan bakar yang terbuang angsung ke pembuangan. untuk harga di beberapa kota dengan beberapa merk , busi standart mempunyai harga antara 15 ribu – 20 ribu. (Baca juga : Tips merawat motor agar tetap kinclong)

  • Busi Platinum

Busi dengan tipe ini lebih sering di gunakan oleh para biker biker yang doyannya touring antar kota atau pun antar provinsi. Dengan ciri ujung elektroda terbuat dari nikel dan center electrode terbuat dari bahan platinum,membuat pengaruh panas ke metal platinum lebih sedikit.

Diameter center electrode adalah mulai dari 0.6 mm hingga 0.8 mm.busi dengan tipe ini dapat mencapai 30.000 Km. Tapi ada beberapa orang yang bilang busi ini akan cepat hitam jika tidak mengganakn bahan bakar dengan oktan yang tinggi. Untuk segi harga , Harga untuk busi platinum kisaran antara 25-35 ribu rupiah tergantun merk.

  • Busi iridium

Busi tipe ini bisa di bilang busi semi racing ,  dengan Ciri khasnya ujung elektroda terbuat dari nikel dan center electroda dari iridium alloy . mur busi berkisar 50 ribu hingga 70 ribu km. Jenis busi ini cocok buat mesin motor besar diatas 150 cc. Jenis busi ini lebih sering di aplikasikan kepada motor yang di tunning sedemikian rupa sehingga mempunyai tenaga da akselerasi yang buas. dengan membuat percikan api yang kuat membuat tenaga yang di keluarkan akan besar .Melihat ke awetannya busi ini rata rata memunya harga di atas 40 ribu bahkan bisa mencapai 80 ribu rupiah. (Baca juga : Motor kurang tenaga)

Sponsors Link

  • Busi racing

Dari nama seperti itu kita sudah tau bawa busi ini di peruntukan untuk motor dengan standart balap atau dalam kata lain di peruntukan untuk motor yang sudah di tunning untuk sirkuit. dengan bahan yang tahan terhadap kompresi tinggi serta temperatur mesin yang tinggi dan dipersiapkan untuk mampu mengimbangi pemakaian full throttle dan deceleration.

Busi racing tidak sama dengan busi Iridium. Diameter center electroda pun relatif kecil meruncing macam jarum. Umur busi relatif pendek antara 20 ribu km hingga 30 ribu km atau lebih pendek. Busi ini idak cocok untuk pemakaian sehari hari karena kompesi yang rendah dan throtle yang kecil akam membawa dampak jika memaksakan mengunakan busi ini. Harga busi ini bisa terbilang paling mahal di antara busi lain sekitar 200-300 ribu rupiah.  (Baca juga : Cara memperbaiki aki kering motor)

Meski banyak tipe dan kelas , bentuk busi semuanya bisa di bilang hampir sama . Begitu juga membersihkannya meski mengguanakan merk dan tipe yang beragam ,cara membersihkan busi yang kali ini akan di bahas bisa di aplikasikan kepada busi apapun.

Ada beberapa langkah untuk membersihkan busi yaitu :

  • Bukalah tutup busi dari busi , step ini biasanya ada beberapa jenis motor yang mudah melakukannya , dan ada beberapa yang agak sulit. ingat bukalah dengan cara yang benar jangan menarik kabel karena akan menyebabkan kop busi akan putus.
  • Buka busi dari motor, Biasanya setiap motor yang kita beli di beri berupa kunci busi yang bisa di bawa kemana mana dengan maksud  untuk memudahkan ganti busi jika ada kendala pada busi. Pada step ini kita buka busi menggunakan kunci yang ada . jika tidak ada dari bawaan motor kita bisa menggunakan kunci busi yang bisa kita beli di pasaran.
    ads
  • Rendam busi, Setelah  busi kita pegang , coba lah untuk merendamlah busi dalam wadah yang sudah di isi bensin  ,lakukan perendaman untuk beberapa saat. Langkah ini dimaksudkan agar kotoran yang menempel lebih mudah dibersihkan.
  • Bersihkan menggunakan sikat kawat. Membersihkan busi bisa tergolongan cara yang mudah karena hanya menggunakan sikat kawat bisa membantu untuk mengangkat atau menyingkirkan kotoran yang menempel pada busi. memang membersihkan dengan caraa ini membutuhkan kesabaran karena kita menggosok secara perlahan ke bagian busi yang terlihat kotor saja. jangan sampe menggosok ke semua permukaan busi. Sebetulnya menggunakan sikat gigi ataupun lap keringpun bisa saja akan tetapi memperlukan tenaga dan juga waktu yang lebih lama daripada mengguanakan sikat kawat . (Baca juga : Kelebihan dan kekurangan motor matic dan bebek)
  • Bersihkan menggunakan sikat gigi / kuas kecil. Sebetulnya cara ini adalah optional dimana jika kita susah menggosok bagian kerak atau bagian yang sulit di bersihkan oleh sikat kawat. kita bisa gunakan sikat gigi / koas untuk menjangkau beberapa tempat.
  • Jika beberapa bagian  busi masih berkarat dan masih kotor sebaiknya lakukan beberapa langkah seperti pengamplasan karena kotoran dapat menghambat percikan bunga api yang dihasilkan. akan tetapi langkah ini perlu lebih di cermati karena di beberapa kasus dengan mengamplas bagian elektroda busi akan menimbulkan keregangan antara elektroda dan pemicu. setelah yakin bersih Sikat kembali dengan larutan bensin.
  • Jika dirasa sudah cukup  bersih  coba keringkan mengguanakan lap bersih dan kering , ataupun bisa mengguanakan compressor bertekanan tinggi agar kotoran yang masih tersisa diharapkan bisa tertiup,jika busi masih terdapat kotoran yang agak susah dihilangkan maka alangkah baiknya lakukan pengorekan dengan benda seperti obeng min berukuran kecil atau benda lainnya. jika sudah sikat dengan lauratan bensin tersebut dan keringkan.(Baca juga : kenapa motor tidak bisa disarter dan cara  mengatasinya)
  • Pasangkan kembali busi ke rrumah busi dengan benar , jangan pernah paksakan untuk memasukan busi jika susah di masukan , biasanya jika memang pas akan mudah.
  • pasangkan kembali kop busi dengan benar dan pas , agar busi tertutup dengan baik dan terlindungi dari air.

Setelah langkah di atas sudah bisa untuk mencoba mengetestnya dengan cara menghidupkaan motor tanpa memasukan busi kedalam rumah busi untuk  melihat hasil dari hantaran busi untuk membakar bahan bakar. jika ketika di coba percikannya berwarna biru maka membersihkan busi telah selesai. Pasang kembali dengan benar dan hati hati busi ke rumah busi untuk menyelesaikan tips ini. (Baca juga :Kenapa mtor tidak bisa distarter dan cara mengatasinya)

Tips lain adalah gunakan busi dengan tipe yang cocok dengan tipe motor dan spesifikasi mesin anda ,  berkonsultasi dengan montir berpengalaman adalah keharusan dalam memilih busi. Jangan sampai motor kita yang spesifikasi biasa tapi ingin menggunakan busi racing karena akan membuat pembakaran mesin kita tidak sesuai. atapu malah sebaliknya spesifikasi motor kita yang racing mengguanakan busi yang biasa saja .

Selain pemilihan tipe busi , penggantian busi secara berkala adalah keharusan untuk kalian rider yang mempunyai rutinitas mengguanakan sepeda motor secara tinggi. Gantilah setiap 10.000 – 25.000 kilometer secara berkala . jangan terlalu memaksakan meneruskan mengguanakan busi yang umrnya lebih dari 25.000km karena takutnya ketika di jalan motor mati akan sulit jika harus mencari bengkel. (Baca juga :Harga yamaha t-max)

Selain itu bawalah busi cadangan jika anda berada di daerah rawan banjir dan jauh dari bengkel agar tidak susah ketika motor kita mogok. (Baca juga : Kelebihan dan kekurangan motor china)

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 17th, June 2017 / 03:01 Oleh :
Kategori : Perawatan

Leave a Reply

Your email address will not be published.