Sponsors Link

7 Penyebab Tenaga Motor Seperti Tertahan dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Sepeda motor sudah menjadi bagian penting dalam setiap aktivitas di masyarakat sebagai salah satu moda tranportasi yang paling populer digunakan dan dimiliki. Agar sepeda motor selalu dapat memberikan performa yang optimal dan tidak mengalami berbagai masalah teknis, proses atau cara merawatan motor matic maupun motor bebek sebagai dua jenis motor paling laris di Indonesia harus dilakukan dengan benar. Perawatan sepeda motor inilah yang sering kali diabaikan oleh para pemilik motor sehingga dapat muncul berbagai macam kerusakan pada komponen di dalam sepeda motor.

ads

Salah satu kondisi yang dapat muncul dan menggangu performa sepeda motor Karena beberapa penyebab adalah kondisi dimana tenaga motor seperti tertahan. Selain menyebabkan performa motor menjadi kurang optimal, kondisi tersebut juga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bagi pengendaranya. Untuk memperbaiki kondisi tersebut maka hal yang pertama harus diketahui adalah penyebab dari munculnya permasalah motor itu. Berikut beberapa penyebab yang menjadikan tenaga motor seperti tertahan yang dijelaskan pada uraian di bawah ini.

  1. Kondisi busi motor yang buruk

Sebagian besar motor baik matic maupun manual baik menggunakan teknologi lama maupun sepeda motor injeksi, komponen busi merupakan bagian yang akan selalu digunakan. Busi merupakan salah satu komponen pada mesin sepeda motor yang memiliki usia pakai serta berfungsi pada sistem pengapian di mesin dan sangat berperan pada proses pembakaran. Kondisi busi motor yang buruk bahkan cenderung mati dapat menyebabkan sistem perapian sepeda motor menjadi terganggu sehingga motor akan terasa berat atau muncu kondisi seperti tertahan saat gas di tarik. Untuk mengatasi hal ini, kita perlu melakukan pengecekan busi dan kemudian melakukan cara membersihkan busi motor yang benar serta bila perlu mengantinya.

  1. Kepala silinder

Bagian komponen lain yang dapat menjadi penyebab terjadinya tenaga motor menjadi berat dan seperti tertahan adalah bagian kepala silinder. Kondisi kepala silinder yang kotor dan penuh kerak sisa pembakaran pada mesin dapat menyebabkan motor kurang tenaga dan terasa saat berat saat digas. Untuk mengatasinya, perlu pembongkaran dan pembersihan secara menyeluruh pada komponen kepala silinder ini yang harus dilakukan oleh mereka yang sudah ahli serta berpengalaman.

  1. Spul yang lemah

Spul merupakan Komponen berupa kumparan tembaga pada mesin motor ini merupakan komponen yang berperan dalam proses pengapian pada pembakaran bahan bakar untuk sumber energi mesin. Kondisi komponen spul yang lemah dapat menyebabkan pengapian kurang optimal sehingga terkorelasi dengan pembakaran yang tidak sempurna dalam menghasilkan tenaga untuk mesin sehingga menyebaban kondisi motor yang seperti tertahan tenaganya.

  1. Kompresi mesin 

Proses kompresi motor ini berpengaruh terhadap tenaga yang dihasilkan oleh motor. Kompresi motor merupakan tekanan yang dihasilkan pada piston mesin ketika gas dan udara dipadatkan volumenya menjadi sangat kecil.  Hilangnya kompresi motor ini khususnya untuk tipikal motor matic yang memiliki RPM tinggi sering sekali terjadi dan menyebabkan tenaga motor menjadi seperti tertahan, motor di gas ngeden, bahkan mati seketika. Bila motor tiba tiba mati pada saat digunakan, hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengengkol atau menstater motor sembari gas ditarik sampai maksimal untuk membantu memasukkan bahan bakar kedalam mesin.

Sponsors Link

  1. Kelistrikan 

Bila pada saat pengecekan tidak ditemukan permasalahan yang menyebabkan tenaga motor menjadi berasa tertekan, mungkin penyebabnya berasal dari kelistrikan motor. Perkembangan sepeda motor saat ini menjadikan sepeda motor sangat bergantung pada kelistrikan khususnya AKI. Komponen AKI baik itu kering maupun besah merupakan komponen motor yang harus selalu dicek kondisinya karena merupakan bagian terpenting dari kelistrikan motor. Rusaknya aki bisa jadi merupakan penyebab terjadinya masalah tarikan motor yang berat tersebut.

  1. Vainbelt atau rantai bermasalah

Komponen pada mesin sepeda motor lainnya yang dapat menjadi penyebab  kondisi vainbelt yang bermasalah. Adanya masalah pada kabel penarik roda atau vainbelt menjadikan tenaga yang dihasilkan motor akan tidak optimal. Vainbelt bertanggung jawab menyalurkan puturan yang dihasilkan oleh mesin kepada roda sehingga motor dapat melaju. Vainbelt sendiri merupakan komponen yang memiliki masa pakai tertentu dan butuh pengantian. Pada motor manual, komponen ini disebut sebagai rantai, Masalah yang sering terjadi pada vainbelt dan rantai adalah terjadinya kondisi vainbelt atau rantai yang terputus atau kendor sehingga motor akan ngelos dan tidak bertenaga. Untuk mengetahui adanya masalah pada vainbelt dibutuhkan pemeriksaan rutin dan pengantian bila dirasa vainbelt sudah rusak atau akan rusak.

Sponsors Link

  1. Kopling centrifugal

Rusaknya kopling centrifugal dan sulitnya mendapatkan sekilah batu disana, Kopling centrifugal merupakan komponen yang terdapat pada mesin motor bebek. Kondisi kopling centrufugal ini apabila bermasalah dapat menyebabkan tarikan pada motor bebek menjadi berat saat di gas. Untuk mengatasi hal tersebut anda perlu menganti komponen yang rusak pada kopling cetrifugal ini.. Selain kopling centrifugal tersebut yang bermasalah terkadang kapas kopling juga yang aus juga menjadi salah satu penyebab terjadinya tenaga motor menjadi tertahan ketika gas dibuka. Tips merawat motor bebek dapat dilakukan agar permasalahan ini tidak terjadi.

Beberapa komponen yang disebutkan diatas merupakan bagian mesin yang mengalami kerusakan atau gangguan dan perlu diperbaiki agat tidak terjadi kondisi dimana tenaga motor seperti tertahan. Semoga dengan penjelasan diatas, proses service atau perbaikannya dapat berlangsung dengan baik.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply