Sponsors Link

9 Penyebab Tarikan Motor Ngeden dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Motor merupakan salah satu bagian penting dari moda transportasi di masyarakat Indonesia. Berbagai jenis motor di seluruh dunia dapat dengan mudah terlihat dikendarai di jalanan Indonesia. Karena pentingnya sebuah sepeda motor sebagai alat transportasi, datangnya masalah teknis pada motor yang dimilik akan sangat menganggu dan menghambat berbagai aktivitas harian terutama yang sangan mengandalkan sepeda motor.

ads

Salah satu kondisi masalah teknis yang dapat terjadi dan sering menyebabkan kondisi yang kurang nyaman bagi pengendara adalah tarikan motor ngeden. Tarikan motor ngeden tersebut merupakan kondisi dimana sepeda motor mengalami penurunan performa yang ditunjukan melalui keadaan dimana sepeda motor tidak segera melaju ketika tarikan gas sudah dibuka serta kondisi dimana tarikan motor terasa sangat berat. Penyebab terjadinya masalah teknis tersebut diuraikan pada penjelasan sebagai berikut.

  • Faktor usia sepeda motor.

Faktor usia sangat berbanding lurus dengan penurunan performa dari sepeda motor. Sepeda motor dengan usia diatas 3 tahun dapat mengalami masalah teknis dimana motor akan ngeden saat digas mesikupun sudah maksimal pengegasannya. Dengan usia diatas 3 tahun dan frekuensi pemakaian yang tinggi beberapa komponen dapat mengalami keausan ataupun kerusakan.

  • Faktor perawatan sepeda motor.

Proses perawatan yang dilakukan oleh pemilik sepeda motor juga merupakan penyebab kondisi tarikan motor ngeden. Cara merawat mesin motor matic maupun manual juga  memiliki andil terhadap jenis masalah teknis motor yang ngeden saat digas. Perawatan motor ini lah yang sering kali dilewatkan oleh pemiliki motor karena beberapa sebab sehingga beban motor akan terus bertambah setiap digunakan sehingga masalah masalah teknis lebih mudah datang menyerang sepeda motor.

  • Kerusakan pada komponen mesin dari sepeda motor.

Permasalahan utama yang dapat menyebabkan terjadinya kondisi dimana sepeda motor mengalami tarikan yang berat atau ngeden meskipun tarikan sudah dilakukan secara maksimal. Kerusakan komponen mesin tersebut lebih banyak berfokus pada masalah pembakaran. Berikut beberapa kerusakan teknis pada komponen mesin yang dapat menyebabkan tarikan motor menjadi ngeden.

  1. Kopling centrifugal

Komponen pertama yang dapat menyebabkan tarikan motor ngeden adalah bagian kopling centrifugal, merupakan komponen yang terdapat pada mesin motor bebek. Untuk mengatasi hal ini, anda perlu menganti komponen yang rusak pada kopling cetrifugal. Selain kopling centrifugal tersebut yang bermasalah terkadang kapas kopling yang aus juga menjadi salah satu penyebab terjadinya tarikan sepeda motor ngeden. Tips merawat motor bebek dapat dilakukan agar permasalahan ini tidak terjadi.

  1. Pilot jet bermasalah

Pilot jet adalah komponen mesin yang apabila terjadi masalah dapat menyebabkan tarikan motor mengalami kondisi ngeden. Pilot jet merupakan komponen yang bertanggung jawab terhadap penyaluran bahan bakar kedalam mesin. komponen ini akan menyalurkan bahan bakar saat gas berada pada tarikan bawah sampai menengah. Permasalahan pada pilot jet ini seperti pilot jet yang buntu dan rusak dapat menyebabkan bahan bakar yang dibutuhkan mesin penyalurannya terganggu sehingga mesin ngeden ketika di gas. Untuk mengatasi permasalahan pada komponen ini makan perlu pemeriksaan, perbaikan, dan pengantian bila dibutuhkan. Rusaknya komponen pilot jet ini juga merupakan salah satu penyebab motor boros.

Sponsors Link

  1. Spul yang lemah

Spul merupakan komponen berupa kumparan tembaga pada mesin motor yang berperan dalam proses pengapian pada pembakaran bahan bakar untuk sumber energi mesin. Kondisi spul yang lemah dapat menyebabkan pengapian kurang optimal sehingga proses pembakaran tidak akan sempurna dalam menghasilkan tenaga untuk mesin. Kondisi tersebut menyebabkan motor tidak akan langsung melaju saat gas ditarik atau ngeden. Perbaikan spul yang lemah ini sangat membutuhkan teknisi yang ahli pada mesin.

  1.  Filter udara yang kotor

komponen lainnya yang menjadi penyebab sepeda motor memiliki tarikan ngeden ketika di gas adalah filter udara. Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang berguna untuk proses pembakaran masuk kedalam mesin. Adanya kotorran pada filter udara ini dapat menyebabkan fungsi filter menjadi terhambat sehingga udara susah untuk masuk kedalam mesin. Kurangnya pasokan udara kedalam mesin menyebabkan pembakaran tidak dapat berlangsung dengan sempurna sehingga tenaga yang dihasilkan tidak akan optimal.

Sponsors Link

  1. Busi

Komponen mesin lainnya yang bertanggung jawab terhadap kondisi motor dengan tarikan ngeden adalah busi pada mesin sepeda motor.  Busi sepeda motor berperan dalam aktifitas pengapian pada proses pembakaran yang terjadi di mesin. Permasalahan pada busi ini dapat menyebabkan api yang keluar untuk proses pembakaran menjadi terganggu sehingga pembakaran bahan bakar pada mesin akan berlangsung tidak optimal.

Ketidakoptimalan kinerja aktivitas pembakaran pada mesin motor tersebut yang menjadikan sepeda motor menjadi berat atau ngeden. Untuk mencoba mengatasi kondisi motor yang ngeden tersebup dapat dilakukan  dengan membuka dan mencopot busi lalu kemudian dikembalikan lagi. Sebelum mengembalikannya cobalah untuk mengecek ada tidaknya aliran listrik pada motor tersebut.

  1. Air yang masuk kedalam tangki bensin

Kondisi lain yang dapat menjadi tarikan motor ngeden adalah ditemukannya air di dalam tangki bahan bakar. Air bukan merupakan bahan bakar untuk sepeda motor yang tidak dapat bercampur dengan air. Adanya campuran air pada bahan bakar dapat menyebabkan bahan bakar yang masuk kedalam ruang bakar melalui karburator menjadi lebih sedikit sehingga pembakaran energi dan tenaga menjadi berkurang sehingga motor akan ngeden. Untuk menghindari masalah yang terjadi tersebut maka sebaiknya jangan sampai air masuk kedalam tangki sepeda motor.

Beberapa kondisi penyebab yang dapat menjadikan tarikan motor mengalami kondisi yang ngeden diatas wajib dihindari agar kondisi performa sepeda motor selalu optimal. Cobalah membaca arikel lain seperti penyebab motor mio ngempos untuk menambah wawasan serta sebagai bentuk pencegahan.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply