Sponsors Link

Penyebab Tarikan Honda Beat Fi Terasa Berat dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, motor matic merupakan salah salah satu jenis atau variasi motor yang unik dan elegan dengan design mesin yang berbeda dengan motor lain pada umumnya. Apalagi untuk kaum wanita ya sobat, sistem motor matic ini merupakan salah satu alternatif untuk anda gunakan karena selain cara kerjanya yang mudah ( tanpa pake gigi ), motor matic ini juga memiliki ground clearance yang ringan sehingga memudahkan pengendaranya untuk mengemudikannya. Nah sobat bagaimana dengan anda sendiri apakah anda juga merupakan salah seorang pemilki motor matic?

ads

Namun walaupun motor matic tergolong lebih mudah dalam mengemudikannya dibanding dengan jenis motor bebek atau motor yang lainnya, ternyata motor matic juga memiliki kelemahan nih sobat, karena memang segala sesuatu pasti memiliki kelemahan dan kelebihan ya sobat.

Penyebab Tarikan Honda Beat Fi Terasa Berat

Pada pembahasan kali ini, penulis akan membagikan informasi kepada anda semua mengenai penyebab tarikan motor matic yang berat. Tetapi khususnya untuk motor matic jenis Honda Beat Fi ya sobat. Nah apabila sobat semua merupakan salah satu pemilik dari Honda Beat Fi ini, ada baiknya sobat semua membaca ulasan yang akna penulis jabarkan berikut ini agar anda bisa sedini mungkin untuk mengetauhi apa saja penyebab tarikan Honda Beat anda terasa berat. Yuk sobat kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Pada umumnya, tarikan motor yang berat atau bisa disebut dengan “ ngempos “, biasanya disebabkan oleh beberapa faktor dibagian pembuat tenaga atau pada bagian pemrosesan tenaga yang ada pada kendaraan anda. Faktor – faktor tersebut apabila tidak segera ditangani dengan cara yang cepat, maka kemungkinan besar akan berpengaruh terhadap performa kendaraan Honda Beat Fi anda secara keseluruhan ya sobat, untuk itu sebaiknya anda melakukan service ke bengkel terdekat.

Adapun faktor yang membuat tarikan Honda Beat Fi terasa berat disebabkan oleh berbagai faktor, yaitu sebagai berikut.

1. Faktor Kompresi Mesin Kendaraan Anda

Salah satu penyebab yang mengakibatkan tarikan Honda Beat Fi terasa berat adalah masalah pada kompresi mesin kendaraan anda. Kompresi pada mesin harusnya sesuai dengan standar dari pabrikan motot tersebut. Namun pada kenyataannya ada begitu banyak pecinta otomotif yang tentunya senang memodifikasi kendaraanya.

Nah pada saat modifikasi inilah biasanya suka terjadi masalah pada kompresi mesin ada. Ada yang terlalu tinggi ataupun sebaliknya ada yang terlalu rendah. Apabila settingan kompresi mesin anda tidak sesuai dengan yang direkomendasikan oleh pabrikannya, maka sudah dapat dipastikan akan berpengaruh terhadap tarikan mesin paa kendaraan anda nantinya, salah satunya tarikan yang terasa berat.

2. Faktor Dari Bahan Bakar

Penyebab tarikan Honda Beat Fi terasa berat yang kedua karena bahan bakar. Bahan bakar merupakan salah satu komponen yang sangat berpengaruh terhadap proses pembakaran diruang pembakaran pada kendaraan anda. Jika bahan bakar anda mengalami masalah, misalnya saja selangnya yang tersumbat atau jenis bahan bakarnya yang tidak standar, maka sudah dapat dipastikan proses pembakaran yang terjadi pun akan ikut mengalami kendala.

Untuk itu sobat, pastikan jenis bahan bakar yang anda gunakan adalah jenis bahan bakar yang berkualitas agar tarikan kendaraan anda tidak terasa berat, atau perfoma kendaraan anda tidak ada masalah nantinya.

Sponsors Link

3. Faktor Kelistrikan

Faktor yang tidak aklah penting yang sanagta berpengaruh terhadap daya atrik mesin Honda Beat Fi anda adalah pada komponen kendaraan anda ya sobat, yaitu pada bagian karburator. Karburator yang masih berfungsi dengan baik adalah karburator yang mampu melakukan pencampuran udara dan bahan bakar dengan sempurna.

Nah untuk menjaga kondisi karburatornya pahami cara merawat motor beat karbu ya sobat, sebagai pengetahuan tambahan. Jika pada proses pencampuran ini terdapat masalah, sudah barang tentu proses pembakaran pada mesin andapun juga akan mengalami gannguan. Nah gangguan inilah sobat yang dapat mengakibatkan tarikan pada kendaraan anda bisa terasa berat.

4. V – belt Pada Kendaraan Anda Sudah Tidak Berfungsi Maksimal

penyebab tarikan motor jadi berat Selain point di atas, ternyata V – belt inipun merupakan salah satu faktor penyebab daya Tarik pada kendaraan anda akan terasa berat ya sobat. untuk itu pastikan sistem penggerak V – blet pada kendaraan anda masih berfungsi dengan baik agar tidak ada kendala pada kendaraan anda nantinya, misalnya saja tarikan pada kendaraan anda yang terasa berat. Selain itu, pastikan juga posisi V – belt anda tidak kendur. Jika memang anda rasa V – belt tersebut sudah usang, ada baiknya anda melakukan penggantian ya sobat agar tidak merepotkan anda nantinya.

Sponsors Link

5. Masalah Pada Busi Kendaraan Anda

Faktor penyebab berikutnya yang juga berpengaruh terhadap tarikan Honda Beat Fi anda adalah adanya masalah pada busi kendaraan anda. Masalah ini diakibatkan karena kurangnya pengetahuan mengenai cara membersihkan busi motor. Selain busi yang memang sudah aus, faktor penyebab lainnya yang juga diakibatkan oleh busi adalah pada bagian renggang busi yang tidak tepat.

Pada dasarnya mesin kendaraan anda membutuhkan busi dengan pengaturan kerenggangan yang tepat dan sesuai. Hal ini bertujuan untuk membuat kinerja mesin anda berjalan dengan baik. Apabila mesin anda sudah bekerja dengan baik, maka otomatis tenaga yang dihasilkan pun seharunsya tenaga yang maksimal, sehingga tidak akan berpengaruh atau membuat tarikan motor anda terasa berat nantinya.

6. Klep Motor Anda yang Tidak Sesuai

Penyebab tarikan Honda Beat Fi terasa berat yang terakhir karena klep motor tidak sesuai. Pemasangan klep yang tidak sesuai pada kendaraan Honda Beat Fi anda juga merupakan salah satu faktor yang membuat tarikan kendaraan anda akan terasa berat nantinya. Tekanan kompresi di dalam ruang pembakaran sangatlah dipengaruhi oleh pemasangan dan pengaturan klep atau valve yang tepat.

Apabila ditemukan pemasangan velve ini tidak rapat atau tidak sesuai dengan standar yang direkomendasikan oleh pabrikannya, maka akan berpengaruh pada tenaga yang dihasilkan oleh kendaraan anda nantinya. Dan sobat jika tenaga yang dihasilkan sedikit dari ruang pembakaran, sudah pasti hal ini akan berpengaruh pada tarikan kendaraan adan tentunya.

Oke sobat semua, sampai disini duku pembahasan mengenai tarikan Honda Beat Fi yang terasa berat kali ini , semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi sobat semua. Terima kasih penulis ucapkan bagi sobat semua yang sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Sampai ketemu diartikel selanjutnya, salam hangat dan salam otomotif selalu sobat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply