Sponsors Link

Penyebab Suara Berisik Pada Roda Depan Motor Bekas

Sponsors Link

Sobat bikers semua tentu sudah paham bahwasanya roda atau ban dalam sebuah kendaraan tentunya merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk kita perhatikan. Misalnya saja kondisi mesin motor berisik saat panas tentu akan sangat mengganggu.

ads

Roda itu sendiri merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pengoperasian dan juga stabilitas pegendaraan dan harus memenuhi spesifikasi yang sesuai dengan standar dari pabrikannya agar ia dapat memenuhi kebutuhan pengendaraan kita dalam setiap situasi dan kondisi. 

Berperan sebagai bantalan penahan berat sepeda motor itu sendiri beserta beban yang ada diatasnya, ban tersebut harus mampu menanggulangi beban hentakan yang diakibatkan kondisi permukaan jalanan ketika dijalankan mampu mengatasi gaya yang diakibatkan oleh gaya pengemudian, pengereman dan juga gaya horizontal pada saat memutar. Ban sangat berperan penting dalam hal ini.

Nah sobat semua, berbicara mengenai roda tersebut hal yang sering kali menjadi salah satu hal yang timbul permasalahan adalah pada roda depan motor anda, terutama pada roda depan motor bekas.

Apabila motor atau roda ban itu sendiri sudah agak berumur, maka sering kali terjadi suara berisik pada roda tersebut. Dan apabila hal ini dibiarkan terlalu lama maka akan menimbulkan efek yang buruk bagi kendaraan tersebut secara keseluruhan.

Berikut ini adalah beberapa penyebab suara berisik pada roda depan motor bekas,  antara lain adalah sebagai berikut :

  • Piringan atau Cakram Rem Sudah Menipis

Penyebab utama adalah karena piringan atau cakram rem sudah menipis. Hal ini sering kali terjadi dan merupakan penyebab utama munculnya suara berisik dari roda depan kendaraan tersebut. Hal ini terjadi karena rem cakram motor tersebut saling bergesekan sehingga terdengarlah  bunyi yang berisik tersebut.

Kampas rem yang sudah habis akan mengakibatkan cakram rem tersebut menjadi kasar sehingga akan terdengar bunyi yang tidak mengenakan tersebut. Jadi sobat bikers, pada saat terdengar suara berisik dari roda depan motor anda, maka flus utama anda adalah piringan rem tersebut.

  • Piringan atau Cakram Rem Yang Sudah Kotor

Penyebab yang kedua adalah karena piringan atau rem cakram motor yang sudah kotor. Hal ini sering terjadi karena pada umumnya ada begitu banyak oli yang terdapat pada pirinagn rem tersebut. Dan hal ini akan membuat banyakya debu atau partikel yang lainnya yang menempel pada piringan tersebut, sehingga pada saat berjalan maka akan ada gesekan yang terasa berat oleh karena debu tersebut, sehingga akan menimbulan suara yang berisik.

Untuk itu sobat, lakukankan pengecekan dan perawatan secara rutin terhadap semua kompoen motor anda, sehingga semua komponen tersebut bisa terawat dengan baik dan tidak menimbulkan masalah yang lumayan berarti.

Sponsors Link

Sekian ulasan mengenai penyebab suara berisik pada roda depan motor bekas yang penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Terima kasih untuk anda yang sudah berkunjung dan meluangkan waktunya untuk membaca postingan kali ini. Semoga bisa bermanfaat untuk anda dan bisa menjadi refrensi untuk anda tentunya. Sampai jumpa di ulasan berikutnya, tentunya dengan topik menarik. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply