Sponsors Link

Tahukah Anda, Sebab Slang Rem Motor Non ABS dan ABS Tidak Saling Tukar

Sponsors Link

Bagi sobat bikers yang ingin melakukan upgrade master atau kaliper rem, maka sobat perlu memperhatikan suatu fakta yang terjadi saat melakukan pergantian slang rem motor (rem cakram motor). Apakah fakta tersebut? Fakta yang saya maksud yaitu, bahwa ternyata slang rem motor Non ABS dan ABS tidak bisa saling tukar.

Mengapa demikian? Bukannya keduanya memiliki bahan dan material yang sama?  Untuk mengetahui jawabannya, maka sobat harus membaca artikel ini sampai selesai. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai sebab slang rem motor Non ABS dan ABS tidak saling tukar.

Perlu sobat ketahui, bahwa memang fakta tersebut benar. Bahwa slang rem motor non ABS dan slang rem motor ADS tidak bisa saling tukar. Jadi, sobat harus tetap memperhatikan hal ini ketika sobat hendak melakukan pergantian slang rem motor.

Sebaiknya, sobat juga harus memilih slang rem motor yang sesuai dengan sistem pengereman dimotor sobat agar nantinya setelah melakukan upgrade master atau kaliper rem menghasilkan kinerja yang memuaskan.

Baiklah kita kembali pada permasalahan awal, mengenai sebab mengapa slang rem motor non ABS dan slang motor ABS tidak bisa saling tukar. Apakah sobat sudah tahu alasannya? Oke, langsung saja saya berikan penjelasannya. Berikut adalah sebab slang rem motor non ABS dan ABS tidak bisa saling tukar, yaitu:

Adanya modul rem ABS itu sendiri

Sebab slang rem motor non ABS dan ABS tidak bisa saling tukar, yaitudikarenakan keberadaan modul rem ABS itu sendiri. Dengan adanya modulator atau hidrolik ABS, slang rem dari kaliper perlu melewati perangkat itu sebelum menuju ke master rem.

Hal ini sangat berbeda dengan motor dengan sistem rem tanpa ABS yang selang remnya terhubung langsung  antara master dan kaliper rem. Jadi, berbeda dengan slang rem ABS dimana slang kaliper harus terlebih dahulu melewati perangkat yang sebut modulator atau hidrolik ABS sebelum menuju master rem. jarak pengereman yang aman bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

Misalnya pada motor Yamaha N-max,  pada motor Yamaha N-Max nonnon slang remnya hanya ada 2. Sedangkan pada motor Yamaha N-Max ABS, slang remnya jumlahnya lebih banyak yaitu 4 slang. Hal ini dikarenakan harus melewati modulator ABS tersebut.

Oleh karena terhubung ke modulator ABS, sambungan pada slang rem motor ABS menjadi berbeda dengan slang rem motor non ABS. Jika slang rem non ABS memiliki banjo berbentuk seperti huruf Q di kedua sisinya, pada beberapa motor ABS tertentu memiliki sambungan berbentuk seperti drat atau ulir.

Nah, demikianlah beberapa informasi mengenai sebab slang rem motor Non ABS dan ABS tidak saling tukar yang telah berhasil saya rangkum dalam artikel yang saya buat pada kesempatan kali ini.

Terima kasih, karena sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel saya ini. Semoga melalui artikel ini, saya dapat memberikan sedikit manfaat bagi sobat.

Dan juga tentunya melalui artikel ini, semoga dapat menambahkan wawasan serta pengetahuan sobat. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan dihati sobat dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa lagi di kesempatan lain pada artikel-artikel selanjutnya. Kenali kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Sekian dan terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply