Sponsors Link

23 Perbedaan RX-King dan RX-Spesial yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Pada generasi millenial ini sudah banyak kita jumpai teknologi-teknologi canggih dalam kehidupan sehari-hari. Begitu juga dalam dunia sepeda motor yang pada saat ini banyak menggunakan sistem Injeksi untuk menghemat pengeluaran bensin. Segala macam inovasi untuk menciptakan sepeda motor yang ramah lingkungan dan nyaman bagi para pengendara terus dilakukan dan tidak akan berhenti sepanjang masa.

Akan tetapi, di zaman yang serba canggih ini masih banyak yang menggemari barang-barang antik. Salah satunya pada produk kendaraan sepeda motor yang hingga saat ini masih banyak di cari adalah Sepeda motor keluaran era 80-an yaitu RX-King dan RX-Spesial yang merupakan motor paling cepat dan kencang. Sehingga merupakan motor yang cocok untuk touring. Beberapa penyebab tarikan RX King lambat dan cara mengatasinya dan juga penyebab tarikan Rx King ngempos dan cara mengatasinya sangat perlu diperhatikan agar RX- King anda bisa menjadi motor dengan mesin paling awet hingga kini.

Untuk membedakan keduanya mari kita lihat spesifikasi masing-masing dari kedua tipe Motor yang terlihat mirip ini.

RX-King

  1. Dari segi fitur dapat diketahui bahwa RX-King di jual sejak tahun 1983 hingga 2009 produksi ini dihentikan. Sepeda motor jenis naked bike ini di susun di Indonesia, sedangkan mesinnya di kirim dari Jepang. Bentuk tangki mesin RX-King adalah kotak yang merupakan ciri khas dari sepeda motor jenis naked bike.
  2. Memiliki mesin 2 tak 1 silinder dengan kapasitas 132 cc yang memiliki sistem pendingin udara. Kita perlu mengetahui fungsi oli samping pada engine 2 Tak sepeda motor untuk penanganan yang tepat.
  3. Besar perbandingan kompresi adalah 6:9:1
  4. Di lengkapi dengan kopling jenis basah dengan multiplat
  5. Transmisi mesin ditampilkan dengan percepatan manual 5
  6. Menggunakan karburator tipe VM 26 Mikuni
  7. Untuk kapasitas oli samping, tangkinya optimal terisi 1 Liter
  8. Busi yang digunakan adalah tipe BP 8HS 10
  9. Sistem pengapian untuk menjalankan mesin menggunakan perangkat CDI
  10. Untuk melumasi mesin-mesin kendaraan menggunakan sistem Autolube
  11. Teleskopik digunakan untuk suspensi bagian depan.
  12. Sedangkan untuk suspensi bagian belakang menggunakan Swing Arm
  13. Tangki bahan bakar mesin mampu menampung hingga 9.5 liter
  14. Spesifikasi ukuran sepeda motor ini memiliki panjang 1970 mm dengan lebar 735 mm serta tinggi 1065 mm. Diameter roda 770 mm dengan berat kosong 100 kg.
  15. Mesin memiliki daya maksimal hingga 18,5 tenaga kuda dengan maksimal torsi hingga mencapai 1,54 Kgm dan memiliki sistem pengereman double cakram untuk roda depan dan tromol pada roda belakang.

RX-King dengan spesifikasi seperti di atas dikeluarkan hingga tahun 2005 saja. Hal ini dikarenakan sejak tahun 2006 Yamaha mengeluarkan New RX-King hingga produksi dihentikan pada tahun 2009. Spesifikasi masih sama, hanya saja terdapat pengembangan pada sistem kontrol Emisi yaitu menggunakan Ais Induction System. Diameter roda motor di perluas hingga 1245 mm serta sistem pengereman depan menggunakan cakram tunggal serta lengkap dengan piston ganda. Perkembangan juga diinovasikan di suspensi bagian belakang dengan menggunakan lengan ayun lengkap dengan shockbreaker yang bisa di ubah-ubah sesuai keinginan pemilik.

RX Spesial

Setelah kita tahu spesifikasi RX-King yang di produksi selama kurang lebih 26 tahun ini. Berikut adalah spesifikasi dari RX Spesial yang hanya di produksi selama 3 tahun saja.

  1. RX Spesial di produksi pada tahun 1981 hingga 1983 yang di buat secara keseluruhan dari Jepang dan memiliki desain batok lampu yang klasik karena masih menggunakan sistem half fairing.
  2. Kapasitas mesin 115 cc dengan mesin 2 stroke 1 silinder
  3. Kompresi mesin berbanding 6:6:1
  4. Mesin mampu menghasilkan tenaga maksimal 15,5 tenaga kuda untuk 8500 rpm dan maksimal torsi hingga 1,35 Kgm
  5. Meski telah dilengkapi dengan sistem pendingin udara, namun RX-Spesial masih menggunakan jenis karburator Mikuni VM 22
  6. Motor RX Spesial lebih pendek dibandingkan RX King yaitu 1035 mm, lebar dan panjangnya sama. Akan tetapi diamaeter roda RX-King spesial lebih lebar dibandingkan RX-King yaitu 1240 mm.
  7. Berat kosong 94 kilogram, meski lebih ringan dibandingkan RX King, namun kapasitas tangki oli mesinnya lebih besar yaitu 1,3 Liter.
  8. Untuk perangkat-perangkat lainnya sama dengan RX-King.

Demikianlah perbedaan antara 2 jenis sepeda motor keluaran Yamaha ini. Keluaran RX Spesial yang di buat di Jepang tidak lama diedarkan di Indonesia karena saat itu penjualan kurang bagus dari Indonesia. Sehingga untuk menyesuaikan produksi dengan selera pasar, Jepang menyerahkan perakitan RX -King di Indonesia dan hanya mengirimkan mesinnya saja dari Jepang, Alhasil permintaan pasar terhadap produk RX-King mampu bertahan selama 26 tahun.

Sponsors Link
, , , ,

Leave a Reply