Categories
Masalah Teknis

4 Penyebab Utama Kopling Terasa Berat Paling Lengkap

Masih membahas seputar kendaraan roda dua atau motor ya sobat, karena memnag alat transportasi yang satu ini tergolong alat transportasi yang cukup banyak diminati oleh semua kalangan di masyarakat Indonesia. Berbicara mengenai motor sobat, tentu saja banyak jenisnya yang bisa kita lihat di sepanjang jalan setiap harinya, mulai dari motor 4 tak,  2 tak, motor bebek, motor matic dan juga berbagai jenis motor yang lainnya. Namun yang akan kita bahas pada postingan kali ini yakni mengenai motor yang memiliki komponen motor kopling

Seperti yang sudah sobat bikers pahami, kopling ini merupakan rangkaian kompenen yang terdapat pada motor anda yang memiliki tugas utama yakni untuk memutuskan serta menyambung tenaga komponen mesin motor ke gearbox dengan cepat dan lembut.  Adapun cara kerjanya yakni dengan memanfaatkan media gesekan. Jadi dengan kata lain ada tiga komponen utama dalam kopling, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Plat penekan kopling
  • Main gear kopling
  • Plat kopling

Namun yang sering menjadi masalah sobat adalah kopling tersebut terasa berat, sehingga membuat pengendara motor tersebut merasakan kesusahan dalam menggunakan kopling tersebut.

Adapun penyebab utama kopling terasa berat tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Kabel Kopling Berlipat

Penyebab yang pertama adalah karena kabel kopling yang berlipat. Pada umumnya, kopling motor masih menggunakan sistem mekanis dalam penggeraknya. Atau dengan kata lain masih menggunakan kabel untuk menghubungkan tuas kopling dengan kopling tersebut.

Kabel inilah yang sering mengalami masalah, yakni kabel berlipat atau tertekuk, sehingga ketika anda menggunakan koling tersebut akan terasa berat oleh karena gaya yang dihasilakn berbelok sehingga akan terasa berat saat anda menggunakannya.

2. Bagian Engsel Tuas Kopling Karatan

Penyebab yang kedua adalah karena bagian engsel tuas kopling karatan. Selain dari bagian kabelnya, bagain dari engsel tuas kopling juga bisa karatan. Hal ini sering sekali terjadi apda motor – motor yang diparkirkan atau tidak digunakan pada waktu yang lama. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab kopling motor anda akan terasa seret atau berat pada saat anda menggunakan kopling tersebut.

3. Setelan Kopling Kurang Pas

Penyebab yang ketiga adalah karena setealn kopling pada bak mesin kurang pas. Hal seperti ini sering kali menjaadi penyebab kopling motor anda menjadi keras pada saat digunakan. Masalah seperti ini sering kali terjadi pada motor yang seing kali dibongkar pasang atau dimodifikasi oleh pemiliknya, sehingga settingan kopling tersebut tidak sesuai dengan satandar yang seharusnya, sehingga pada saat dipakai akan terasa keras atau berat.

4. Kampas KoplingTerlalu tipis

Penyebab yang keempat adalah karena kampas kopling motor anda terlalu tipis. Semakin lama pemakaian kopling maka akan semakin tipis pula oleh karena pemakaian tersebut. Inilah yang menjadi salah satu penyebab kopling motor anda terasa berat ketika anda menggunakannya.

Sekian informasi yang bisa penulis sajikan buat sobat semua pada postngan kali ini. Semoga ulasan tersebut bermanfaat bagi anda sobat riders. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum memutuskan untuk mengkuti cara – cara yang penulis berikan. Terima kasih dan salam hangat dari penulis.

Leave a Reply