Sponsors Link

Ini Dia Penyebab Top Speed Motor Matik Menurun

Sponsors Link

Bagi sobat bikers yang memiliki motor matik, pernahkah sobat merasa bahwa top speed atau kecepatan pada motor matik sobat terasa mulai menurun? Jika sobat telah merasakan permasalahan tersebut, apakah sobat tahu kira-kira apa yang menyebabkan motor matik sobat kehilangan performa terutama dalam hal kecepatan?

ads

Sobat pasti bingung, karena tiba-tiba tarikan motor sobat tidak seperti saat pertama sobat beli dari dealer. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai penyebab top speed motor matik menurun. penyebab motor kehilangan tenaga bisa menjadi informasi tambahan.

Berbicara mengenai motor matik, sobat harus tahu bahwa motor jenis ini tengah menjadi primadona di kalangan masyarakat. Hal ini dapat diketahui dari banyaknya motor matik yang dipakai di jalan raya. Dan itu pun didukung dengan besarnya penjualan khususnya di segmen motor matik.

Memang motor matik memiliki daya tarik tersendiri, salah satunya yaitu kemudahan dalam pengoperasiannya. Yaitu bikers tidak perlu repot-repot melakukan pergantian gigi. Tinggal gas, maka motor dapat langsung melesat sesuai puntiran gas.

Namun, apabila sobat merasa bahwa kecepatan motor matik sobat berkurang padahal sobat telah memutar gas, maka sobat harus mencari tahu penyebabnya agar performa motor sobat kembali seperti baru lagi. Baiklah langsung saja, berikut adalah ulasan mengenai penyebab top speed motor matik menurun, yaitu:

Penyebab top speed motor matik menurun yaitu, bahwa top speed motor matik bisa ngedrop jika rumah roller sudah aus. Sobat harus tahu, bahwa setiap komponen pada motor pasti memiliki masa pakai, begitu pula rumah roller. Penting untuk sobat ketahui bahwa posisi rumah roller itu adanya di pulley primer yang ada di area depan CVT motor matik.

Untuk mendeteksi keausan pulley primer tidak hanya pada permukaan tempat belt dijepit. Namun, keausan pulley primer juga bisa terjadi pada landasan roller yang mengalami pendalaman akibat terlalu sering kena terus roller. komponen mesin motor juga bisa menjadi perhatian.

Dari hasil pengujian pada hondascoopy F1 dan Suzukiskywave, pendalaman yang terjadi pada landasan rollerakan membuat bukaan roller tidak maksimal. Sehingga dapat menurunkan top speedmotor sekitar 5 km/jam dari kondisi pulley normal.

Untuk mendeteksi pendalaman yang terjadi pada landasan roller, sobat bisa menggunakan obeng minus atau ujung jadi sobat. Nah, agar motor matik sobat kembali memiliki kecepatan seperti saat pertama kali sobat pakai maka sobat harus mengganti pulley primer yang aus dengan pulley primer yang baru.

Nah, demikianlah beberapa ulasan mengenai penyebab top speed motor matik menurun yang berhasil saya rangkum dalam artikel yang saya buat pada kesempatan kali ini. Terima kasih, karena sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel saya ini.

Sponsors Link

Semoga melalui artikel ini saya dapat memberikan sedikit manfaat bagi sobat dan semoga melalui artikel ini juga dapat menambah pengetahuan serta wawasan bagi sobat. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati sobat dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa di kesempatan lain, yaitu pada artikel-artikel selanjutnya. Sekian dan terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply