Sponsors Link

9 Penyebab Tenaga Motor Seperti Tertahan dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Memiliki sepeda motor bukan hanya sekedar mengendarainya, namun juga diperlukan proses perawatan agar tidak datang masalah pada sepeda motor. Dalam melakukan proses perawatan motor, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti jenis motor, usia motor, dan lainnya. Dalam proses perawatan sepeda motor, cara merawat motor matic dan merawat motor manual akan berbeda satu sama lain karena ada perbedaan beberapa komponen mesin.

ads

Proses perawatan motor biasanya sering diabaikan oleh para pemilik kendaraan sehingga sangat sering kita temui sepeda motor yang mogok di tengah jalan. Kondisi mogok tersebut merupakan keadaan yang terparah dari kerusakan yang dapat terjadi karena faktor perawatan yang tidak dilakukan dengan baik. Selain kondisi tersebut, ada beberapa masalah lainnya yang juga dapat muncul dan disebabkan utamanya oleh perawatan motor yang kurang baik.

Salah satu masalah teknis pada motor tersebut adalah kondisi tenaga motor yang tertahan. Kondisi motor yang tenaganya tertahan ini dapat menyebabkan performa motor menjadi kurang optimal serta menimbulkan ketidaknyamanan pada pengendara motor tersebut. Kondisi motor yang tenaganya tertahan dapat diduga dikarenakan adanya permasalahan pada proses pembentukan energi dan tenaga dari mesin motor. Untuk lebih jelasnya berikut penyebab tenaga motor seperti tertahan yang diuraikan pada beberapa bagian dibawah ini.

  1. Faktor perawatan dan usia sepeda motor

Seperti yang telah diuraikan diatas, proses perawatan yang dilakukan oleh pemilik sepeda motor merupakan penyebab tarikan motor seperti tertahan yang paling utama. Perawatan motor yang kurang baik serta penggunaan yang terlalu diforsir dapat memicu terjadinya kerusakan kerusakan pada beberapa komponen mesin yang awalnya ringan kemudian menjadi lebih berat karena proses pembiaran kondisi tersebut.

Selain perawatan motor, faktor usia juga sangat berbanding lurus dengan penurunan performa dari sepeda motor. Sepeda motor dengan usia diatas 3 tahun dapat mengalami masalah teknis dimana motor kurang tenaga saat digas mesikupun sudah maksimal pengegasannya. Kondisi motor yang kurang tenaga ini menjadi pemicu munculnya keadaan dimana tenaga motor seperti tertahan. Dengan usia diatas 3 tahun dan frekuensi pemakaian yang tinggi beberapa komponen dapat mengalami keausan ataupun kerusakan.

  1. Kerusakan pada komponen mesin dari sepeda motor.

Permasalahan penyerta yang dapat memicu kondisi motor di gas ngeden atau tenaga motor seperti tertarik adalah kerusakan komponen mesin. Kerusakan mesin motor ini disebut sebagai penyebab penyerta karena memang sering kali dipicu oleh perawatan yang buruk dan usia motor. Kerusakan komponen mesin tersebut lebih banyak berfokus pada dua masalah yang dijelaskan pada uraian dibawah ini.

  • Kompresi mesin 

Proses kompresi motor ini berpengaruh terhadap tenaga yang dihasilkan oleh motor. Kompresi motor merupakan tekanan yang dihasilkan pada piston mesin ketika gas dan udara dipadatkan volumenya menjadi sangat kecil.  Hilangnya kompresi motor ini khususnya untuk tipikal motor matic yang memiliki RPM tinggi sering sekali terjadi dan menyebabkan tenaga motor menjadi seperti tertahan, motor di gas ngeden, bahkan mati seketika. Bila motor tiba tiba mati pada saat digunakan, hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengengkol atau menstater motor sembari gas ditarik sampai maksimal untuk membantu memasukkan bahan bakar kedalam mesin. Untuk mencegah dan mengatasinya, seringlah untuk melakuakan cara merawat mesin motor matic maupun manual.

Sponsors Link

  • Proses pembakaran pada mesin sepeda motor

Masalah lainnnya yang dapat menjadi penyabab tenaga motor seperti tertahan adalah proses pembakaran mesin yang bermasalah dan tidak optimal. Proses pembakaran pada mesin sepeda motor ini sangat berkaitan dengan hasil tenaga yang akan dihasilkan sebagai tenaga dorong dari sepeda motor. Permasalah yang terjadi pada proses pembakaran mesin sepeda motor dapat disebabkan oleh adanya kerusakan pada komponen berikut ini :

  1. Pilot Jet, pilot jet merupakan komponen yang bertanggung jawab terhadap penyaluran bahan bakar kedalam mesin. Permasalahan pada pilot jet ini seperti pilot jet yang buntu dan rusak dapat menyebabkan bahan bakar yang dibutuhkan mesin menjadi terganggu sehingga tenaga yang dihasilkan oleh mesin juga akan berkurang. Rusaknya komponen pilot jet ini juga merupakan salah satu penyebab motor boros.
  2. Karburator, komponen ini dapat mengalami masalah seperti kemasukan air, tersumbat oleh kotoran yang menyebabkan fungsinya sebagai pencampur bahan bakar dengan udara pada jenis mesin motor karbu menjadi bermasalah sehingga pembakaran tidak maksimal akan maksimal.
    Sponsors Link

  3. Fuel Pump, fuel pump merupakan komponen pada mesin motor matic injeksi yang berfungsi untuk memompa bensin ke dalam injektor yang akan diteruskan ke bagain pembakaran. Tekanan yang kurang dapat menyebabkan mesin kekurangan bahan bakar.
  4. CDI dan Busi, komponen mesin yang berfungsi dalam proses pengapian pada sistem pembakaran mesin ini juga dapat bermasalah. Adanya masalah pada komponen ini dapat menyebabkan pembakaran pada mesin tidak akan maksimal sehingga tenaga motor seperti tertahan ketika digunakanan, meskipun gas sudah ditarik secara maksimal.
  5. Jarum Skep, Jarum skep merupakan bagian yang berfungsi mengatur suplai gas dan bahan bakar pada mesin. Terjadinya masalah pada jarum skep dapat menyebabkan suplai gas dan bahan bakar yang tidak terkontrol dan tidak sesuai dengan tarikan pada gas sehingga menyababkan tenaga motor menjadi tertahan.
  6. Spul, komponen yang berperan dalam proses pengapian pada pembakaran bahan bakar untuk sumber energi mesin. Lemahnya komponen spul ini dapat menjadikan tenaga pada motor berkutang dan seperti tertahan.
  7. Filter udara, Filter udara berfungsi menyaring udara yang masuk kedalam mesin pada proses pembakaran. Tersumbatnya filter udara yang berada di karburator tersebut dapat menyebabkan proses pengapian dan pembakaran pada mesin sehingga erforma an tenaga yang dihasilkan tidak maksimal. Kotoran seperti debu dan pasir merupakan bahan yang dapat membuat tersumbatnya filter udara.

Itulah penjelasan dan ulasan beberapa hal yang dapat menjadi penyebab tenaga motor seperti tertahan. Kunci inti agar sepeda motor tidak mengalami kondisi bermasalah adalah proses perawatan motor harus dilakukan dengan benar dan konsisten.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply