Sponsors Link

6 Penyebab Suara Knalpot Pecah Yang Perlu Diperhatikan

Sponsors Link

Sepeda motor masih menjadi salah satu jenis kendaraan yang sampai saat ini populer di tengah masyarakat baik sebagai pilihan kendaraan pibadi namun juga kendaraan umum yang berkembang akibat perkembangan perusahaan penyedia jasa ojek berbasis online seperti grab dan gojek. Keunggulan sepeda motor dalam beberapa hal menjadikannya leader dalam jumlah penjualan kendaraan otomotif di Indonesia dibandingkan mobil. Motor dapat digunakan di semua medan baik itu sempit maupun jalanan yang macet, memiliki perawatan yang lebih mudah, parkir yang tidak luas, serta harga yang masih terjangkau menjadi keunggulan motor Honda maupun merek lainnya..

Meskipun sebagai kendaraan yang paling banyak dimiliki, sepeda motor juga menjadi jenis kendaraan yang mudah serta cepat mengalami macam macam kerusakan sepeda motor ketika tidak dirawat dengan baik. Salah satu bentuk kerusakan yang dapat terjadi pada sepeda motor tersebut akan menyerang pada bagian komponen mesin termasuk di bagian knalpotnya. Knalpot merupakan komponen dari mesin yang memiliki fungsi sebagai penyalur gas buang dari dalam mesin ke lingkungan sekitar. Berkaitan dengan komponen mesin tersebut, tentu ada beberapa masalah pada knalpot salah satunya knalpot pecah yang perlu dipahami agar tetap dapat menjadikan fungsi sepeda motor seperti apa yang seharusnya. Berikut penjelasan mengenai penyebab suara knalpot pecah pada sepeda motor dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Knalpot bocor

Knalpot merupakan pipa yang digunakan untuk mengalirkan gas sisa dari proses pembakaran yang terdapat di mesin sepeda motor. Knalpot memiliki peran yang sangat penting bagi sepeda motor. Karena sebagai aliran dari gas buang pembakaran, kerap kali ada proses modifikasi yang dilakukan pada komponen tersebut untuk dapat menghasilkan suara yang berbeda dari suara standar motor. Suara yang pecah merupakan bentuk suara yang tidak diharapkan muncul pada sepeda motor baik yang masih standar maupun yang sudah dimodifikasi.

Salah satu penyebab utama yang menjadikan sepeda motor memiliki suara knalpot yang pecah adalah karena adanya kebocoran pada knalpot tersebut sehingga suara tidak sepenuhnya keluar dari lubang pembuangan pipa knalpot saja. Pecahnya suara akibat dari efek samping knalpot motor bocor disebabkan karena kebocoran menyebabkan suara tidak utuh pada lubang pembuangan termasuk tekanan gas yang kurang akibat keluar terlebih dahulu pada bagian lubang dari knalpot yang bocor tersebut.

  1. Knalpot berkarat

Bocor merupakan penyebab utama dari kondisi knalpot yang memiliki suara pecah. Kondisi bocor dari sebuah knalpot itu sendiri dapat disebabkan oleh beberapa hal yang salah satunya adalah karena knalpot yang berkarat. Kondisi knalpot yang berkarat lama kelamaan jika dibiarkan juga dapat menyebabkan knalpot menjadi bocor dan berlubang. Karat pada knalpot dapat disebabkan oleh karena adanya embun atau uap air yang masuk ke bagian dalam knalpot dan mengendap di dalamnya dalam waktu yang lama, serta kondisi knalpot yang tidak pernah dibersihkan secara berkala.

  1. Kualitas bahan knalpot yang buruk

Kondisi lain yang juga dapat menjadi salah satu penyebab suara knalpot pecah adalah karena bahan pembuatnya yang memiliki kualitas buruk. Bahan pembuat komponen knalpot yang buruk tentu tidak akan menghasilkan suara yang baik dan kerap kali pecah. Bahan yang buruk juga dapat menjadikan knalpot menjadi mudah bocor, penyebab knalpot motor keropos , maupun rusak meskipun hanya disebabkan oleh karena tekanan yang ringan saja. Untuk mencegah hal tersebut maka sebelum membeli knalpot baru pastikan bahwa bahan dari pembuat knalpot tersebut cukup berkualitas dan memang awet tahan lama.  

  1. Komponen glasswool yang habis

Penyebab suara knalpot pecah lainnya adalah karena komponen glasswool yang habis. Glasswool merupakan komponen knalpot motor bagian peredam suara pada knalpot yang fungsinya juga untuk menjaga kondisi performa dari knalpot agar maksimal. Komponen glasswool yang habis dapat menyebabkan suara dari knalpot menjadi tidak terkendali dan kebanyakan akan menjadi peceh. Habisnya komponen glasswool di dalam knalpot tersebut dapat disebabkan oleh karena beberapa kondisi diantaranya seperti habis terbakar karena panas yang dihasilkan oleh knalpot atau terbawa aliran gas buang dan terkikis ketika sedang dicuci. Untuk mengatasinya maka dapat dengan cara mengganti komponen glasswool di dalam knalpot tersebut yang harganya cukup murah yakni berkisar di angka 5 ribu rupiah.

  1. Silencer pada knalpot yang kurang baik

Silencer merupakan bagian peredam suara dari knalpot untuk mengurangi ledakan suara yang dihasilkan oleh mesin sepeda motor. Silencer tersebut biasanya merupakan komponen knalpot paling akhir dengan bentuk lebih besar dari pipa knalpot yang keluar pertama dari mesin. Kualitas dari silencer knalpot yang buruk juga menjadi salah satu penyebab yang menjadikan suara dari knalpot pecah dan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

  1. Jenis knalpot yang salah

Seperti yang disebutkan diatas, beberapa penyuka modifikasi sepeda motor kerap kali melakukan pengantian knalpot motor dengan jenis yang berbeda. Penggantian knalpot sepeda motor yang berbeda dan tidak sesuai tersebut dapat menjadi salah satu penyebab suara yang dihasilkan oleh knalpot menjadi pecah. Untuk dapat mencegah dan mengatasinya maka usahakan agar dapat menganti knalpot meskipun memodifikasinya tetap menyesuaikan dengan spesifikasi dari setiap sepeda motor. 

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab suara knalpot pecah yang tentunya menjadi suatu hal yang tidak diharapkan terjadi karena tidak hanya menjadikan suara tersebut tidak enak untuk didengar namun juga sering menimbulkan gangguan dan polusi udara disekitar. Dengan memperhatikan penyebab yang disebutkan diatas maka dapat digunakan sebagai dasar dalam menentukan cara mengatasi knalpot yang pecah agar kembali normal dan enak di dengar.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply