Sponsors Link

5 Penyebab Starter Motor Bunyi Tek-Tek

Sponsors Link

Dalam pembahasan dari penyebab starter motor yang sering bunyi tek-tek dan yang pastinya semua orang ketika menghidupkan motor harus starter dulu bahkan kendaraan mobil juga memiliki hal yang sama. Pada motor memiliki 2 cara untuk menghidupkan melalui di starter, yang pertama menghidupkan motor dengan cara melakukan starter, yaitu elektrik, sedangkan cara yang kedua menggunakan kaki.

Sistem Kerja Starter Motor

Nah sebelum lanjut mengenai pembahasan kita pada hari ini, alangkah baiknya anda harus mengetahui terlebih dahulu dari sistem kerja starter pada motor. Agar anda tidak kebingungan dengan cara kerja motor saat di starter. Seperti yang sudah dijelaskan tadi diatas bahwa motor starter memiliki dua cara untuk starter motor. Nah, bagi anda yang masih pemula sebaiknya anda cari tahu istilah-istilah pada mesin motor. Agar anda tidak ribet dengan sistem-sistem pada motor anda.

  • Cara Bekerja Kick Starter

Dalam sistem starter pada kick starter bisa disebut sebagai sistem starter yang konvensional. Dikarenakan pada sistem starter ini bekerja secara langsung dan mengandalkan salah satu sistem gigi yang rasio pada motor. Ketika pedal starter motor anda diayunkan, ini akan membuat as starter motor anda akan meneruskan sebuah tenaga kepada bagian gir yang terdapat di rasio sehingga dapat memutarkan kruk as.

  • Cara Bekerja Sistem Elektrik Pada Starter

Sedangkan pada starter motor yang bersistem elektrik merupakan salah satu sistem starter motor yang menggunakan tegangan dari arus listrik mulai dari aki. Cara bekerja pada sistem elektrik pada starter ini, hanya dengan ketika anda menekan pada tombol starternya dan ketika juga anda menggerakkan relay motor starter. Dengan demikian motor starter anda akan langsung memberikan pergerakkan pada as kruk dengan melalui gir yang sudah terhubung.

Penyebab Starter Motor Bunyi Tek Tek

Setelah anda mengetahui cara kerja dari sistem starter motor dan sekarang kita akan masuk dalam pembahasan kita pada saat ini. Mungkin anda bertanya apakah dampak jarang pakai kick starter di motor matic? Motor matik yang tidak pernah distarter akan mendapatkan dampak yang buruk. Maka dari itu kami sarankan bagi anda yang memiliki motor matik, hal yang harus anda terapkan bahwa sesekali anda harus starter motor dengan menggunakan kick starter.

Kalau dari anda ada yang malas untuk starter motor dengan menggunakan kick starter pada saat untuk melanjutkan perjalanan. Gunakan saja kick starter pada saat mau memanasin motor di pagi hari. Nah untuk pada saat ini kami akan membagikan penyebab motor starter yang berbunyi tek-tek. Berikut pembahasannya:

1. Baterai Lemah

Baterai atau aki yang lemah merupakan salah satu penyebab utama apabila motor anda pada saat starter berbunyi tek-tek. Ketika, komponen aki motor anda sangat lemah atau sudah saatnya untuk ganti air aki motor. Mungkin ini salah satu penyebab dari pengisian air aki yang salah, sehingga ini akan membuat motor baterai anda lemah. Maka dari itu cara pengisian air aki yang benar juga sangat perlu diperhatikan oleh kita semua.

Ini akan mempengaruhi kondisi baterai motor anda terhadap kinerja dari sistem starter elektrik motor anda aki motor tidak stabil. Dengan demikian, switch starter ketika ditekan, motor anda akan tidak hidup atau tidak menyala, walaupun menyala, akan tetapi motor anda akan berbunyi tek-tek. Hal ini disebabkan karena baterai motor starter anda mulai suak.

2. Kabel Putus

Dalam relay starter memiliki empat kabel, yaitu dua kabel yang besar dan dua kabel yang kecil. Pada dua kabel yang besar, salah satu kabel akan tersambung dengan aki dan satu kabel besarnya lagi tersambung dengan starter motor. Sedangkan pada dua kabel yang kecil, satu kabel yang kecil merupakan output untuk tombol starter motor, untuk satu kabel yang kecil lagi akan terhubung ke massa.

Jika pada saat motor di starter terbunyi suara tek-tek, ini kemungkinan besar kabel yang menuju ke tombol starter yang bermasalah. Hal ini disebabkan karena adanya arus listrik yang tidak bisa disalurkan terhadap tombol starter motor. Dengan demikian, pada saat anda starter motor kemungkinan besar motor anda tidak menyala pada saat anda menekan tombol starternya. Atau biasanya yang akan terjadi ketika anda menekan tombol starternya, motor anda akan berbunyi suara tek-tek.

3. Sikat Starter Habis

Sikat starter motor yang habis akan membuat motor anda akan berbunyi tek-tek ketika menekan tombol starter motor anda. Hal ini disebabkan karena listrik yang tidak bisa berjalan dengan sempurna ke tombol starter motor. Dengan begitu motor tidak akan menyala dan hanya terdengar suara tek-tek, pada saat menekan tombol starter motor anda.

4. Relay Starter Rusak

Pada sistem starter yang elektrik terdapat salah satu komponen motor yang bernama switch atau relay starter. Relay starter memiliki beberapa fungsi yang wajib diketahui, karena dalam komponen ini bisa dikatakan untuk buypass. Sehingga arus di aki akan langsung mengalir ke tombol starter motor. Dengan tujuan untuk dimakan atau langsung terkoneksi dengan motor starter. Dalam pemakaian relay starter yang lama akan membuat dam yang rusak, sehingga motor pada saat distarter akan berbunyi suara tek-tek. Karena adanya dari dua kabel relay yang putus ke tombol starter.

5. Motor Starter Yang Tidak Berfungsi

Ini salah satu penyebab yang terakhir ketika suara starter pada motor anda berbunyi tek-tek. Penyebab ini biasa terjadi karena bostel motor starter yang sudah habis. Bostel pada motor starter yang sudah habis akan membuat motor anda akan berbunyi tek-tek pada saat anda ingin melakukan starter. Apabila bostel pada motor anda habis dan tidak berbunyi tek-tek. Mungkin ada bagian lainnya yang kami sarankan anda mengecek bagian magnet dinamo starter, massa dan juga arang dinamo motor yang habis.

Itulah pembahasan kita mengenai penyebab starter motor bunyi tek-tek. Semoga anda bisa mendapatkan pencerahan dan anda bisa mengetahui penyebab motor starter yang berbunyi tek-tek pada saat menekan tombol starter.

Sponsors Link
, , ,

Leave a Reply