Sponsors Link

3 Penyebab Sering Cuci Pakai Deterjen Bisa Bikin Karet Sil Sokbreker Aus

Sponsors Link

Seperti yang sudah sobat bikers semua ketahii bahwasamnya salah satu komponen penting yang terdapat pada motor anda adalah shockbreaker.  Adapun shockbreaker atau yang lebih sering disebut shock absorber ini merupakan komponen yang bertugas untuk meredam kejutan saat motor anda sedang melalui jalanan yang rusak, berlubang atau jalananan yang tidak rata lainnya.

ads

Tanpa adanya komponen yang satu ini pada motor anda, tentunya anda pemiliki kendaraan ataupun orang yang sedang anda bonceng tidak akan nyaman menggunakan motor tersebut, oleh karena kerasnya benturan –  benturan yang ada.

Komponen yang satu ini bisa menjalankan fungsinya untuk mendukung kinerja atau perfoma dari kendaraan anda tentunya tidak akan terlepas dari komponen atau bagian dari shockbreaker itu sendiri. Adapun komponen pendulung shockbreaker tersebut adalah seprti sill shockbreaker tersebut.

Sil ini merupakan komponen  yang berbahan karet pada suspensi depan motor anda yang tergolong memiliki fungsi vital. Jika kondisinya rusak, maka oli suspensi bisa mengalir keluar dan performa redaman akan berkurang yang tentunya akan membuat anda sebagai pengendara menjadi tidak nyaman dan berpotensi menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu sobat, penting bagi anda untuk menjaga dan melakukan perawatan terhadap kompoen yang satu ini secara rutin.

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pengedara adalah membersihakn motornya menggunakan sabur deterjen, sehingga menyebabkan karet sill shockbreaker tersebut mudah aus. Lantas apa penyebabnya? Beriku ulasan selengkapnya untuk anda.

1. Sabun Deterjen Tidak Cocok

Penyebab yang pertama adalah karena memang sabun deterjen tersebut tidak cocok untuk anda gunakan membersihkan motor anda. Hal ini karena kandungan dari deterjen tersebut memang terlalu keras jika anda gunakan untuk mencuci motor anda yang pada akhirnya akan mengenai sill karet shockbreaker motor tersebut. Memang seyogianya sabun detejen tersebut memang efektif untuk menghilangkan kotoran , namun tidak untuk sil karet shockbreaker motor anda.

2. Merusak Lapisan Karet Sill

Penyebab yang kedua adalah bahwasanya sabun deterjen tersebut bisa merusak lapisan karet sill shockbreaker anda sehingga sill shockbreaker tersebut akan ceapt aus. Pada awalnya memang tidak terlalu terlhat sognifikan ya sobat, namun apabila lam kelamaan dibiarkan begitu saja, maka akan berpotensi membuat karet sill tersebut kendor atau molor, sehingga akan mempercepat kerusakan. Jika karet sil shockbreaker anda rusak, maka itu artinya komponen shock belakang motor atau komponen shock depan motor anda tidak akan bisa bekerja secara maksimal untuk meredam kejutan pada motor anda.

3. Meninggalkan Bekas Sabun

Penyebab yang ketiga adalah karena dengan terlalu sering menggunakan sabun deterjen tersebut, maka biasanya akan terdapt bercak –  bercak putih yakni sabun sisaan pada karet sill shockbreaker anda nantinya. Pada saat anda berkendara pada musim hujan, maka bercak puih tersebut natinya berubah menjadi buih busa dan akan merusak lapisan warna dan lapisan dalam sil karet tersebut, sehingga akan cepat aus.

Sponsors Link

Meski kecil namun peranan dan fungsi dari sill karet shockbreaker tersebut sangatlah penting untuk anda perhatikan. Semoga ulasan diatas bermanfaat. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Salam otomotif dan salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply