Categories
Masalah Teknis

Penyebab Rx King Brebet dan Cara Mengatasinya

Sepeda motor merupakan salah satu sarana transportasi yang paling banyak dimiliki dan populer digunakan oleh masyarakat. Oleh karena hal tersebut, menjadikan berbagai macam jenis sepeda motor di seluruh dunia hadir untuk memenuhi kebutuhan dan minat yang berbeda beda di masyarakat. Meskipun sepeda motor sangat diminati karena kegunaan dan kelebihannya dalam hal transportasi, banyak orang yang juga ingin memiliki sepeda motor tertenu karena gaya hidup, hobi, dan kesukaan.

Salah satu jenis sepeda motor yang banyak diminati sebagai bahan gaya hidup dan hobi adalah motor tua yang memiliki keunggulan dan sepesifikasi tertentu yakni sepeda motor Yamaha RX King. Sepeda Motor Yamaha RX King merupakan motor tua yang masih banyak diminati karena diangap memiliki mesin 2 tak yang kencang dibandingkan motor lainnya. Yamaha RX King merupakan salah satu dari 11 motor paling cepat dan kencang dan sepeda motor yang masih banyak diburu dalam kondisi bekasnya.

Sepeda motor Yamaha RX King adalah motor dengan mesin 2 tak berjenis motor sport batangan yang memiliki 8 keunggulan motor yamaha didalamnya serta telah banyak mengalami perubahan sejak awal diproduksi masal. Sepeda motor Yamaha RX King ini pada tahun 2009 sudah tidak diproduksi lagi secara resmi oleh pabrikan Yamaha karena berbagai sebab namun kondisi bekasnya hingga saat ini masih banyak diminati. Bagi para pemilik motor Yamah RX King, beberapa masalah tenis sering muncul pada motor yang termasuk sepeda motor tua tersebut yang salah satunya adalah brebet. Berikut ini beberapa penyebab RX King brebet yang dijelaskan dibawah ini.

  • Keausan pada komponen mesin motor Yamaha RX King

Penyebab RX King brebet sehingga terasa sepeti motor kehilangan tenaga yang pertama adalah karena adanya keausan pada beberapa komponen mesin motor Yamaha RX King. Kondisi keausan ini menyebabkan fungsi komponen mesin terutama dalam proses pembakaran bahan bakar sebagai penghasil tenaga motor menjadi terganggu sehingga dapat menyebabkan munculnya motor Yamaha RX King yang brebet tersebut yang pastinya akan sangat menganggu ketika motor digunakan.

Keausan pada motor Yamaha RX King tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal sepeti usia pakai kendaraan yang memang sudah cukup tua sehingga beberapa komponen pasti mengalami banyak masalah dan dalam kondisi yang sudah lelah, pengunaan motor Yamaha RX King yang tidak dilakukan secara benar dan pastinya terkesan asal asalan, serta proses perawatan yang sering diabaikan sehingga beberapa komponen yang seharusnya sudah diganti akibat aus dibiarkan begitu saja.

  • Kegagalan dalam proses modifikasi

Sebagai motor yang masuk ke dalam daftar motor klasik di Indonesia yang sudah tidak diproduksi lagi, Yamaha RX King lebih banyak dimodifikasi untuk tujuan meningkatkan kecepatan motor tersebut. Berbagai cara membuat motor RX King kencang dilakukan oleh para pemiliknya demi satu tujuan mesin yang kecang terutama digunakan untuk balapan liar. Kemungkinan kesalahan terjadi pada sepeda motor Yamaha RX King yang dimodifiaksi tersebut dapat menyebabkan beberapa masalah yang salah satunya adalah dapat menyebabkan motor menjadi brebet.

Beberapa proses modifikasi yang dilakukan untuk membuat motor Yamah RX King kencang diantaranya seperti menambah lembar kopling menjadi 7, melakukan pembobokan pada knalpot, dan mensetting karburator. Agar kondisi mesin motor yang diharapkan dapat menjadi kencang tidak berbalik menjadi penyebab tarikan RX King ngempos atau brebet maka pastikan bahwa proses modifikasi dilakukan secara benar baik oleh ahli motor yang memang tepat dan proses yang memang benar.

  • Terjadinya beberapa masalah teknis

Penyebab RX King brebet lainnya yang juga dapat menyebabkan kondisi sepeda motor Yamaha RX King menjadi brebet adalah karena adanya beberapa masalah teknis terutama yang terdapat di dalam komponen mesin motor. Beberapa masalah teknis tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Oli mesin kurang dan memiliki kualitas buruk, oli mesin sangat penting perannya terutama  pada motor dengan usia pakai yang bisa dibilang tua seperti Yamaha RX King. Kondisi oli mesin yang kurang dalam jumlahnya dan memiliki kualitas buruk dapat menyebabkan gesekan antar komponen di dalam mesin yang menyebabkan munculnya keausan maupun performa yang berkurang.
  2. Busi yang rusak atau kotor maupun basah, busi pada sepeda motor memiliki peran dalam proses pengapian yang akan berpengaruh terhadap aktivitas pembakaran pada sepeda motor. Kondisi pengapian yang tidak maksumal karena busi dalam keadaa rusak atau bermasalah dapat menyebabkan proses pembakaran bermasalah sehingga tenaga yang dihasilkan pastinya tidak akan maksimal yan menjadikan motor brebet.
  3. Karburator dalam kondisi tidak baik, karburator pada sepeda motor memiliki peran untuk mencampur bahan bakar dengan udara dalam proses pembakaran. Adanya masalah pada karburator tersebut tentunya berdampak pada proses pembakaran sebagai penghasil tenaga pada sepeda motor.
  4. Rantai motor yang kendor, rantai merupakan komponen yang bertindak untuk mengerakan roda sehingga adanya masalah seperti rantai yang kendor dapat menyebabkan kondisi motor Yamaha RX King brebet.
  5. Filter mesin kotor, komponen lainnya yang juga dapat menjadi penyebab motor brebet ketika bermasalah adalah filter mesin. Kondisi filter yang kotor maupun rusak dapat menyebabkan udara yang dibutuhkan dalam proses pembakaran menjadi tergangu kecukupannya.

Itulah beberapa penyebab RX King brebet yang dapat menjadi bahan informasi dalam proses pengatasan kondisi brebet tersebut. Agar keadaan brebet ini tidak terjadi lagi maka sebagai sepeda motor yang memiliki usia pakai tua, Yamaha RX King harus selalu dilakukan proses perawatan secara konsisten dan benar.

Leave a Reply