Categories
Masalah Teknis

5 Penyebab Rem Depan Motor Matic Blong

Mengendarai sebuah kendaraan bermotor tentunya harus berhati-hati saat berada di jalan raya maupun berhenti. Baik kendaraan motor atau mobil, tetap harus perhatikan dan mengawasi kondisi jalan maupun kendaraan. Tidak terkecuali kondisi pada kendaraan motor matic. Sehingga, ada beberapa cara merawat motor matic injeksi yang sangat diperlukan demi menjaga keamanan pada saat berkendara.

Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah saat menggunakan rem. Keadaan rem yang tidak prima dapat menyebabkan beberapa hal buruk seperti bisa tergelincir atau menabrak sesuatu. Masalah disini terjadi pada salah satu rem yaitu rem depan atau rem cakram yang tidak makan atau berfungsi dengan baik.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan rem depan pada motor matic secara tiba-tiba mengalami blong. Beberapa penyebab yang akan dijelaskan pada artikel ini perlu anda perhatikan dan lakukan pengecekan secara berkala pada bagian motor tertentu. Faktor penyebab terjadinya rem blong pada motor matic meliputi:

1. Minyak Rem atau Fluida Rem Habis

Habisnya minyak atau fluida rem pada motor matic yang Anda miliki menjadi salah satu faktor penyebab rem depan menjadi blong. Ketika sistem hidrolis pada rem tersebut tidak berfungsi dengan baik karena habisnya minyak rem, maka akan menjadi masalah. Bisa jadi habisnya minyak rem pada motor ini dikarenakan karena terjadi kebocoran minyak rem pada selang yang menghubungkan master ke piston.

Untuk itu, yang perlu Anda lakukan untuk menghindari hal ini adalah melakukan pengecekan ketersediaan minyak rem pada motor. Hal ini bisa diperiksa dengan cara mengintip melalui lubang reservoir yang letaknya ada pada bagian sebelah kanan setir sepeda motor matic. Apabila terlihat sedikit atau habis, maka Anda bisa memeriksa bagian kampas rem atau selang distributor, memeriksa apakah ada kebocoran atau tidak. Apabila terjadi kebocoran, maka Anda bisa mengganti selang dan mengisinya dengan minyak rem.

2. Kampas Rem Depan Motor Menipis

Rem depan motor matic yang sering digunakan akan menyebabkan kampas rem pada motor menjadi semakin tipis. Kampas rem yang awalnya sangat tebal akan menjadi semakin tipis karena terjadinya pengikisan yang berlangsung secara terus menerus karena sering digunakan. Ciri-ciri kampas rem belakang mulai aus dan dampak dari tipisnya kampas rem ini akan menjadikan piston tertonjol keluar dan ketinggian minyak rem menjadi semakin menurun atau sedikit.

Akibat dari ketinggian minyak rem yang semakin menurun, akan membuat udara dapat masuk kedalamnya dan menghasilkan gelembung udara pada selang rem pada motor matic Anda. Hal ini dapat menjadikan rem pada motor menjadi blong akibat adanya udara didalamnya. Sehingga, untuk menghindari hal buruk ini, Anda bisa mengganti kampas rem yang sudah tipis dengan kampas rem yang baru dan tentunya masih tebal.

3. Selang Distributor Minyak Rem Mengalami Kebocoran

Ketika selang untuk menyalurkan minyak rem ke piston mengalami kebocoran, maka sistem hidrolis akan mengalami gangguan. Minyak rem yang seharusnya dapat diterima oleh piston dengan takaran yang cukup, akan menjadi tidak berfungsi apabila minyak rem yang didapatkan sedikit atau mungkin tidak ada. Hal ini menjadi salah satu penyebab rem depan pada motor matic Anda. Apabila hal ini terjadi, maka segera lakukan penggantian pada selang motor yang bocor menjadi selang motor yang baru.

4. Terjadi Kerusakan Pada Karet Shell Piston Kaliper dan Master Rem

Bagian atau komponen motor khususnya pada karet shell pada piston kaliper maupun pada master rem yang rusak menjadikan salah satu penyebab dari blong nya rem depan pada motor matic. Pasalnya kerusakan ini akan berdampak menjadi gangguan ketika tuas rem di tekan, dan piston tidak dapat mendorong, menyalurkan dan menekan minyak pada piston kaliper. Untuk menghindari kerusakan pada komponen piston ini Anda isa mengganti bagian karet shell dan melakukan OH rem.

5. Motor Matic Tidak Bisa Engine Brake Seperti Motor Bebek

Salah satu perbedaan pada motor matic dan motor bebek adalah fitur engine brake. Engine brake yang ada pada komponene motor bebek dapat digunakan pada saat keadaan turunan. Sehingga, rem depan yang ada pada motor bebek tidak harus digunakan. Berbeda dengan motor matic, pada saat jalan dalam kondisi turunan, rem yang digunakan pada motor matic Anda cenderung menggunakan rem depan.

Sehingga, ketika rem depan terus menerus digunakan akan menyebabkan suhu pada master kaliper menjadi naik. Ketika kondisi ini terlalu panas, akan menjadikan piston mengalami pemuaian, minyak rem akan mendidih dan bergelembung sehingga menyebabkan piston tidak dapat berfungsi dengan maksimal dan rem menjadi blong.

Itu dia beberapa ulasan tentang penyebab rem depan pada motor matic mengalami blong. Perhatikan juga mengenai komponen motor matic yang paling mudah rusak dan cara memperbaiki rem cakram belakang blong pada matic. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply