Sponsors Link

15 Penyebab Oli Keluar dari Knalpot Motor dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Penyebab oli keluar dari knalpot bisa beragam bisa karena kebocoran ataupun malfungsinya beberapa sparepart speda motor.Hampir sama dengan Penyebab Gear Depan Motor Depan Bunyi atau Penyebab Motor Tidak Bisa Diengkol rata-rata oli menjadi faktor yang sangat penting di perhatikan. Sebetulnya dalam kasus ini pada hakikatnya knalpot motor adalah salah satu sparepart motor yang berfungsi sebagai jalur dari  sisa-sisa hasil dari pembakaran baik itu gas buang ataupun segala sesuatu yang merupakan sisa dari hasil pembakaran.

ads

Oleh karena itu apabila ada oli keluar dari knalpot sudah di pastikan bahawa Penyebab oli keluar dari knalpot motor bisa berasal dari pembakaran di dalam ruang bakar yang tidak sempurna ataupun bisa jadi ada zat adiktif atau zat sejenis yang seharusnya tidak masuk kedalam ruang bakar akan tetapi ini memasuki ruang bakar yang membuat si zat tersebut tidak terbakar di dalam ruang bakar.

Penyebab Oli Keluar dari Knalpot Motor

1. Takaran oli terlalu banyak

Kapasitas oli mesin sebetulnya masing-masing sudah ada takarannya. Seperti sepeda motor matic biasanya rata-rata menggunakan takaran oli 0.8 liter atau 800 ml dengan ketentuan penggunaan secara continue. Jadi apabila kita menggunakan oli yang memiliki takaran 1 liter setidaknya akan menyisakan 0.2 atau 200ml yang tida terpakai.

Apabila kita terlalu memaksakan memasukan lebih dari takaran sudah di pastikan oli tidak akan tertampung di rumah oli yang otomatis juga oli yang tidak tertampung akan meluap keluar dan bisa masuk kedalam knalpot. Cara mngatasinya yaitu cek ulang takaran oli motor kita , apabila terlalu sedikit cobalah tambahkan dan apabila terlalu banyak kurangi volume oli.

2. Merk dan ke aslian Oli

Memang faktor ini bukan faktor utama yang membuat oli keluar dari knalpot, akan tetapi apabila kita menggunaan oli abal-abal atau bahkan oli palsu yang dimana isi dan label yang berbeda sudah di pastian kita menggunaan oli yang bukan peruntukkannya. Bisa di bayangan apa yang terjadi selain oli keluar dari knalpot mungin juga akan merusak komponen-komponen yang ada di dalam mesin itu sendiri. Cara mengatasinya yaitu ganti oli kita dengan oli standart pabrian yang bisa di beli di showroom atau bengkel resmi dekar rumah kalian.

3. Tipe atau kekentalan oli yang tidak pas

Faktor yang selanjutnya adalah adalah kekeliruan atau ketidak pasaan tipe ataupun kekentalan oli yang pas untuk motor kita. Faktor ini juga mempengaruhi akan kemampuan oli dalam masu kedalam sela-sela mesin. Apabila oli yang terlalu kental akan membuat susah masuk ke dalam oli dan juga tida menutup kemunginan akan meluap atau keluar dari rumah oli.

Cara mengatasinya yaitu dengan mengetahui karakter mesin terlebih dahulu agar kita tahu kekentalan oli berapa yang cocok dengan motor kita. Atau bisa juga dengan membawa ke bengkel resmi agar bisa di cek oleh montir dan sekalian di ganti dengan oli yang pas untuk mesin motor kita.

Sponsors Link

4. Ring piston aus

Penyebab oli keluar dari knalpot nomer 4 adalah dikarenakan kondisi ring piston yang sudah aus. Kondisi ring piston yang aus selain juga berpengaruh terhadap nafas ataupun tenaga mesin mempengaruhi juga keluarnya oli pada knalpot yang bisa menyebabkan oli tersebut akan keluar ke saringan udara dengan melewati selang pernapasan mesin. Semua itu terjadi karena tekanan kompresi hasil pembakaran mesin motor mengalami kebocoran sehingga pada saat tekanan kompresi yang ada tidak lagi bisa tertahan sepenuhnya pada ring piston.

5. Setingan Langsam

Dalam kasus ini ada kemunginan stelan dari langsam yang terlalu rendah atau juga bisa terlalu tinggi sehingga supply yang di terima mesin tidak. Cara mengatasinya yaitu set ulang dengan stelan yang pas pada langsam motor kita.

ads

6. Seal Klep yang aus

Faktor Penyebab oli keluar dari knalpot selanjutnya adalah seal klep yang aus. Apabila seal klep ini sudah aus atau bahkan jebol , ada kemungkinan oli akan rembes kedalam mesin dan juga bisa ikut terbuang ke ruang pembuangan atau knalpot. Biasanya apabila seal klep yang sudah aus akan di barengi dengan keluar asap di knalpot.

7. Adanya baret pada dinding silinder

Faktor selanjutnya adalah ada hubungannya dengan baretnya dinding silinder yang membuat si oli masuk di sela-sela dinding yang baret. Hal ini juga menjadi perhatian khusus karena ada kemunginan lain apabila dinding silinder motor kita baret. Cara mengatasinya cukup bawa motor kita ke bengkel resmi untuk di cek lebih lanjut.

8. Piston yang baret

Faktor selanjutnya adalah adanya kemunginan piston yang baret arena gesekan secara terus menerus dan kurangnya perhatian khusus kepada piston ini. Apabila piston baret ada kemunginan kinerja motor yang urang dan juga oli tidak memiliki tekanan yang baik sehingga oli akan masuk ke ruang bakar dan di keluarkan ke knalpot. Cara mengatasinya yaitu sama seperti mengatasi Motor Kurang Tenaga yaitu bawa ke bengel resmi sepeda motor anda untuk di tindak lebih lanjut. Untuk kemungkinan paling parah kita mengganti piston kita

9. Blok Silinder yang rusa

Hampir sama seperti kendala piston yang baret dan dinding silinder yang baret apabila di diamkan secara jangka yang panjang ada kemungikinan blok silinder kita mengalami kerusakan yang fatal. Memang kerusakan blok silinder tergolong jarang , akan tetapi apabila motor kita termasu motor bore up yang sering di operek , kemungkinan blok silinder yang rusak sangatlah besar mengingat kita bermain dalaman motor mesin kita. Cara mengatasinya yaitu dengan cara mengecek lebih lanjut blok silinder kita , apabila memang tergolong parah opsi terbaik adalah melakukan turun mesin dan memperbaiki blok mesin.

10. Batang klep yang aus

Faktor selanjutnya yaitu teman dari klep yaitu batang klep yang memang sudah aus alias sudah waktunya untuk di ganti. Apabila batang klep yang sudah aus sudah di pastikan pemasangan klep akan longgar dan tidak kan pas dengan  rumah klep yang berakibat oli akan rembes dan keluar. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti batang klep yang sudah aus dengan batang klep baru yang bisa di beli di toko onderdil sparepart khusus untuk tipe motor anda.

11. Over heat yang berlebihan

untuk kalian yang sering bepergian keluar kota atau termasuk pekerja yang menggunakan sepeda motor secara terus-terusan , faktor nomor 11 ini harus lebih di perhatikan karena overheat atau panasnya motor secara berlihan memungkinkan untuk oli motor bocor. Kebocoran ini bukan karena hal yang terlalu parah , akan tetapi ketika motor dalam kondisi panas yang terbilang berlebihan akan membuat seal pada beberapa bagian akan keras kemudian retak dan pecah.

Ketika dalam kondisi pecah sudah di pastikan bahwa oli akan rembes atau bocor masuk ke beberapa bagian mesin motor. Cara mengatasinya adalah jaga suhu motor dengan pemakaian yang normal dan juga penggunaan oli yang memiliki sifat mendinginkan mesin motor.

12. Packing motor yang sudah rusak

Faktor Penyebab oli keluar dari knalpot motor selanjutnya adalah packing motor yang memang sudah rusak sehingga oli rembes di sela-sela packing motor yang sudah tidak prima keadaanya. Biasanya packing motor yang sudah rusak terdapat pada beberapa motor-motor yang sudah berumur atau motor-motor anti jaman dahulu.
Cara mengatasinya yaitu membawa ke bengkel resmi dan mengganti packing motor kita dengan packing motor khusus untuk motor kita.

13. Takaran oli samping yang tidak tepat

Untuk faktor selanjutnya yaitu adalah takaran oli samping yang tidak tepat. Kendala ini hanya untuk sepeda motor bertipe 2 tak yang dimana memutuhkan oli samping dalam menjalankan sepeda motornya. Apabila takaran oli samping terlalu banya sudah di pastikan oli yang masuk ke ruang bakar akan terlalu banyak dan menyisakan oli yang di buang ke pembuangan atau knalpot kita. Cara mengatasinya adalah gunakan gelas takaran dalam memasukan oli samping ke dalam tanki bensin kita.

Sponsors Link

14. Kondisi busi yang tidak prima 

Faktor nomor 14 adalah kondisi busi yang kurang prima juga mempengaruhi oli motor bisa keluar melalui knalpot karena apabila pembakaran kurang prima , akan  memuat bahan yang di campur tidak terbakar dengan baik.
Cara mengatasinya yaitu cek kondisi busi motor kita , apabila memang sudah tidak layak ganti busi motor kita.

15. Engsel supply bensin dari karbu tidak berjalan

Faktor terakhir adalah terdapat pada karbu , dan problem ini hanya di miliki oleh motor yang memiliki karbu . apabila motor kita injeksi bisa di cek juga sensor injeksi motor kita. Problem ini biasanya membuat asupan bensin tidak sesuai takarannya. Cara mengatasinya yaitu dengan membersihkan carbu yang mungin ada kotoran yang membuat katup tersangkut atau sudah rusak.

Diatas ada beberapa Penyebab oli keluar dari knalpot motor dan cara mengatasinya. Periksalah motor kalian dengan cara berakala agar terjauh dari penyakit-penyakit seperti yang sudah di sebutkan di atas. Atau dengan kita mempelajari beberapa cara seperti Cara Menghilangkan Karat pada Motor.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply