Sponsors Link

4 Penyebab Oli Bercampur Air Radiator Pada Motor Yang Perlu Diperhatikan

Sponsors Link

Setiap pemilik sepeda motor tentu mengharapkan motor selalu dalam kondisi yang prima dan optimal agar dapat mendukung aktivitas harian yang membutuhkan sepeda motor sebagai kendaraan utama. Motor dengan kondisi prima tersebut akan sangat membantu. Kondisi masalah pada sepeda motor dapat berpeluang terjadi pada hampir semua jenis sepeda motor diseluruh dunia terutama karena beberapa alasan tertentu yang perlu diperhatikan. Salah satu penyebab utama kerusakan pada sepeda motor adalah karena kondisi perawatan motor yang kurang diperhatikan dengan baik dan benar.

Ada banyak permasalahan pada sepeda motor yang dapat menyebabkan performanya menjadi bermasalah. Macam macam kerusakan sepeda motor dapat terjadi baik yang ringan hingga kondisi kerusakan berat. Permasalahan kerusakan sepeda motor tersebut dapat menganggu fungsi dari motor tersebut atau bahkan menimbulkan resiko berbahaya bagi pengendara sepeda motornya. Resiko keamanan bagi pengendara menyebabkan permasalahan sepeda motor sebaiknya harus diperhatikan dengan baik dan dicegah agar tidak terjadi.

Diantara beberapa bentuk kerusakan yang sering terjadi pada motor akibat pola perawatan yang salah, kerusakan pada komponen mesin menjadi hal yang sangat berakibat buruk. Mesin yang mengalami kerusakan dapat menyebabkan masalah pada performa motor hingga menjadikan motor tidak dapat berfungsi sebagai mana mestinya. Salah satau permasalahan yang dapat berpeluang terjadi pada motor adalah kondisi bercampurnya oli dan air radiator.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai kondisi oli yang bercampur dengan air radiator tersebut, mari pahami satu persatu fungsi masing masing komponen tersebut. Oli motor merupakan cairan kental yang berfungsi sebagai pelumas di dalam mesin. Oli membantu mencegah terjadinya gesekan berlebihan antar komponen mesin. Oli dapat membantu mesin tetap awet serta tidak mudah panas. Oli juga merupakan komponen sepeda motor yang harus diganti secara berkala.

Sedangkan air radiator merupakan air yang terdapat di dalam komponen radiator. Tidak semua jenis sepeda motor memiliki radiator sebagai bagian dari komponen mesinnya. Radiator secara fungsi merupakan bagian pendingin dari sebuah mesin. Radiator banyak ditemukan pada jenis sepeda motor baru dengan mesin berCC besar. Percampuran air radiator dan oli dapat menyebabkan masalah yang buruk bagi sepeda motor. Berikut beberapa penjelasan mengenai penyabab oli bercampur air radiator pada motor.

  1. Ausnya komponen sil waterpump

Sil merupakan komponen penutup yang mencegah terjadinya kebocoran air radiator ke bagian dalam mesin. Air radiator memang akan berada di sekitar area mesin dan bersikulasi untuk membantu mendinginkan mesin yang panas. Komponen radiator berupa sil waterpump tersebut, berfungsi untuk menutup bagian lubang di waterpump yang mengarah langsung pada head mesin. Ausnya bagian sil ini dapat menyebabkan air radiator merembes masuk ke dalam head mesin dan silinder. Masuknya air radiator tersebut dapat menyebabkan percampuran antara oli dengan air radiator. Sil atau seal waterpump yang aus harus diketahui dengan cepat dan segera diganti untuk mencegah terjadinya masalah lebih parah pada kondisi mesin sepeda motor.

  1. Packing head bermasalah

Untuk mengabungkan dua komponen mesin diperlukan packing head sebagai pemisah agar tidak ada celah dan perekatan menjadi sangat rapat. Air radiator akan melewati packing head sebelum akhirnya masuk ke bagian silinder. Packing head yang aus dapat menyebabkan terjadinya masalah pada jalur radiator yang dapat menyebabkan terjadinya kebocoran air radiator yang masuk ke dalam komponen mesin. Masuknya air tersebut dapat menyebabkan performa mesin menurun karena bisa menganggu proses pembakaran. Air yang masuk ke mesin akan menyebabkan percampuran dengan oli. Permasalahan packing head tersebut dapat diatasi dengan cara membawanya langsung pada montir atau mekanik yang memang memiliki kemampuan untuk mengatasinya.

  1. Leher pada waterpump yang aus

Selain ausnya sil pada waterpump, komponen bermasalah lain di bagian yang sama juga dapat terjadi yakni pada leher dari waterpump. Ausnya leher waterpump tersebut memang sangat jarang terjadi dan menjadi penyebab oli bercampur dengan air radiator. Jika dalam pemeriksaan komponen waterpump tidak ditemukan masalah pada sil maka bisa jadi bagian leher yang bermasalah. Untuk mengetahui rusaknya leher waterpump tersebut dapat ditemukan dengan cara mengerakkan waterpump. Untuk dapat mengatasi leher yang aur maka harus ada pengantian pada bagian leher tersebut dengan yang baru dan tidak aus sehingga tidak terjadi kebocoran.

  1.  Retakan di area head mesin

Penyebab terjadinya percampuran antara air radiator dengan oli adalah karena adanya retakan di area head mesin. Keretakan tersebut dapat menyebabkan rembesan air radiator masuk ke dalam mesin yang kemudian bercampur dengan oli. Percampuran oli dengan air radiator tentu akan menyebabkan terjadinya masalah yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap pemilik sepeda motor. Air radiator yang keluar dari retakan di area head mesin tersebut awalnya hanya berupa rembesan saja namun ketika tidak diatas dengan baik maka akan menyebabkan kebocoran yang lebih besar.

Itulah 4 penyebab yang dapat menjadikan oli sepeda motor di dalam mesin dapat bercampur dengan air radiator. Percampuran antara oli mesin dan air radiator dapat menyebabkan terjadinya perubahan pada air dan oli tersebut menjadi seperti bubur sumsum terutama ketika sudah sangat parah. Akibat terbesar dari percampuran tersebut adalah menyebabkan fungsi pelumas dari oli menjadi tidak berjalan dengan maksimal. Oli yang tidak melumasi mesin dengan baik dapat menyebabkan beretnya blok dan seher serta komponen lain di dalam mesin motor. Kondisi tersebut tentu akan menyebabkan kerusakan yang besar terhadap sepeda motor.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply