Sponsors Link

10 Penyebab Motor Tidak Bisa Diengkol dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Penyebab Motor Tidak Bisa Diengkol, Ada kalanya kita perlu menghidupkan motor kita dengan menggunakan starter engkol. Akan tetapi terkadang kita tidak bisa menggunakan star engkol. Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan motor kita tidak bisa diengkol. Padahal kalau kita mempunyai motor yang sudah cukup berumur biasanya start elektrik sudah bermasalah sehingga kita perlu menggunakan start engkol. (Baca juga: Cara memperbaiki aki kering motor)

ads

Selain itu jika Anda menggunakan motor bertipe sport, tentunya akna lebih terlihat macho jika Anda menghidupkan mesin motor Anda dengan menggunakan start engkol. Selain itu tentunya menghidupkan motor menggunakan start engkol kita bisa sedikit berolah raga (joking but true).

Baca juga:

Nah pada artikel ini kita akan membahas 10 penyebab motor tidak bisa diengkol. Semoga melalui artikel ini kita bisa semakin tahu apa saja yang menyebabkan motor tidak bisa diengkol. Dan kelanjutannya adalah kita selalu memperhatikan perawatan motor kita sehingga bisa diengkol selalu.

1. Klep kotor

Penyebab pertama motor tidak bisa diengkol adalah dikarenakan klep yang kotor. Klep mempunyai fungsi utama untuk mengatur masuknya gas untuk pembakaran dan keluarnya sisa hasil pembakaran. Kotoran klep sendiri merupakan kerak sisa pembakaran bahan bakar yang kita gunakan. Klep yang kotor akan menyebabkan kebocoran pada sistem kompresi. Karena kompresinya bocor maka tekanan yang dihasilkan pun berkurang. Dengan berkurangnya tekanan ini maka motor tidak bisa diengkol karena terjadi compression loss. (Baca juga: Cara menghilangkan baret motor)

2. Kurang pelumas

Penyebab berikutnya motor tidak bisa diengkol karena bagian tuas engkol kurang diberi oli atau pelumas. Kurangnya pelumas pada engkol motor akan menyebabkan per stopper antara gigi-gigi pada engkol motor akan berkarat. Jika sudah berkarat maka gigi-gigi pada engkol motor tidak akan bisa bergerak. Karena tidak bisa bergerak, maka tenaga tidak bisa dihasilkan. Cara untuk mengatasi hal ini supaya motor bisa diengkol tentu saja dengan membuka spare part tersebut dan menambahkan pelumas atau oli. (Baca juga: Kelebihan dan kekurangan motor China)

3. Jarang digunakan

Masalah yang satu ini terkesan simple. Terkadang ditemui motor yang tidak bisa diengkol disebabkan karena memang jarang digunakan. Ada anggapan bahwa sesuatu yang kita simpan saja dan tidak kita gunakan akan awet. Namun sebenarnya tidak. Sesuatu yang tidak pernah kita gunakan justru akan rusak. Begitu pula dengan engkol motor. Jika tidak pernah digunakan maka bukannya menjadi awet, tetapi jutru rusak pada sistem penggeraknya. Terkadang kita akan terasa berat ketika mengengkol motor.

Baca juga:

Sponsors Link

4. Gigi engkol berkarat

Gigi pada engkol yang berkarat juga bisa menjadi penyebab motor kesayangan kita tidak bisa diengkol. Hal ini bisa disebabkan karena spare part-nya kurang pelumas maupun karena terlalu lama tidak digunakan. Karena gigi-giginya berkarat, maka kuncian dari geriginya tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Hal ini bisa mengakibatkan engkol kehilangan tenaganya, atau yang lebih parah justru engkolnya sendiri tidak bisa bergerak sama sekali. (Baca juga: Motor yang enak buat boncengan)

5. Aki sudah soak

Aki yang sudah soak menjadi penyebab berikut yang membuat motor kita tidak bisa diengkol. Seperti kita tahu, aki berfungsi dalam menyediakan listrik bagi motor kita. Listrik yang dihasilkan digunakan untuk membuat percikan api sehingga bisa membakar bahan bakar yang kita gunakan. Ketika kita mengengkol motor maka secara mekanik pada busi akan memicu listrik dari aki. Tentu saja jika aki sudah soak dan tidak bisa menyediakan listrik maka motor kita pun tidak bisa diengkol start.

Baca juga:

ads

6. Bahan bakar

Mungkin Anda bertanya-tanya apakah ada hubungannya antara bahan bakar dengan motor tidak bisa diengko? Tentu saja ada. Sebenarnya poin in berkaitan dengan poin pertama, klep kotor. Seperti kita tahu bahan bakar yang beredar beragam, yang dinyatakan dalam bilangan oktan atau RON. Semakin tinggi bilangan oktan atau RON maka bahan bakar semaking baik kualitasnya. Bahan bakar dengan kualitas baik akan mengalami proses pembakaran sempurna. Artinya sisa hasil pembakaran tidak banyak. Dengan demikian klep tetap dalam kondisi bersih. Kalau klep bersih tentu engkol motor tidak akan bermasalah. (Baca juga: Motor keluar asap)

7. Kabel kelistrikan

Mungkin Anda tidk menjumpai masalah baik pada aki, gigi engkol, oli, maupun bahan bakar yang Anda gunakan juga bukanlah bahan bakar RON rendah. Namun ternyata motor Anda masih tidak bisa diengkol. Sebelumnya mungkin sebagian besar dari Anda akan berpikir bahwa masalah ada pada aki. Hal ini mungkin sepele, tapi cobalah Anda cek kabel kelistrikan. Siapa tahu kabel kelistrikan motor Anda ada yang putus. Jika demikian maka seberapa kali pun Anda mengengkol motor tersebut dan meski aki dalam kondisi bagus, tentu saja motor tetap tidak akan bisa menyala.

Baca juga:

8. Gigi Persneling

Untuk menghidupkan mesin motor disarankan Anda memastikan persneling gigi motor Anda berada pada kondisi netral. Hal ini penting untuk keselamatan Anda. Nah sering kali kita tidak terbiasa untuk menetralkan persneling gigi pada mesin motor, atau mungkin terkadang kita lupa. Nah ketika starter elektrik tidak berfungsi dan kita akan menggunakan engkol, maka motor akan terasa berat untuk diengkol karena gigi persneling tidak pada keadaan netral. Kalau ini yang terjadi, solusinya gampang bukan? Anda tinggal menetralkan gigi persneling dan kemudian genjot lagi.

Baca juga:

9. Tidak ada bahan bakar

Yang ini jelas saja. Jika motor Anda kehabisan bahan bakar, apakah itu melalui starter elektrik maupun starter engkol, motor Anda tidak bisa dihidupkan. Terkadang jika bahan bakar tinggal sedikit, kita tidak bisa lagi menggunakan starter elektrik. Nah ketika Anda menghadapi hal seperti itu, biasanya Anda akan mulai menggunakan start engkol. Akan tetapi kalau bahan bakar sudah menguap seluruhnya, tentunya sekuat apa pun Anda mengengkol motor Anda, tetapi tetap saja tidak akan menyala. (Baca juga: 8 keunggulan motor Yamaha)

Sponsors Link

10. Kontak motor

Penyebab terakhir mengapa motor Anda tidak bisa diengkol adalah karena Anda lupa mengunci kontak motor Anda menjadi on. Ini mungkin terdengar aneh dan tidak masuk akal. Namun ada kalanya ketika kita tergesa-gesa, kita sampai lupa ternyata kontak motor kita belum kita posisikan pada posisi on. Hal ini tentunya membuat sekeras apa pun kita menggenjot engkol motor kita, motor kita tidak akan bisa hidup. (Baca juga: Daftar harga motor Yamaha terbaru resmi showroom)

Demikian 10 penyebab motor tidak bisa diengkol. Semoga informasi ini memberikan manfaat bagi Anda sekalian. Setelah membaca artikel ini semoga Anda semakin memberikan perhatian pada engkol motor sehingga bisa tetap awet dan bisa diguakan kapan pun.

Baca juga:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 31st, August 2017 / 08:39 Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply

Your email address will not be published.