Sponsors Link

10 Penyebab Motor Tidak Bisa di Gas Tinggi

Sponsors Link

Motor atau sepeda motor hingga saat ini tetap menjadi kendaraan yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat dengan berbagai macam jenisnya baik itu motor matic, manual, maupun motor sport atau kopling. Kelebihan yang dimiliki oleh sepeda motor seperti tidak membutuhkan lahan parkir yang luas, harga yang masih dapat dijangkau, mudah digunakan, perawatan dan spare part yang tidak lebih mahal dibandingkan dengan mobil, serta kemampuannya untuk melewati berbagai jalanan terutama yang sempit serta penuh dengan kemacetan merupakan bagian dari alasan mengapa motor lebih banyak diminati.

Sebagai pemilik sepeda motor, mengusahakan agar motornya selalu dalam kondisi yang prima merupakan hal wajib agar sepeda motor tersebut dapat digunakan sebagaimana mesti peruntukannya. Motor yang tidak terawat dapat mengalami banyak masalah yang tentunya menjadikan fungsi dari motor tidak maksimal dan pasti akan memberikan ketidaknyamanan pada pengendaranya. Salah satu masalah yang dapat terjadi pada motor adalah ketika motor tidak dapat digas tinggi. Untuk memahaminya lebih jauh, berikut beberapa penyebab motor tidak bisa di gas tinggi yang perlu dipahami dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Masalah pada rantai roda motor

Penyebab pertama yang dapat menjadikan motor mengalami masalah tidak dapat digas tinggi adalah karena adanya kondisi yang kurang ideal pada rantai roda untuk motor bebek atau vanbelt untuk motor matic. Permasalahan pada rantai penggerak roda tersebut dapat menyebabkan tenaga dari mesin tidak tersalurkan dengan baik pada roda sehingga motor sulit melaju kencang di gas tinggi. Lakukan cara membersihkan rantai motor agar masalah tersebut dapat dicegah.

  1. Pemakaian bahan bakar yang tidak sesuai

Setiap jenis sepeda motor terutama keluaran terbaru, selalu memberikan saran pemakaian bahan bakar yang sesuai untuk motor tersebut. Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai selaam jangka waktu yang lama terutama ketika seharusnya menggunakan RON tinggi malah memakai RON rendah dapat menyebabkan tarikan motor menjadi bermasalah termasuk saat digas tinggi. Kondisi ini memang banyak terjadi pada motor motor baru dengan teknologi terkini namun jarang untuk motor keluaran lama yang memang masih dipabrikasi untuk bahan bakar RON rendah. Sebelum memilih bahan bakar, pastikan kelebihan dan kekurangan menggunakan premium dan pertalite sudah disesuaikan dengan motor yang dimiliki.

  1. Tangki bahan bakar kemasukan air

Penyebab motor tidak bisa di gas tinggi selanjutnya yang masih berhubungan denga bahan bakar adalah karena tercampurnya air atau cairan lain dengan bahan bakar di dalam tangki. Adanya air yang tidak dapat menyatu dengan bahan bakar minyak tersebut dapat menyebabkan masalah yang serius pada motor seperti kondisi tidak dapat digas tinggi atau juga beresiko mati total. Kondisi ini biasanya akan menjadi penyebab tarikan motor lambat sebelum menjadi mati total.

  1. Filter udara yang bermasalah

Komponen lain pada sepeda motor yang juga dapat menyebabkannya menjadi susah untuk digas tinggi atau yang biasa disebut dengan kondisi ngempos. Filter udara yang bermasalah tersebut akan membuat proses pembakaran mesin menjadi tidak optimal dan menyebabkan motor kurang tenaga atau tidak dapat melaju kencang meskipun gas sudah ditarik maksimal. Kondisi fungsi filter udara yang tersumbat karena kotor biasanya terjadi pada motor yang kurang perawatan.

  1. Busi yang kotor atau rusak

Busi merupakan salah satu bagian elektrik mesin motor yang penting untuk proses pengapian dalam pembakaran bahan bakar. Kondisi busi yang kotor atau rusak dapat menyebabkan proses pembakaran akan menjadi terganggu atau bahkan tidak dapat berlangsung sama sekali. Kondisi busi yang bermasalah tersebut dapat diatasi dengan membersihkannya atau menggantinya dengan yang baru.

  1. Kerusakan pada sensor injeksi

Setiap motor injeksi selalu memiliki sensor yang berguna untuk pengatur injektor dalam menyemprotkan bahan bakar ke daam mesin untuk proses pembakaran. Adanya kerusakan pada sensor injeksi tersebut menyebabkan aliran bahan bakar ke dalam mesin pun menjadi terganggu. Kondisi gangguan yang ada dapat menjadikan motor sering tersendat dan sulit untuk melaju dengan cepat dan lancar saa tuas gas motor di tarik.

  1. Fuel pump yang kotor

Penyebab lainnya yang juga dapat menjadikan motor tidak bisa digas tinggi adalah karena kondisi fuel pump yang kotor atau bermasalah. Komponen fuel pump merupakan bagian mesin yang berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke dalam komponen pembakaran. Fuel pump yang kotor dapat menyebabkan kondisi motor menjadi brebet dan tidak bisa digas tinggi.

  1. Filter bensin yang buntu

Sebelum masuk ke dalam mesin, bensin dari tangki harus melewati filter bensin terlebih dahulu yang fungsinya untuk membantu menyaring berbagai kotoran yang beresiko pada mesin. Filter bensin yang mengalami kebuntuan dapat menyebabkan aliran bensin ke mesin menjadi terganggu sehingga tenaga yang dihasilkan dalam proses pembakaran pun tidak maksimal yang dapat menjadikan motor tersendat sendat serta tidak bisa digas tinggi.

  1.  Putaran stationer yang bermasalah

Putaran stationer pada gas merupakan salah satu hal yang dapat memberikan pengaruh besar terhadap tarikan yang dihasilkan oleh motor. Pengaturan putaran stationer yang tidak standard tersebut dapat menyebabkan tarikan motor menjadi terganggu sehingga tenaga yang dihasilkan tidak maksimal dan menjadikan kondisi motor kurang bisa kuat saat gas ditarik tinggi.

  1. Beberapa penyebab lainnya

Selain kondisi yang disebutkan diatas, ada beberapa keadaan lain yang juga dapat menjadi penyebab motor tidak bisa digas tinggi. Beberapa kendala tersebut diantaranya seperti masalah pada klep dan beberapa komponen pembakaran yang terdapat di dalam mesin motor. Untuk memastikannya maka perlu membongkar motor secara keseluruhan mesin jika penyebab tetap belum ditemukan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab motor tidak bisa digas tinggi yang perlu diperhatikan dengan baik sebagai kondisi yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan pengendara dan bahkan beresiko membahayakan pengemudinya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply