Sponsors Link

4 Penyebab Motor Sering Mogok dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Ketika anda sedang menggunakan atau mengendarai motor anda dan tiada angin tiada hujan tiba – tiba saja motor anda mogok. Hal seperti ini tentunya membuat perasana kesal, emosi, dan galau ya sobat. Apakah sobat semua pernah merasakan hal seperti ini? betapa tidak galau ya sobat, disaat anda sedang serius – seriusnya mengendari sepeda motor kesayangan anda namun tiba –  tiba saja mati atau mogok mendadakdan ditengah jalan pula.

ads

Ketika berada dalam posisi seperti ini apa kira – kira yang akan anda lalukan sobat? salah satu cara atau langkah satu –  satunya yang bisa anda lakukan adalah dengan membawanya ke bengkel. Setuju ya sobat. Adapun penyebab motor sering mogok disebabkan oleh berbagai faktor, baik dari segi komponen mesin maupun komponen yang lainnya. tips mencegah motor agar tidak turun mesin juga bisa anda jadikan sebagai salah satu solusi terbaik agar motor anda tidak mogok ya sobat.

Nah sobat semua agar anda terhindar dari masalah tersebut ada baiknya anda mengetahui apa saja yang menjadi penyebab motor sering mogok tersebut, agar anda bisa menambil tindakan perbaikan agar hal tersebut tidak terjadi lagi diwaktu mendatang. Adapun penyebab motor sering mogok tersebut antara lain:

1. Kehabisan Bensin

Apabila motor anda mogok secara tiba – tiba, maka jangan langsung emosi dulu ya sobat, karena hal tersebut bisa saja terjadi karena anda lupa atau lalai mengisi bensin anda. Apabila motor anda bensinnya kosong ya jangan ditanya lagi ya sobat, bukan hanya mogok tetapi motor anda tidak akan jalan sama sekali, untuk itu pastikan bensin dalam tangki bbm anda selalu ada ya sobat. motor karburator kehabisan bensin secara tidak langsung akan membuat komponen lainnya menjadi ikut bermasalah.

2. Kran Bensin Tertutup

Penyebab motor sering mogok yang kedua yang harus anda perhatikan adalah karena kran bensin anda tertutup. Nah apabila kran bensin ini tertutup maka sudah pasti bensin anda tidak akan mengalir ke ruang pembakaran sehingga mesin motor anda tidak bisa beroperasi sebagaimana seharusnya.

Untuk itu pastikan kran motor anda selalu terbuka ya sobat. Selain itu efek samping motor injeksi kehabisan bensin biasanya juga jarang diperhatikan ya sobat. Padahal dalam jangka waktu panjang akan menyebabkan berbagai masalah pada beberapa komponen vitalnya.

3. Pilot Jet Mampet

Pilot jet ini adalah saluran yang berfungsi mengeluarkan bensi dari ruang pelampung kedalam intake manifold. Apabila saluran ini mampet, maka otomatis bensin juga tidak akan keluar kedalam intake sehingga menyebabkan tidak terjadinya proses pengapian alias mogok.

4. Sistem Pengapian Motor Anda Bermasalah

Sistem pengapian pada motor tidaklah hanya berbicara mengenai maslaah busi motor saja, secara umum sistem pengapian pada motor terdiri dari power source ( spul dan kiprok ) CDI, ignition coil dan busi. Nah sobat semua jika salah satu dari komponen yang berfungsi untuk melakukan pembakaran tersebut bermasalah, maka api pada busi motor anda tidak akan keluar dan sudah otomatis motor anda akan mati alias mogok. Bagi anda yang mempunyai motor injeksi, cara memperbaiki motor injeksi mogok bisa anda pelajari jika sewaktu waktu bermasalah secara tiba – tiba.

Sponsors Link

Untuk itu sering –  seringlah perhatikan kondisi busi dan komponen pembakaran lainnya ya sobat agar ketika anda mengguankan kendaraan anda terhindar dari masalah mogok. Oke sobat semua, sekian informasi mengenai penyebab motor sering mogok yang penulis share pada kesempatan kali ini. Penulis berharap tulisan ini bermanfaat bagi sobat semua. Salam hangat selalu.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply