Sponsors Link

5 Penyebab Motor Mio Kurang Tenaga dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Sepeda motor matic merupakan jenis sepeda motor yang paling banyak digunakan dan populer di masyarakat  dibandingkan dengan jenis sepeda motor lainnya yang beredar di jalanan Indonesia. Motor matic memiliki banyak keungulan seperti mudah dan praktis dikendarai, bentuk design yang ramping serta lebih menarik, handal ketika digunakan pada semua jenis jalan baik sempit maupun macet. Sehingga, Jika dihadapkan pada pilihan pilih motor matic atau manual, dapat dipastikan bahwa sebagian orang akan lebih memilih motor matic dibandingkan motor manual.

ads

Salah satu motor matic yang merupakan motor paling laris di pasaran adalah motor matic Yamaha Mio. Yamaha Mio merupakan satu diantara 10 sepeda motor matic terbaik di Indonesia sampai saat ini. Karena minat yang cukup tinggi dari konsumen, sepeda motor matic Yamaha Mio saat ini masih terus dikembangkan dengan varian varian dengan teknologi yang terus terbarukan.

Namun dibalik kelebihan dan teknologi yang dimiliki oleh Yamaha Mio, tetap saja dapat muncul beberapa masalah teknis yang dapat menganggu performa sepeda motor matic tersebut. Masalah teknis tersebut sering kali muncul dikarenakan cara merawat motor matic tidak dilakukan dengan benar. Kondisi yang bisa muncul bila perawatan motor matic tidak dilakukan dengan benar salah satunya adalah sepeda motor Yamaha Mio yang kurang tenaga. Selain perawatan yang kurang, penyebab motor Mio kurang tenaga lainnya dijelaskan pada uraian dibawah ini.

  1. Faktor usia sepeda motor

Sepeda motor Yamaha Mio pertama kali muncul dipasaran sejak tahun 2003. Salah satu penyebab yang menjadikan sepeda motor mio kurang tenaga adalah faktor usia dari sepeda motor yang cukup tua. Seperti halnya pada manuasia, komponen sepeda motor yang sudah tua tentu saja akan memiliki performa yang menurun karena sudah terjadi kerusakan dan keausan dan komponen tersebut. Selain usi, penggunaan yang berlebihan tanpa diimbangi dengan proses perawatan juga dapat memicu hilangnya tenaga pada sepeda motor mio.

  1. Busi motor mio bermasalah

Komponen lain pada sepeda motor Mio yang menjadi penyebab terjadinya kondisi motor kurang tenaga adalah busi. Busi merupakan komponen dalam motor matic yang berperan dalam proses pengapian pada saat pembakaran bahan bakar untuk mesin. Dalam proses pembakaran bahan bakar menjadi energi yang dibutuhkan mesin ini, busi berperan untuk memercikan api. Kondisi busi yang bermasalah dan kotor dapat menjadi penyebab motor Mio kurang tenaga. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan cara membersihkan busi motor yang benar jika penyebabnya adalah kotornya busi. Namun jika busi sudah tidak berfungsi maka perlu dilakukan pengantian.

  1. Jarum Skep bermasalah

Bagian lain pada komponen mesin mio yang memicu terjadinya kurang tenaga adalah Jarum skep. Komponen ini merupakan bagian yang berfungsi mengatur suplai gas dan bahan bakar pada mesin. Jarum skep sendiri dapat diatur untuk menentukan seberapa besar tarikan gas yang diinginkan pada kendaraan roda dua. Permasalahan pada jarum skep dapat menyebabkan terjadinya suplai gas dan bahan bakar yang tidak terkontrol dan tidak sesuai dengan tarikan pada gas sehingga menjadikan motor mio kehilangan tenaga dorong.

  1. Filter Udara tersumbat

Masalah lain yang dapat menjadi penyebab sepeda motor Mio kurang tenaga adalah filter udara yang tersumbat. Yamaha Mio pada awal keluarnya masih menggunakan mesin dengan karburator. Karburator merupakan komponen yang berfungsi membantu menyuplai udara pada proses perapian dan pembakaran. Tersumbatnya filter udara yang berada di karburator tersebut dapat menyebabkan proses pengapian dan pembakaran pada mesin sehingga erforma an tenaga yang dihasilkan tidak maksimal. Untuk mengatasi hal ini maka perlu dilakukan pembersihan karburator agar sumbatan serta kotoran dapat hilang.

Sponsors Link

  1. Masalah Pada komponen pembakaran lainnya

Permasalahan lainnya yang menyebabkan motor Yamaha Mio kurang tenaga adalah adanya masalah pada komponen dalam sistem pembakaran pada mesin motor. Masalah pada komponen tersebut dapat menyebabkan Sistem pembakaran tidak optimal sehingga tenaga yang dihasilkan menjadi sangat kurang yang sering disebabkan karena adanya komponen yang rusak pada mesin motor matic seperti :

  • Pilot Jet, Pilot jet merupakan komponen yang bertanggung jawab terhadap penyaluran bahan bakar kedalam mesin. Permasalahan pada pilot jet ini seperti pilot jet yang buntu dan rusak dapat menyebabkan bahan bakar yang dibutuhkan mesinmenjadi terganggu sehingga ketika mesin di gas akan muncul kondisi mesin motor matic Yamaha Mio yang ngempos.
    Sponsors Link

  • Fuel Pump, fuel pump merupakan komponen yang terdapat pada mesin motor matic injeksi dan berfungsi untuk memompa bensin kedalam injektor yang akan diteruskan ke bagain pembakaran. Tekanan yang kurang dapat menyebabkan mesin kekurangan bahan bakar sehingga menyebabkan motor matic mio menjadi kurang tenaga.
  • CDI, komponen mesin yang berfungsi dalam proses pengapian pada sistem pembakaran mesin. Adanya masalah pada komponen ini dapat menyebabkan pembakaran pada mesin tidak akan maksimal sehingga motor kurang tenaga meskipun gas sudah ditarik secara maksimal.
  • Spul, komponen yang berperan dalam proses pengapian pada pembakaran bahan bakar untuk sumber energi mesin. Lemahnya komponen spul ini dapat menjadikan tenaga pada motor berkurang sehingga motor matic mio menjadi kurang tenaga.

Itulah beberapa penyebab yang menjadikan motor Mio kurang tenaga sehingga menjadikan performa motor berkurang. Dengan adanya penjelasan penyebab motor mio yang kurang tenaga diatas dapat membantu menyelesaikan masalah teknis pada motor yang dimiliki.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply